Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Cara Menghapus Rasa Suka Terhadap Laki-Laki yang Bukan Milikmu

Jangan sampai merusak hubungan orang lain

Nafi' Khoiriyah

Cara menghapus rasa suka terhadap laki-laki yang bukan milikmu memang tidak mudah. Apalagi kalau kamu sudah menyukainya sejak lama bahkan sebelum dia dekat dengan orang lain. 

Namun, waktu sudah mengubah segalanya. Kini, dia sudah bersama dengan orang lain yang bukan dirimu. Sayangnya, perasaan yang kamu pendam tak kunjung hilang.

Padahal jika dibiarkan, perasaan itu hanya akan menyakiti dirimu sendiri maupun orang yang dekat dengan laki-laki itu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara agar kamu bisa menghapus rasa suka kepadanya yang bukan milikmu. 

1. Jaga jarak dengannya

unsplash.com/Eric Ward

Menjaga jarak menjadi kunci cara menghapus rasa suka terhadap laki-laki yang bukan milikmu. Untuk berhenti menyukai seseorang, kamu perlu ruang untuk sendiri.

Mulanya kamu mungkin sedih saat berhenti melihat dan menghabiskan waktu dengannya. Namun sebisa mungkin, cobalah untuk menjaga jarak dengannya.

Kalaupun kamu tidak bisa menghindarinya, pertahankan seminimal mungkin untuk menghindari waktu berduaan. Dengan menjaga jarak itu, lama-lama kamu akan terbiasa dengan ketidakhadirannya.

2. Hentikan kontak dengannya

Pexels/Budgeron Bach

Saat seseorang yang kamu sukai kemudian dekat dengan orang lain, kamu mungkin tergoda ingin berteman dengannya. Padahal, jika tidak memotong kontak dengan orang tersebut, itu akan memperlambat kesedihan yang dialami. 

Maka dari itu, jika kamu masih mengirim pesan atau masih sering berbicara satu sama lain di telepon, lebih baik hentikan saja. Kamu bisa mengurangi kontak, baik sementara atau jangka panjang untuk memberimu ruang agar merasa lebih baik. 

3. Berpikir realistis tentangnya

Freepik.com

Salah satu kesulitan yang dihadapi saat menghapus rasa suka terhadap laki-laki yang bukan milikmu adalah karena pikiran yang tidak realistis. Kamu sering beranda-andai sampai mengabaikan kekurangannya. 

Maka dari itu, ingatkan dirimu sendiri tentang hal-hal darinya yang sebenarnya tidak kamu sukai. Entah itu gaya hidup, pandangan, atau rencana masa depan yang berbeda denganmu. 

4. Fokuskan energi di tempat lain

pexels.com/Andrea Piacquadio

Cobalah untuk menghindari terlalu banyak waktu luang yang memungkinkan kamu untuk berpikir yang macam-macam. Lebih baik fokuskan energimu untuk bekerja atau melakukan hobi yang membuatmu semangat. 

Dengan membuat diri sendiri sibuk, pikiran tentang laki-laki yang bukan milikmu akan menjadi teralihkan. Produktivitasmu pun akan meningkat dan membuat hidup menjadi lebih tertata. 

5. Bertemu dengan orang baru

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Terkadang, cara terbaik untuk melupakan seseorang adalah dengan bertemu seseorang yang baru. Seseorang itu tidak harus dalam konteks romantis, tetapi bisa teman atau sahabat baru. 

Dengan bertemu orang baru, kamu bisa mendapatkan energi yang lebih menyegarkan. Kamu juga akan menyadari bahwa ada banyak hal menarik selain memikirkan laki-laki itu. Bahkan, memungkinkan kamu untuk kemudian tertarik dengan orang lain. 

6. Jangan biarkan perasaan menguasaimu

Pexels.com/Bruce Mars

Membicarakan tentang seseorang yang disukai memang menyenangkan. Apalagi mengingat saat kamu menghabisakan waktu dengannya. Namun, jika kamu memikirkan rasa sakit karena penolakan dan atau rasa sakit saat dia dekat dengan yang lain, pikiran justru akan semakin negatif. 

Kamu perlu untuk menerima perasaan yang muncul, kemudian melepaskannya. Di saat yang seperti itu, ada baiknya kamu bisa memikirkan bahwa orang tersebut memang bukan pasangan yang tepat. 

7. Habiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara menghapus rasa suka terhadap laki-laki yang bukan milikmu yang terakhir adalah dengan menghabiskan waktu bersama teman-teman. Mulanya, kamu mungkin membutuhkan waktu untuk sendiri. 

Namun jika itu sudah berlalu, pergilah dengan teman-teman dan nikmati hal-hal yang menyenangkan bersama. Dengan memenuhi kebutuhan emosional di tempat lain, kamu bisa menghilangkan perasaan hampa karena ketidakhadirannya. 

Itulah 7 cara menghapus rasa suka terhadap laki-laki yang bukan milikmu. Meskipun tidak mudah, tetapi pelan-pelan cara tersebut bisa membuatmu move on dan fokus pada hal-hal yang lebih penting lainnya. 

IDN Media Channels

Latest from Single