Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Kebiasaan yang Bikin Kamu Jomblo Terus

Coba mulai introspeksi diri, ya!

Citra Purnamasari

Kenapa, ya, orang lain bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan pasangan? Sementara kamu merasa kehidupan cintamu terbilang flat. Kamu sulit mendapatkan pasangan atau tidak bisa mempertahankan hubungan asmara.

Kamu pun mulai merasa resah, ketika orang-orang di sekitarmu sudah menggandeng pasangan masing-masing dan memiliki kisah cinta yang bisa dibilang hangat dan menyenangkan.

Ketimbang kamu menyalahkan keadaan, berikut ini 10 kebiasaan yang mungkin masih kamu lakukan dan bisa bikin kamu tetap menjomblo. Siapa tahu kamu nggak sadar melakukannya, jadi coba dicek, yuk!

1. Takut memulai lebih dulu

www.freepik.com/

Ada satu ‘peraturan’ tak tertulis yang mengatakan, bahwa perempuan sebaiknya menunggu ketimbang mengambil langkah untuk memulai hubungan.

Padahal tidak ada salahnya jika kamu memulai lebih dulu. Tidak perlu takut atau malu, jika kamu memang naksir seseorang. Sebaiknya kamu mencoba untuk melakukan pendekatan secara halus saja lebih dulu. Bukan tidak mungkin dia juga ternyata menyukaimu, lho, Bela. Jangan takut buat mulai PDKT, ya!

2. Terlalu ‘jual mahal’

Freepik.com/Racool_studio

Kamu sebenarnya menyukainya, dan dia juga mengisyaratkan bahwa dia menyukaimu. Namun, kamu justru bersikap terlalu jual mahal, sehingga bisa saja dia salah tafsir dan menganggap kalau kamu tidak menyukainya.

Playing hard to get tidak selamanya bagus. Banyak juga lelaki yang justru malas dengan tipe perempuan seperti ini. Kamu tidak harus flirty, tapi jadilah diri sendiri dan tunjukkan bahwa kamu juga tertarik!

3. Mengharapkan kisah cinta yang sempurna

Pexels.com/Josh Willink

Punya kriteria ideal dalam mencari pasangan tentu harus, tapi jika kamu mengharapkan kisah cinta sempurna bak drama Korea, maka kamu bisa saja terus menjomblo.

Ingat, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jangan hanya mengikuti fantasimu saja, hadapi realitas dan carilah pria baik yang menyayangimu diluar sana.

4. Insecure terhadap penampilan

pexel.com/Kat Jayne

Percayakah kamu jika daya tarik bisa tertutup jika kita merasa insecure dan menghujat diri sendiri?

Banyak perempuan yang merasa tidak cantik atau menarik, sehingga mereka menyerah ketika mencari pasangan. Ini sangat buruk, karena sebenarnya apa yang kamu pikirkan bisa berdampak pada kenyataan.

Ingatlah, Bela, jika kamu menerima kekurangan diri dan menerapkan self love maka cinta sejati juga akan senantiasa datang padamu. Ayo, percaya diri!

5. Menghabiskan waktu bersama orang yang salah

freepik.com/DCStudio

Kamu tidak kunjung menemukan laki-laki yang baik, maka akhirnya kamu malah menghabiskan waktu dengan orang yang salah. Kebiasaan ini pun juga salah, karena bisa menghambatmu menemukan seseorang yang tulus dan ingin serius. Standar pasangan ideal kamu memang harus realistis, tapi bukan berarti kamu harus menurunkan standarmu jauh ke bawah hanya demi dapat pasangan.

6. Tidak bisa memberikan ‘toleransi’

Pexels.com/Budgeron Bach

Kebiasaan buruk yang bikin kamu tetap single berikutnya adalah kamu tidak bisa memberikan toleransi terhadap pasangan atau gebetan. Kamu tidak tahan melihat kesalahan kecil yang mereka perbuat dan kamu selalu menginginkan kesempurnaan, hingga akhirnya membuat hubungan romantismu gagal lagi.

Ketika menjalani hubungan, tanamkan juga dalam dirimu bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Selain itu kamu juga harus bisa belajar menerima kekurangan orang lain, karena itu adalah salah satu ciri cinta yang tulus.

7. Selalu membahas mantan

entitymag.com

Setiap pertemuanmu dengan gebetan yang selalu dibahas adalah mantan, maka sudah pasti gebetanmu akan segera kabur dan menyerah. Mantan merupakan masa lalu, tidak ada urusannya dengan kisah cintamu yang sekarang. Ayo, move on! Jika kamu tidak bisa melupakannya, maka cinta yang sesungguhnya juga sulit untuk menghampiri.

8. Enggan bersosialisasi

Pexels.com/Ivan Samkov

Kamu mungkin tipe orang yang malas keluar rumah, memiliki circle pertemanan yang sempit, dan malas bertemu orang baru. Ditambah pula masa pandemi yang membuatmu semakin enggan bersosialisasi.

Ini adalah kebiasaan yang akan menyulitkanmu untuk mendapatkan jodoh. Ayo, jangan mager dan coba bertemu dengan orang baru. Kamu juga bisa menjalin kembali koneksi dengan teman-teman lama, siapa tahu jodohmu datang melalui mereka.

9. Terlalu putus asa

unsplash.com/Kyle Broad

Ketika kamu terlalu putus asa, akhirnya kamu jadi berlebihan dalam mengejar laki-laki. Ini juga tidak baik, karena bukannya gebetanmu tertarik, justru dia akan mundur karena bisa merasakan keputusasaanmu.

10. Terlalu nyaman dengan keadaan saat ini

Freepik.com

Saat ini kamu sedang meniti karier atau sedang sibuk dengan studi. Sekarang juga kamu sudah nyaman dengan keluarga dan teman-teman yang selalu ada di sampingmu.

Ya, kamu sekarang tengah berada di zona nyaman nan hangat, sehingga belum mau menjalin hubungan romantis dengan orang lain. Jika memang belum mau maka tidak apa-apa, nikmati waktu single-mu sebelum akhirnya benar-benar dipertemukan dengan jodohmu.

Itulah 10 kebiasaan yang jika terus dilakukan malah akan membuatmu jomblo terus. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantumu untuk semangat mencari pasangan.

IDN Media Channels

Latest from Single