Saat masih kecil, kamu mungkin selalu diminta untuk menuruti apa kata orangtua. Setelah beranjak dewasa, kamu pun memiliki pemikiran sendiri yang mungkin berbeda dengan orangtua.

Perbedaan pandangan dan pendapat dengan orangtua memang wajar, namun jangan sampai hal itu menjadi konflik di antara kalian. Perdebatan dengan orangtua mungkin pernah terjadi, tapi sebagai anak dari orangtuamu, tentu saja kamu harus tetap menjaga kesopanan.

Lalu bagaimana jika orangtua merasa dirinya selalu benar? Jangan langsung membantahnya, ya. Berikut ini adalah beberapa cara sopan untuk menghadapi sikap orangtua yang merasa selalu benar.

1. Bicarakanlah secara terbuka

5 Cara Sopan Saat Hadapi Orangtua yang Merasa Selalu BenarPexels.com/Brett Sayles

Sampaikanlah apa yang kamu rasakan, komunikasikanlah dengan baik, ya, supaya tidak menyinggung perasaan mereka. Sebaiknya bicarakan hal itu dengan terbuka, karena sebagian besar dari orang-orang yang ada di dunia ini bukanlah seseorang yang bisa membaca pikiran. Saat berbicara usahakan dalam keadaan yang tenang, supaya nggak saling tersulut emosi dan agar bisa menemukan solusi yang tepat untuk kebaikan kamu dan orangtua.

2. Bicarakanlah secara lembut

5 Cara Sopan Saat Hadapi Orangtua yang Merasa Selalu Benardok.internet

Perhatikan nada suaramu saat berbicara dengan orangtua, ya. Penggunaan nada suara memang sangat memengaruhi makna dari kalimat yang kamu ucapkan. Jangan sampai niatmu berbicara adalah untuk menemukan solusi, namun karena kamu mengucapkan dengan nada tinggi, orangtua menjadi salah paham.

Jadi, berusahalah untuk tetap lembut dan sopan santun, ya. Dengan cara ini suasana juga nggak menjadi runyam dan mereka pun merasa bahwa kamu menghormati mereka.

3. Sebelum merasa kesal, coba kamu pahami lagi apa maksud mereka

5 Cara Sopan Saat Hadapi Orangtua yang Merasa Selalu Benarfreepik.com/angel.nt.111

Bagaimanapun juga orangtua telah memiliki lebih banyak pengalaman dibandingkan kamu sebagai anak. Saat mereka merasa selalu benar, mungkin saja ada alasan tersendiri.

Jadi sebelum kamu beradu argumen, coba dulu memahami maksud dari pendapat orangtua. Coba berjalan di dalam sepatu mereka dulu, Bela. Mungkin cara penyampaian mereka kurang tepat, tapi siapa tahu itu semua demi kebaikanmu.

4. Jangan pernah mengatakan bahwa orangtualah yang egois

5 Cara Sopan Saat Hadapi Orangtua yang Merasa Selalu Benarunsplash.com/LOGAN WEAVER

Tetap junjung tinggi sikap menghormati dan menghargai. Bagaimanapun juga posisi mereka adalah orangtua dan kamu adalah anaknya. Saat terjadi perdebatan, tetap tenang dan kuasai dirimu. Jangan sampai mengucapkan kalimat bahwa merekalah yang egois.

Bagaikan menyalakan api di tumpahan bensin. Ini justru akan membuat masalah semakin membesar. Lebih baik, sampaikan dengan kalimat-kalimat yang menunjukkan perhatian dan kasih sayang. 

5. Turuti keinginan mereka, namun tetaplah waspada

5 Cara Sopan Saat Hadapi Orangtua yang Merasa Selalu BenarDok. Careconnectionsliveinplacement

Saat semua cara sudah dilakukan, tapi orangtua masih merasa paling benar. Agar masalah tak semakin meruncing. Nggak apa-apa kalau kamu mengikuti saja keinginan mereka, yang penting kamu harus selalu waspada.

Jika suatu saat terjadi hal-hal yang diluar dugaan. Kamu akan siap menghadapinya, karena kamu bisa mempersiapkan segala macam solusi untuk hal tersebut.

Hindari pula menyalahkan orangtua, ketika ternyata pendapatmu lebih benar daripada orangtuamu. 

Menghadapi orangtua yang selalu merasa benar. Memang terkadang membuatmu kesal. Namun tak ada salahnya untuk bersabar dan bersikap sopan pada orangtuamu.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Cara Sopan Menghadapi Orangtua yang Merasa Selalu Benar"

Baca Juga: 8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda Agama

Baca Juga: 5 Perilaku Durhaka Anak kepada Orangtua Menurut Islam, Dosa Besar!

Baca Juga: Ini 11 Cara Memuliakan Orangtua Menurut Ajaran Islam