Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Teman Dekat IU, Mulai dari Seangkatan Hingga Para Senior

IU pernah kehilangan sahabat terdekatnya

Anatasia Anjani

Adakah yang tergabung Euna (fans IU) di sini? Kabar baik, nih, buat kalian, karena IU akan mengadakan konser solonya bertajuk The Golden Hour: Under The Orange Sun di Olympic Stadium, Korea Selatan, pada bulan September nanti.

Hebatnya, penyanyi bernama lengkap Lee Ji Eun ini menjadi solois perempuan pertama yang mengadakan konser di stadium tersebut. Ia akan melaksanakan konsernya selama dua hari. Wah, keren banget!

Selain menjadi solois yang sukses, IU juga dikenal sebagai ‘peri Korea’, lho, Bela! Ia gemar mendonasikan uangnya dalam jumlah besar untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Tidak hanya itu, IU juga sangat loyal dan murah hati kepada sahabat dan para fansnya.

Penyanyi kelahiran 1993 ini, juga suka memberikan hadiah mewah untuk para sahabatnya. Ia nggak pernah pilih kasih dalam berteman, bahkan pertemanannya pun beragam mulai dari yang seangkatan hingga para sunbaenim (senior)

Penasaran, siapa saja teman IU? Yuk, cek daftar berikut ini!

1. Yoo In Na

Allkpop

Persahabatan antara aktris Yoo In Na dan IU sungguh hangat, mereka bertemu dalam acara SBS Heroes tahun 2010. Walaupun berbeda 11 tahun, keduanya nggak canggung menunjukkan kedekatan satu sama lain.

Yoo In Na mengatakan alasannya ia berteman dengan IU karena memiliki kesamaan karakter, terlihat lembut di luar namun kuat di dalam. Ia juga mengatakan, IU lebih dewasa dari dirinya, bahkan Yoo In Na selalu bertanya kepada IU jika membutuhkan nasihat. Menurutnya, IU merupakan seorang adik, penasihat, dan penyanyi favoritnya.

2. Ji Yeon ‘T-ara’

xenews.net

Idol dan aktris Ji Yeon juga sahabat dekat IU, karena mereka sama-sama lahir di tahun 1993. Keduanya pernah muncul dalam variety show berjudul Heroes di tahun 2011 dan diketahui telah bersahabat selama 12 tahun.

Mereka berdua sering mendukung satu sama lain, bahkan Jiyeon menyemangatinya di konser perayaan 10 tahun IU berkarya. Sedangkan IU mendukung Jiyeon dengan memuji video dance-nya di Instagram.

3. G-Dragon

Allkpop

Persahabatan antara IU dan leader Bigbang G-Dragon dimulai saat mereka sama-sama menjadi MC di acara Infinite Challenge’s. Setelah itu, IU mengajak G-Dragon untuk berduet di lagunya yang berjudul Pallete, lagu yang terdapat di album keempat IU.

Tidak hanya berduet, bahkan IU meminta saran sahabatnya dalam pembuatan album. Sebagai bentuk balas budi, IU diajak menjadi bintang tamu di konser G-Dragon ‘Motte III’ yang diselenggarakan di Taiwan.

Di tahun 2017, IU memberikan satu kulkas soju sebelum G-Dragon melaksanakan wajib militer (wamil). Sebagai gantinya, G-Dragon memberikan hadiah spesial untuk IU berupa selimut dengan gambar album Pallete yang didesain oleh G-Dragon. Menurut IU, itu adalah hadiah terindah yang pernah ia terima.

4. Kim Soo Hyun

Soompi

IU dan aktor Ki So Hyun sudah menjadi sahabat dekat sejak sama-sama bermain dalam Dream High. Mereka juga bertemu kembali dalam drama The Producers dan sejak saat itu keduanya sering muncul dalam proyek satu sama lain.

IU pernah meminta tolong Soo Hyun untuk menjadi male lead di video klip Ending Scene dan ia sangat senang ketika Soo Hyun menerima tawarannya.

5. Lee Joon Gi

Allkpop

Pasangan lead dalam drama yang membuat penontonnya paling sulit move on, pasangan IU dan Lee Joon Gi di drama Moon Lovers, ternyata terus menjadi sahabat hingga usainya drama. Mereka saling mendukung satu sama lain, misalnya seperti saat IU mengirim food truck ke lokasi drama Lawless Lawyer untuk menyemangati Joon Gi.

Lee Joon Gi juga pernah menonton konser IU dan memuji aksi panggungnya yang keren. Selain itu, Joon Gi juga pernah menjadi cameo di drama Hotel del Luna atas permintaan IU.

6. Yeo Jin Go

Koreaboo

Persahabatan Yeo Jin Go dan IU terjalin setelah dipertemukan dalam drama Hotel del Luna, dan keduanya terus berhubungan sejak itu. IU pernah mengirimkan food truck di drama baru Jin Go dengan slogan “My special and precious Yeo Jin Go, jangan sakit dan semangat.”

Kemudian, mereka juga kembali dipertemukan dalam reality show House on Wheels di tahun 2020 lalu, ketika IU menjadi bintang tamunya. 

7. Jonghyun ‘Shinee’

Reddit

Di tahun 2017 menjadi tahun terburuk untuk penyanyi yang mendapat julukan 'nation little sister' ini. Pasalnya ia kehilangan sahabat baiknya, yaitu Jonghyun 'Shinee'. 

Ia  bersahabat dengan Jonghyun karena debut di tahun yang berdekatan, bahkan Jonghyun sering berkolaborasi dengan IU. Setahun setelah kepergian Jonghyun, IU memberikan tribute untuk Jonghyun dengan menyanyi lagu Gloomy Clock.

8. Suzy

xenews.net

Kalau ini persahabatan yang bikin iri, ya, Bela! Sama-sama cantik, sukses, dan memiliki julukan yang diberikan oleh masyarakat Korea. Jika IU memiliki julukan ‘nation little sister’, Suzy memiliki julukan ‘nation first love’.

Suzy mengatakan IU bak magnet baginya, karena sering menghabiskan waktu bersama-sama. Walaupun sama-sama sibuk, mereka menyempatkan untuk mengirim pesan satu sama lain. Persahabatan mereka diawali dari drama Dream High, sejak saat itu keduanya jadi sering mengunjungi dorm masing-masing.

Menurut IU, Suzy adalah penyanyi Korea tercantik, bahkan IU mengatakan ingin bertukar raga dengan Suzy. Uniknya, keduanya sama-sama memiliki tanda lahir di bawah kaki mereka.

9. Sulli

Allkpop

IU berteman akrab dengan Sulli setelah menjadi MC Inkigayo di tahun 2011. Setahun kemudian ia menuliskan lagu berjudul Peach untuk Sulli. Sejak saat itu mereka terus berteman dekat dan Sulli juga sering mengunjungi konser IU. 

Di tahun 2015, IU mengunggah kebersamaannya dengan Sulli di Instagram saat malam tahun baru. Di captionnya, ia menuliskan, "menghabiskan tahun baru bersama orang tersayang."

Jadi teman yang suportif, Sulli juga muncul menjadi cameo Hotel del Luna atas permintaan IU. Namun, itu menjadi proyek terakhir kebersamaan IU dengan Sulli, karena sang sahabat meninggal di tahun 2019. Untuk mengenang sahabatnya, IU menuliskan lagu berjudul Love Poem

10. Goo Hara

kpopstarz

Debut di waktu yang berdekatan, membuat IU dan Goo Hara menjadi dekat. Tidak hanya berteman dengan IU, Goo Hara juga merupakan teman dekat dari mendiang Sulli. 

Mereka bertiga sering menghabiskan waktu bersama dan mendukung satu sama lain. 

Di tahun 2019, IU kembali menerima kabar buruk. Ia kehilangan Goo Hara, setelah beberapa bulan sebelumnya menerima kabar serupa mengenai Sulli. Bahkan kabar buruk tersebut, ia terima saat tengah menjalani konsernya. 

Sejak peristiwa itu, para penggemar mendoakan yang terbaik untuk IU agar dapat melewati masa sulitnya. 

Nah, itulah deretan persahabatan IU, Bela. Kita doakan semoga persahabatan IU awet, ya!

IDN Media Channels

Latest from Single