Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Bahasa Tubuh Pria Pembohong, Biar Waspada Memilih Pasangan!

Jangan sampai kamu buang-buang waktu dengan pria pembohong

Anggita Ayu Pratiwi

Berbohong dapat menjadi pisau tajam yang melukai kepercayaanmu. Ketika orang terdekat yang sangat kamu sayang membohongimu, pasti kamu akan merasa kecewa dan terkhianati.

Sama halnya ketika kamu bertemu dengan pria pembohong ulung. Bersama dengannya hanya akan membuang waktumu dan membuat kamu kecewa. Sebagai seorang pembohong, dia akan memastikan kamu tidak mengetahui apa yang disembunyikannya. 

Hingga akhirnya ketika kamu mengetahui semuanya, itu sudah terlambat. Maka dari itu, jangan terjebak dengan kebohongan yang mereka sembunyikan. Berikut 9 bahasa tubuh pria pembohong. Check it out!

1. Perhatikan dari gestur tubuhnya

freepik.com/free-photo

Salah satu cara memeriksa bahasa tubuh pria pembohong adalah dari tubuhnya sendiri saat mereka sedang menyampaikan sesuatu. Pria pembohong cenderung memiliki pola gestur tubuh yang sama, meskipun berada pada situasi yang berbeda. 

Saat melihat gestur tubuhnya, kamu pasti akan mengetahui sewaktu dia sedang berbohong. Mereka tidak akan berani untuk menatap mata dan memberikan gerakan tangan. Mereka akan melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya ketika sedang berbohong.

2. Gestur mulut tidak biasa

Pexels.com/Vera Arsic

Salah satu bahasa tubuh pria pembohong adalah gestur mulutnya tidak biasa. Mereka cenderung akan mengerucutkan bibirnya dan menariknya ke dalam mulut. Kamu akan merasa mereka sedang menahan sesuatu keluar dari mulutnya. Kalau pasanganmu memiliki ciri-ciri itu, kamu perlu mewaspadainya. 

3. Nada suaranya

Pexels.com/Yan Krukov

Jika kamu menanyakan sesuatu dan pasanganmu justru menjawabnya dengan nada yang lebih tinggi dari nada biasanya, kemungkinan besar mereka sedang berbohong. Karena itulah, nada suara bisa menjadi salah satu bahasa tubuh pria pembohong. 

Soalnya, pengetatan pita suara adalah respons alami yang ada pada manusia ketika tingkat stres pada tubuh meninggi. Saat seseorang harus berbohong, itu akan membuat mereka stres secara otomatis.

4. Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan lain

pexels.com/Timur Weber

Menjawab pertanyaan dengan pertanyaan lain merupakan trik lama yang digunakan para pembohong. Itulah mengapa masuk ke dalam bahasa tubuh pria pembohong. 

Saat pria pembohong sedang menyembunyikan sesuatu secara sadar ataupun tidak sadar, mereka akan kembali bertanya, “Kamu pikir aku lagi bohongin kamu?”. Dengan ini kamu akan terlihat seperti pelaku yang tidak bisa memercayai mereka. 

Akhirnya kamu akan merasa bersalah karena sudah menuduhnya. Padahal itu merupakan cara mereka untuk menyudutkanmu agar mereka bisa terbebas dari tuduhanmu.

5. Lama saat menjawab pertanyaan

pexels.com/Alena Darmel

Salah satu bahasa tubuh pria pembohong adalah membutuhkan waktu beberapa detik lebih lama untuk menjawab pertanyaan. Mereka akan berusaha untuk berpikir atau menyusun kata terlebih dahulu di pikirannya untuk menutupi kejadian yang sebenarnya. Kata-kata yang keluar dari mulutnya adalah cerita yang mungkin menarik untukmu. 

Padahal jika mereka jujur, mereka tidak perlu berpikir lama untuk menjawab pertanyaanmu. Orang yang merasa nyaman akan dengan cepat menjawab semua pertanyaanmu. Jadi, kalau dia terlalu sering menunjukkan sikap yang seperti ini, hati-hati dia sedang mengada-ada padamu.

6. Menyentuh wajah dan menggerakkan kepala tiba-tiba

unsplash.com/Jonas Jaeken

Bahasa tubuh pria pembohong selanjutnya adalah mereka akan lebih sering menyentuh wajah ataupun hidungnya secara tidak sadar. Ini merupakan reaksi alamiah ketika seseorang merasakan gugup yang tidak bisa mereka kendalikan. 

Para pria secara tidak sadar akan lebih sering menyentuh wajahnya ketika sedang menyembunyikan sesuatu dari seseorang. Selain itu, mereka juga cenderung akan dengan cepat menggerakan kepalanya, seperti melihat ke bawah, memiringkan kepalanya ke satu sisi, ataupun berpaling.

7. Melakukan pengulangan serta menyembunyikan telapak tangannya

Toa Heftiba/Unsplash

Melakukan pengulangan dan juga menyembunyikan telapak tangannya adalah salah satu bahasa tubuh pria pembohong. Mereka akan mengatakan sesuatu berulang-ulang kali hingga membuat lawan bicaranya percaya dengan yang telah pria itu katakan. 

Contohnya, ketika mereka ingin menyangkal telah melakukan sesuatu yang telah dilakukannya, mereka akan berulang-ulang mengatakan bahwa mereka tidak melakukannya sampai kamu percaya dengan apa yang dikatakannya. 

Selain itu, mereka juga akan menyembunyikan telapak tangannya. Seperti menyembunyikannya di dalam saku, di bawah meja, ataupun di belakang kepalanya.

8. Perubahan suara dan tarikan napas

pexels.com/Andrea Piacquadio

Bahasa tubuh pria pembohong selanjutnya adalah ketika mereka berbohong, mereka akan marah secara tiba-tiba. Selain itu, sebelum berbicara, mereka akan menarik napas untuk bersiap.

Ketika selesai berbicara pun, mereka akan kembali menarik napas sebagai bentuk kelegaan karena merasa telah aman. Bahu yang tadinya menegang, akan kembali lemas. 

9. Batuk dan menutup mulut

pexels.com/cottonbro studio

Bahasa tubuh pria pembohong terakhir adalah menutup mulutnya yang kadang juga diikuti dengan pura-pura batuk. Ini terjadi secara alamiah untuk menutupi kebohongan yang telah ia lakukan, sehingga tanpa sadar mereka akan menutup mulutnya dan pura-pura batuk.

Itulah 9 bahasa tubuh pria pembohong. Mana yang pernah dilakukan pasanganmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single