Hubungan seks memang memiliki peranan penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Namun, banyak orang yang melupakan aktivitas after sex dan malah memilih untuk langsung tidur usai bercinta. Padahal, banyak hal yang bisa meningkatkan rasa cinta setelah berhubungan seks, salah satunya dengan berpelukan dengan pasangan.

Pelukan merupakan salah satu cara sederhana yang romantis untuk menunjukkan perasaan cinta dan kasih sayang kepada pasangan. Selain menghangatkan dan menenangkan, berpelukan nyatanya memiliki banyak manfaat, lho. Untuk itu, Popbela akan memaparkan ini dia manfaat memeluk pasangan setelah berhubungan seks yang dikutip dari laman Your Tango.

1. Meningkatkan kepuasan dalam kehidupan seks dengan pasangan

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksUnsplash.com/Toa Heftiba

Menurut penelitian dari University of Toronto Mississauga, pasangan yang berpelukan setelah berhubungan seks memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dalam kehidupan seks mereka. Hal itu terjadi bukan karena aktivitas seks yang dilakukan, tetapi karena mereka meluangkan waktu untuk membangun keintiman dan meningkatkan ikatan emosional yang lebih dekat satu sama lain. Jadi, nggak ada salahnya untuk cuddling setelah bercinta, Bela.

2. Membuat hubungan lebih bahagia

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksPexels.com/Andrea Piacquadio

Aktivitas sederhana seperti berpelukan setelah berhubungan seks bisa menguatkan ikatan emosi terhadap pasangan. Sebab saat berpelukan, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin atau yang juga dikenal sebagai hormon kebahagiaan. Menurut psikolog, Elizabeth Lombardo, keintiman yang ditunjukkan dengan pelukan sangat penting bagi kesehatan dan kebahagiaan setiap hubungan.

3. Meningkatkan kasih sayang

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksUnsplash.com/Becca Tapert

Keintiman yang datang dengan berpelukan, terutama setelah berhubungan seks, tak bisa disaingi oleh apa pun di dunia ini. Pelukan tak hanya meningkatkan rasa cinta terhadap pasangan, tetapi juga sebagai cara mengomunikasikan kasih sayang tanpa kata-kata. Mendekap pasangan juga menjadi sinyal bahwa kalian berdua saling mencintai.

4. Bisa langsung ronde kedua bercinta

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksUnsplash.com/Womanizer Wow Tech

Berpelukan bisa membuat keintiman tetap terjaga, meski kamu dan pasangan baru saja selesai berhubungan seks. Dan ini bisa membangkitkan kembali gairah seksual kalian, lho. Ketika hasrat seksual kembali meningkat, bukan nggak mungkin kalau kamu dan pasangan jadi ingin melanjutkan ronde kedua untuk bercinta.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksFreepik.com/Freepik

Manfaat memeluk pasangan setelah behubungan seks selanjutnya ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti diketahui, sistem imun yang baik tentu dapat menurunkan tingkat stres sehingga penyakit nggak gampang menyerang tubuh. Sering berpelukan juga dianggap bisa menurunkan risiko memburuknya gejala penyakit.

6. Mengurangi stres dan kecemasan

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksPexels.com/Andrea Piacquadio

Berpelukan dengan pasangan ketika tidur dipercaya mampu mengurangi stres. Tak hanya itu, memeluk pasangan juga bisa meredakan kecemasan, karena berpelukan dengan orang terkasih dapat menimbulkan perasaan aman dan nyaman. Dengan kata lain, pelukan bisa menjadi mood booster terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

7 Manfaat Memeluk Pasangan Setelah Berhubungan SeksPexels.com/Ketut Subiyanto

Tak hanya mengatasi stres, hormon oksitosin yang dilepaskan saat berpelukan juga bisa menyehatkan jantung, lho. Hormon cinta ini rupanya bisa menurunkan tekanan darah menjadi lebih normal sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Nah, itu dia 7 manfaat memeluk pasangan setelah berhubungan seks. Maka dari itu, jangan lewatkan untuk memeluk pasanganmu usai bercinta ya, Bela!

Baca Juga: Tak Sekadar Pelukan, 7 Jenis Cuddling Ini Bisa Menambah Keintiman Lho

Baca Juga: Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan Pasangan

Baca Juga: 11 Jenis Pelukan, Arti Serta Manfaatnya