Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cek Gaya Chatting Kamu Berdasarkan 16 Tipe Kepribadian MBTI

Sesuai nggak, nih?

Astri Amalia

Setiap orang memiliki gaya chatting yang berbeda-beda. Ada yang suka menulis pesan dengan panjang lebar, ada yang menggunakan banyak emoji, hingga ada juga yang menulis pesan dengan sangat pendek dan terkesan dingin.

Nah, ternyata preferensi gaya chatting masing-masing orang sangat lekat hubungannya dengan tipe kepribadian MBTI mereka.

Lantas, bagaimana gaya chatting menurut 16 tipe kepribadian MBTI? Yuk, langung simak ulasannya yang sudah Popbela kutip dari laman Truity berikut ini!

1. ISTJ

pexels.com/Anete Lusina

Si paling fast response. Yup, itulah deskripsi paling tepat bagi ISTJ. Saat chatting, ISTJ memilih untuk menanggapi pesan secara langsung. Pesan yang mereka tulis pun akan terstruktur dengan baik dan terperinci.

ISTJ juga biasa memakai tata bahasa dan tanda baca yang tepat. Jadi, jangan heran, Bela, kalau saat chatting-an dengan seorang ISTJ, kamu akan melihat tanda titik di akhir kalimatnya.

ISTJ juga bukan tipe yang kerap menggunakan emoji, tapi nggak berarti mereka orang yang dingin, ya.

2. ISFJ

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagi para ISFJ, terutama generasi millennial, cara bertukar pesan mereka terlihat ramah. ISFJ yang dibekali kemampuan untuk menjadi pendengar yang hebat dan teliti juga biasanya akan mengingat chat yang orang lain kirimkan pada mereka.

Selain itu, tipe MBTI satu ini sering memeriksa ulang pesan sebelum dikirimkan, untuk menghindari kesalahan ketik. Bagi kamu dengan kepribadian ISFJ, merasa related nggak, nih?

3. INFJ

Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Dalam urusan chatting, INFJ gemar mencari makna, koneksi dalam hubungan, serta ide, jadi nggak heran, deh kalau pesan mereka biasanya penuh dengan tanda tanya. Di samping itu, INFJ adalah sosok yang suportif dan sangat mudah memahami perasaan orang lain, maka dari itu, INFJ sering menggunakan emoji untuk membuat orang lain merasa lebih santai ketika chatting bersama mereka, Bela.

4. INTJ

Pexels.com/Mikhail Nilov

Mandiri, praktis, dan analitis merupakan karakteristik utama dari kepribadian INTJ. Sebab itulah, dalam urusan chatting, INTJ cenderung menulis pesan teks secara singkat dan to the point.

Karena hal itulah, banyak orang yang menganggap mereka terlalu kaku, formal, bahkan terkesan arogan dan kasar. Padahal, INTJ menganggap gaya chatting semacam itu hanya menunjukkan efisiensi dan nggak bermaksud menjadi sosok yang kasar.

5. ISTP

pexels.com/olly

Sebagai sosok yang fleksibel, toleran, dan lugas, ISTP terlihat lebih ramah dan mudah menyesuaikan diri dengan orang lain ketika sedang chatting. Untuk itulah, kalau orang lain sedang memiliki masalah, sosok yang tepat untuk didatangi dalam memecahkan masalah adalah ISTP.

Sampaikan saja keluh kesahmu pada ISTP, dijamin mereka akan membalas chat-mu, serta dengan senang hati menawarkan solusi kepadamu.

6. ISFP

https://www.pexels.com/@olly

ISFP dikenal sebagai tipe kepribadian yang ramah, sensitif, dan bijaksana. Karakteristik itu pun tertuang pada bagaimana mereka chatting dengan orang lain. ISFP biasa berhati-hati dalam menuliskan pesan dan sering membutuhkan waktu untuk membalas, terlebih jika topiknya sensitif.

ISFP juga lebih suka menggunakan emoji untuk menjelaskan muatan pesan mereka. ISFP paham kalau penggunaan emoji begitu penting dalam menjelaskan makna sebuah pesan.

7. INFP

pexels.com/Andrea Piacquadio

INFP cenderung menulis pesan yang panjang ketika chatting. Ini berhubungan erat dengan kepribadian mereka yang sangat penuh dengan empati. INFP nggak mau jika orang lain salah paham atas pesan yang mereka kirimkan.

Selain itu, INFP paling jago dalam urusan pembicaraan yang dalam alias deep talk, senang hati memberikan saran saat diminta, dan dengan mudah menunjukkan emosi mereka, meskipun hanya lewat pesan singkat.

8. INTP

freepik.com/katemangostar

INTP paling benci menulis pesan panjang lebar. Sebaliknya, gaya chatting mereka cenderung to the point dan pendek, sama halnya seperti INTJ. Mereka merupakan tipe yang membenci kata-kata yang berlebihan dan emoji yang nggak perlu.

9. ESTP

freepik.com/lookstudio

Gaya chatting ESTP begitu menyenangkan dan sering kali nggak dapat diprediksi. ESTP cenderung mengirimkan pesan dalam huruf kecil dan menggunakan begitu banyak emoji. Mungkin bagi sebagian orang, ESTP terkesan terlalu berlebihan. Namun, sebagian lainnya pasti merasa senang untuk chatting-an dalam jangka waktu yang lama dengan ESTP.

10. ESFP

freepik.com/wayhomestudio

Si penyuka pesta satu ini sangat ramah dan cukup lucu saat chatting dengan orang lain. Secara alami, kamu akan melihat bagaimana spontannya kepribadian ESFP dalam gaya chatting mereka.

Segudang bahasa gaul dan emoji merupakan senjata andalan ESFP saat bertukar pesan. ESFP juga kerap menuliskan kesalahan tata bahasa dengan sengaja.

11. ENFP

freepik.com/jcomp

Nggak salah jika kita menyematkan gelar si paling gemar chatting kepada ENFP. Sebab, ENFP sangat menyukai bertukar pesan dengan orang lain dan suka mengirimkan pesan dengan cara yang ramah.

Berkat imajinasi mereka yang brilian, ENFP pun sering disebut sebagai 'pemberi pengaruh bahasa', yang berarti suka membuat frasa baru dan kata-kata gaul.

12. ENTP

freepik.com/diana.grytsku

Kalau kamu mengharapkan chat yang menarik, cobalah untuk bertukar pesan dengan seorang ENTP. Namun, nggak sebatas menarik saja, ENTP terkadang bisa cukup jadi pendebat yang hebat saat chatting, apalagi jika jawabanmu terkesan ambigu.

Sayangnya, kamu nggak akan bisa mengharapkan ENTP untuk mengirimkan emoji terlalu banyak, sebab mereka cukup membatasi penggunaan emoji saat chatting.

13. ESTJ

freepik.com/DCStudio

ESTJ menyukai tanda baca dan tata bahasa yang tepat, persis seperti ISTJ. Jangan harap untuk melihat mereka menggunakan bahasa gaul saat chatting deh, Bela, apalagi dengan emoji. ESTJ paling anti dengan hal semacam itu.

14. ESFJ

freepik.com/cookie_studio

Dikenal sebagai sosok yang ramah dan pengingat yang baik, ESFJ akan selalu menjadi orang pertama yang mengirimkan pesan selamat ulang tahun kepadamu atau mengucapkan hari jadi.

ESFJ benar-benar suka menyenangkan orang dan beberapa di antaranya tercermin dari pilihan mereka untuk merespons chat dengan cepat, menuliskan banyak komentar dan pertanyaan empati, serta menggunakan banyak emoji.

15. ENFJ

freepik.com/benzoix

Sebagai salah satu tipe kepribadian MBTI yang paling langka, ENFJ memiliki kemampuan untuk membaca pesan tersirat dengan mudah. Muatan chat mereka penuh dengan empati, karisma, dan keramahan. ENFJ pun mampu memahami nuansa pesan teks lebih baik daripada siapa pun.

Kalau kamu chatting-an dengan seorang ENFJ, kamu mungkin akan merasa nyaman karena mereka menggunakan emoji yang berbeda dalam setiap muatan pesan yang berbeda pula.

16. ENTJ

freepik.com/ASphotofamily

ENTJ sering kali bisa memaksa dalam menyampaikan pendapat mereka, meskipun melalui chat sekalipun. Akan tetapi, mereka juga sangat menghormati tata krama sosial, termasuk dengan cara chatting mereka, yakni merespons pesan dengan cepat dan jelas.

Tata bahasa dan tanda baca yang tepat adalah suatu keharusan bagi ENTJ dan mereka sangat jarang menggunakan emoji.

Nah, jadi itulah tadi gaya chatting berdasarkan 16 kepribadian MBTI. Gimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single