Awal pendekatan pasti kamu hanya akan berkomunikasi dengannya lewat chat saja. Pertemuan dengan gebetan juga berawal dari lancarnya chat dulu. Nah, untuk menghindari kesalahpahaman, kamu harus tahu chat yang benar dan salah biar hubunganmu dengan si dia makin lancar.

1. Jangan nge-chat setiap saat

“Kamu lagi apa?”, “Kamu pakai baju apa hari ini?”, “Fotoin ruang kelas kamu dong?”, “Kirimin foto kamu dong?”

Jangan sampai kamu nge-chat seperti ini. Peraturan pertama waktu nge-chat gebetan adalah jangan kirim pesan padanya setiap saat! Dia juga punya kesibukan yang butuh dikerjakan. Pekerjaannya bukan cuma meladeni chat-mu saja seharian. Nge-chat seperti ini hanya akan membuatnya muak. Percayalah, dia akan langsung menghilang keesokan harinya karena kamu bukan seperti gebetan, tapi seperti benalu.

2. Jangan menayakan kenapa dia nggak nge-chat kamu

10 Cara yang Benar dan Salah Saat Chatting dengan GebetanUnsplash.com/Priscilla du Preez

Kamu belum jadi pacarnya. jangan menjadi terlalu agresif dengan menanyakan kenapa dia nggak nge-chat kamu. Kalau dia nggak nge-chat kamu, ya itu hak dia. Biarkan dia melakukan aktivitasnya, kamu pun melakukan aktivitasmu dengan baik daripada membuatnya terganggu.

3. Jangan nge-chat yang berbau interogasi

“Kamu lagi sama siapa?”, “Itu temen kamu?”, “Dia orangnya kayak gimana?”, “Terus, kamu sekarang ngapain sama dia?”

Jangan jadi polisi dadakan, Bela. Dia bukan tersangka yang harus menceritakan secara detail apa saja yang dia lakukan dan siapa saja yang dia temui hari itu. Ingat, hindari chat yang mengganggu.

4. Jangan nge-chat lewat tengah malam

10 Cara yang Benar dan Salah Saat Chatting dengan GebetanUnsplash.com/Becca Tapert

Nggak masalah kalau memang dia duluan yang mengajakmu ngobrol di tengah malam. Tapi kalau tidak, jangan nge-chat dia malam-malam dan mengganggu ketenangan istirahatnya. Dia butuh tidur malam, begitu juga dengan kamu. Jangan membuatnya merasa risih dengan chat-mu itu, ya.

5. Jangan menghubunginya hanya untuk menceritakan mantanmu

“Mantan aku itu lho, masa hubungin aku terus.”, “Mantan aku itu gini.”, ”Mantan aku itu gitu.”

Kamu harus tahu, mau seperti apa pun mantanmu, dia nggak akan peduli. Kamu nggak perlu menceritakan sesuatu yang nggak penting dan nggak relevan. Toh dia sudah jadi mantan dan masa lalumu, jadi kamu nggak perlu membahasnya lagi dan lagi.

6. Jangan bicarakan soal masa depan

10 Cara yang Benar dan Salah Saat Chatting dengan GebetanUnsplash.com/Paul Hanaoka

Jangan buru-buru dengan langsung membicarakan masa depan dengannya. Dia saja belum jadi pacar kamu. Jangan membuatnya risih dan akhirnya malas dekat denganmu lagi. Kata-katamu berpengaruh dalam kelangsungan hubungan kalian. Jika kamu langsung memberondongnya dengan kata-kata yang belum tentu terjadi, itu hanya akan membuatnya ilfeel.

7. Chat dia tentang hal baik apa saja yang sudah menimpamu

Kamu bisa menceritakan tentang sidangmu di kampus yang berjalan lancar. Atau kamu juga bisa menceritakan tentang presentasimu di sekolah yang berjalan baik. Kamu bisa mengajaknya bicara tentang hal apa saja yang berhasil kamu raih. Buat dia tahu bahwa kamu adalah orang yang positif.

8. Chat dia dengan obrolan yang jujur dan nggak dibuat-buat

10 Cara yang Benar dan Salah Saat Chatting dengan GebetanUnsplash.com/Luke Porter

Jika kamu sedang melakukan suatu kegiatan, maka katakan dengan jujur. Begitu pun jika kamu hanya tidur di rumah dan nggak melakukan apa pun, jangan nggak jujur padanya hanya karena kamu nggak ingin dianggap malas. Kejujuran harus kamu mulai sedari awal. Jika kamu sudah nggak bisa jujur dari pertama, maka seterusnya kamu akan banyak berbohong juga.

9. Chat dia dengan obrolan biasa yang ringan dan menimbulkan senyum

Nggak perlu obrolan yang berat-berat. Mulailah dengan sapaan ringan di pagi hari. Hanya singkat saja dan nggak perlu terlalu panjang. Ingat juga tentang waktu yang kamu pilih agar nggak terlalu panjang mengobrol dengannya karena itu bisa membuatnya bosan.

10. Chat dia setelah beberapa hari kalian nggak chatting

10 Cara yang Benar dan Salah Saat Chatting dengan GebetanUnsplash.com/Kev Costello

Hanya sekadar menanyakan tentang kabar karena sudah beberapa hari nggak chatting. Hal ini juga berguna untuk mengetahui apakah dia masih ingat padamu atau nggak. Responsnya juga berpengaruh, apakah dia langsung antusias pada chat-mu atau malah malas dan lama membalas chat-mu.

Karena chat adalah bentuk komunikasi pertama saat pendekatan, maka pastikan kamu nggak salah dalam mengirim pesan padanya. Chat yang benar bisa semakin mendekatkanmu padanya.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Ini 10 Cara yang Benar & Salah Waktu Ngechat Gebetan"

Baca Juga: Bahaya, Kirim 7 Chat Ini Bisa Bikin PDKT Gagal!