Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Fakta Keluarga Melly Goeslaw, Sempat Tak Tahu Soal Ayah Kandungnya

Sempat nggak tahu-menahu perihal ayah kandungnya

Astri Amalia

Melliana Cessy Goeslaw atau yang dikenal sebagai Melly Goeslaw, merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu papan atas Indonesia yang lahir pada 7 Januari 1974 di Bandung, Jawa Barat. Melly dikenal dengan segudang lagu ciptaannya yang kerap menjadi hit. Sebut saja "Bunda", "Ada Apa dengan Cinta", hingga "Cinta Sejati".

Melly mengawali karier bermusiknya di tahun 1988 dengan membuat album solo debutnya yang berjudul "Pilihanku Deritaku." Namun sayang, albumnya kala itu belum berhasil di pasaran.

Ia pun kemudian kembali muncul ke blantika musik Indonesia dengan bandnya yang dibentuk pada tahun 1995 silam, Potret, bersama Anto Hoed (yang akhirnya menjadi suami Melly), serta Ari Ayunir. Potret pun berhasil dengan album pertamanya dengan judul self-titled.

Kesuksesan dengan Potret membawa Melly untuk kembali mencoba peruntungan untuk berkarier secara solo. Namanya pun kian melambung setelah mengeluarkan album self-titled di tahun 1999 dan terus menciptakan mahakarya sejak saat itu, termasuk lagu untuk mengisi soundtrack film, beberapa di antaranya Ayat-Ayat Cinta, hingga Habibie & Ainun.

Keberhasilan Melly dalam mencetak lagu-lagu hits tentunya bikin publik penasaran dengan kehidupan pribadinya, tak terkecuali dengan fakta seputar keluarganya.

Untuk itulah, kali ini Popbela telah merangkum 6 fakta keluarga Melly Goeslaw khusus untukmu. Check this out, Bela!

1. Sempat tidak tahu-menahu tentang sosok sang ayah

Instagram.com/melly_goeslaw

Melly Goeslaw merupakan putri dari pasangan penyanyi, Melky Goeslaw dan Ersi Sukaesih. Melly diketahui memiliki seorang kakak laki-laki bernama Thomas Albert Goeslaw dan satu orang adik bernama Ully Goeslaw.

Kedua orangtua Melly yang memiliki keyakinan berbeda diketahui telah bercerai sejak Melly masih berada di dalam kandungan sang ibunda.

Karena telah terpisah sejak masih di dalam kandungan, Melly ternyata sempat nggak tahu-menahu seputar ayahnya, Melky Goeslaw, Bela. Sebab itulah, ia sempat mengira suami kedua dari ibunya adalah ayah kandungnya.

Barulah setelah masuk usia remaja, yakni di bangku SMP, Melly mengetahui bahwa Melky Goeslaw merupakan ayah kandungnya.

2. Melky Goeslaw merupakan seorang penyanyi terkenal di era tahun 70-an

pinterest.com

Melky Jannes Goeslaw atau Melky Goeslaw adalah musisi yang sempat menorehkan namanya sebagai penyanyi terbaik di industri musik Indonesia. Ia mengawali karier bermusik pada tahun 1964. Saat itu, ia merupakan pemain gitar melodi dan pimpinan dalam band Octa Nada.

Barulah setelahnya ia bergabung sebagai pemain bass dengan band Nada Anda dan Nada Buana, serta melakukan tur dengan penyanyi, Bob Tutupoly, dan menyanyikan lagu-lagu rock di berbagai klub malam selama awal tahun 1970-an.

Beberapa lagu yang terkenal dari Melky di antaranya, "Pergi untuk Kembali", "Hiroshima dan Nagasaki" dan "Tuhan Semesta Alam". Ia pun sempat bernyanyi duet dengan penyanyi, Diana Nasution, dan lagu mereka "Bila Cengkih Berbunga", sangat populer di pasaran kala itu.

Melky meninggal dunia setelah menderita sejumlah komplikasi karena kanker payudara stadium empat, penyakit pada paru-paru, diabetes, serta jantung. Ia dikebumikan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, pada hari Jumat, 22 Desember 2006 silam.

3. Masuk ke industri musik berkat dukungan sang ibu

Instagram.com/@melly_goeslaw

Meski lahir dari seorang musisi terkenal di zamannya, namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Melly sempat tidak mengetahui perihal ayah kandungnya. Meski begitu, bakat musik yang dimiliki sang ayah nyatanya menurun pada penyanyi yang dikenal sebagai seorang introvert ini.

Akan tetapi, munculnya Melly ke dalam industri musik di Indonesia ternyata nggak lepas dari dukungan sang ibu, Ersi Sukaesih. Walaupun awalnya, Melly disebut nggak bercita-cita untuk menjadi seorang musisi tapi pada akhirnya, Melly membuktikan eksistensinya di blantika musik Indonesia.

Sang ibunda menghembuskan napas terakhirnya di tahun 2014 lalu di usia 63 tahun dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Bintaro.

4. Kakaknya, Thomas Albert Goeslaw tutup usia akibat penyakit kanker hati stadium 4

Instagram.com/@melly_goeslaw

Kakak dari Melly Goeslaw, Thomas Albert Goeslaw, menghembuskan napas terakhirnya di tahun 2017 lalu, di usia 47 tahun akibat penyakit kanker hati yang diidapnya.

Melly pun membagikan berita duka tersebut lewat laman Instagramnya di tanggal 30 Oktober 2017.

Dalam unggahannya, Melly bercerita bahwa Thomas atau Tommy merupakan kakaknya yang paling baik. Meski keduanya tidak pernah tinggal di rumah yang sama dan memiliki keyakinan yang berbeda, namun Melly dan Thomas memiliki hubungan yang dekat.

Melly juga mengisahkan bahwa betapa toleransi beragama di antara dirinya dan sang kakak kandungnya tersebut begitu tinggi.

5. Menikah dengan Anto Hoed tanpa melalui proses pacaran

Instagram.com/melly_goeslaw

Melly menikah dengan Anto Hoed pada 4 Agustus 1995. Ini berarti pernikahan mereka telah bertahan selama 28 tahun.

Meskipun sama-sama pendiri band Potret, namun perkenalan keduanya terjadi bahkan sebelum band tersebut terbentuk.

Awalnya, Melly dan Anto berkenalan di konser penyanyi, Katon Bagaskara, di mana Melly saat itu diminta menjadi backing vocal. Keduanya pun akhirnya menjadi semakin dekat.

Meski demikian, Melly dan Anto dikabarkan nggak melalui proses pacaran, lho. Semenjak perkenalan pertama mereka itu, hanya 3 bulan setelahnya keduanya mantap untuk melenggang ke jenjang pernikahan.

Melalui obrolannya di kanal YouTube Melaney Ricardo pada 26 April 2023, Melly berujar bahwa ia dan Anto sudah seperti kakak adik.

"28 tahun. Grup Potret sama Anto itu sama usianya. Kami sudah kayak adik dan kakak," ungkap Melly.

6. Dikaruniai 2 orang putra, Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed

Instagram.com/@antohhoed

Pada tanggal 22 Agustus tahun 2000, Melly dan Anto menyambut putra pertama mereka bernama Anakku Lelaki Hoed atau biasa disapa Ale. Dan 3 tahun setelahnya, yakni di tanggal 9 Mei 2003, pasangan musisi ini menyambut kelahiran putra kedua mereka, Pria Bernama Hoed atau yang akrab disapa Abe Hoed.

Darah seni pun menurun kepada Abe dan Ale. Kedua putra Melly dan Anto ternyata turut mengikuti jejak orangtua mereka untuk terjun ke dunia musik.

Si sulung, Ale, bahkan kerap membagikan unggahannya saat ia manggung lewat laman Instagramnya, @alehoed. Laki-laki berusia 23 tahun ini juga diketahui menjajal dunia bisnis, lho.

Sedangkan sang adik, Abe, memulai kariernya di blantika musik Indonesia di tahun 2018 lalu, saat ia masih menginjak usia 15 tahun.

Nah, itulah tadi 6 fakta seputar keluarga Melly Goeslaw yang mungkin belum banyak diketahui. Bagaimana menurutmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single