Seiring berjalannya waktu, beberapa aspek dalam pernikahan kamu harus mendapatkan perawatan terbaik, lho. Salah satunya adalah aspek seksual agar percikan cinta senantiasa hidup dan keharmonisan rumah tangga tetap terjaga. Sehingga, pernikahan kamu dapat berjalan langgeng, deh.

Namun, beberapa orang kerap meningkatkan kualitas seks hanya dengan mengandalkan alat bantu seks, pelumas, dan lingerie seksi. Padahal, keterampilan komunikasi memegang peranan penting dalam tercapainya kehidupan seks yang memuaskan untuk satu sama lain. Nggak percaya?

Coba terapkan beberapa bentuk komunikasi sehat versi Popbela berikut yang dapat meningkatkan kualitas seks dalam hidup berumah tangga, ya!

1. Tetap jaga rasa ingin tahu tentang pasangan

Tingkatkan Kualitas Seks, Terapkan 4 Bentuk Komunikasi Sehat Ini!https://www.pexels.com/@cristian-rojas

Jika kamu telah menjalani pernikahan selama bertahun-tahun, mungkin akan mudah untukmu merasa mengenal pasangan luar dan dalam. Namun, pemikiran semacam ini harus kamu enyahkan segera, ya. Jika tidak, akan berdampak buruk terhadap hubunganmu, lho.

Inilah sebabnya kamu perlu menjaga rasa ingin tahu tentang pasangan agar senantiasa ada dalam diri. Dengan begitu, komunikasi yang terbuka akan tetap hidup dan nyala api gairah akan terus membara. Percayalah, akan lebih baik bertanya kepada pasangan secara langsung tentang posisi seks yang membuatnya terpuaskan, daripada mengandalkan asumsi kamu semata.

2. Be vulnerable!

Tingkatkan Kualitas Seks, Terapkan 4 Bentuk Komunikasi Sehat Ini!https://www.pexels.com/@kool-shooters

Agar dapat menjaga rasa ingin tahu, kamu harus terbuka tentang kerentanan yang kamu miliki kepada pasangan. Dalam hal ini, kerentanan yang dimaksud adalah dengan membiarkan pasangan mengetahui isi pikiran dan juga perasaan kamu yang terdalam. Nggak terkecuali tentang fantasi seksual paling liar yang kamu punya. Dengan begitu, suami dapat mengenal kamu lebih dekat dan keintiman emosional akan semakin terbangun. Jangan lupa untuk ajak pasangan agar melakukan hal yang sama, ya!

3. Ciptakan hubungan yang bebas dari penghakiman

Tingkatkan Kualitas Seks, Terapkan 4 Bentuk Komunikasi Sehat Ini!Pexels.com/Ron Lach

Rasa takut dihakimi merupakan salah satu hal yang membuat seseorang menjadi sulit terbuka, terutama tentang kerentanannya. Oleh karena itu, penting sekali menciptakan pernikahan yang bebas dari penghakiman, termasuk dalam urusan ranjang. Ya, untuk dapat memiliki kualitas seks yang memuaskan dalam hidup berumah tangga, tak menghakimi gairah pasangan adalah kunci utama! Bahkan, ketika kamu tak memiliki preferensi seksual yang berbeda dengannya sekalipun. Yang perlu kamu lakukan hanyalah selalu memberi pasangan validasi, Bela.

4. Beri pasangan validasi

Tingkatkan Kualitas Seks, Terapkan 4 Bentuk Komunikasi Sehat Ini!https://www.pexels.com/id-id/@anna-pou

Validasi memanglah memegang peranan penting dalam sebuah hubungan. Tidak lain dan tidak bukan, karena setiap orang memiliki keinginan untuk dicintai apa adanya. Maka dari itu, upayakan selalu untuk memberi penerimaan dan validasi terhadap pasangan kamu, ya.

Kamu dapat memulainya melalui berbagai cara, kok. Misalnya seperti dengan memberi pasangan sentuhan di kala ia kesal, mempertahankan kontak mata saat ia berbagi cerita sulit, atau memujinya secara verbal. Meski sederhana, hal-hal semacam itu akan sangat berarti untuknya, lho.

Selain itu, jangan lupa untuk menerapkannya pula dalam kehidupan seks kamu bersama suami, ya. Salah satunya adalah melalui kesediaan untuk mencoba sesuatu yang baru bersamanya! Ini akan membuat pernikahan kamu jadi semakin kuat nan harmonis.

Nah, demikianlah beberapa bentuk komunikasi sehat untuk meningkatkan kualitas seks versi Popbela yang patut kamu jadikan kebiasaan dalam hidup berumah tangga. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dan suami dalam membangun kualitas seks yang lebih baik, ya!

Baca Juga: 5 Kualitas Perempuan yang Membuat Pasangannya Tak Akan Berpaling

Baca Juga: 7 Cara Membuat Laki-laki Merasa Takut Kehilangan

Baca Juga: Aman dan Nyaman! 5 Posisi Bercinta Ini Cocok untuk Pengantin Baru