Saat bulan puasa tiba, kamu harus bisa menahan segala hawa nafsu, bukan hanya lapar dan haus. Saat mengalami mimpi basah saat puasa kamu mungkin seketika panik dan beranggapan hal ini membatalkan puasamu. Jangan terburu-buru mengambil kesimpulan ya, Bela. Karena ada hal-hal yang kamu tahu tentang hukum mimpi basah dan perbedaannya dengan masturbasi. Inilah hal yang harus kamu ingat saat mimpi basah saat puasa.

1. Mimpi basah nggak bisa dikendalikan

Mimpi Basah saat Puasa? Ini Hukum dan Faktanya!Unsplash.com/Joel Overbeck

Karena pada dasarnya mimpi basah terjadi di alam bawah sadarmu. Saat kamu tertidur dan menyadari kamu dalam keadaan basah, hal ini karena proses stimulan tubuh yang normal bahkan menyehatkan karena membuang yang tak terpakai dan menggantinya dengan yang sehat.

2. Bedakan mimpi basah dengan masturbasi

Mimpi Basah saat Puasa? Ini Hukum dan Faktanya!freepik.com/ bonnontawat

Mungkin hasilnya akan mendekati, yaitu keluarnya sperma dari dalam tubuh. Akan tetapi yang harus kamu ingat, mimpi basah terjadi karena nggak disengaja, sedangkan masturbasi kegiatan seksual disengaja untuk mencapai orgasme. Jadi terlihat bukan, mana yang membatalkan dan nggak?

3. Jangan panik

Mimpi Basah saat Puasa? Ini Hukum dan Faktanya!Pexels.com/Serkan Göktay

Karena mengetahui dari penyebabnya, kamu tak harus khawatir untuk melanjutkan puasamu. Mimpi basah adalah hal yang tak disadari dan dapat terjadi jika testis akan mereproduksi dan mengganti sperma yang tua dengan sperma yang baru serta sehat.

4. Walaupun nggak batal, tetap mandi wajib

Mimpi Basah saat Puasa? Ini Hukum dan Faktanya!Pexels.com/Christa Grover

Karena mimpi basah juga menghasilkan sperma, oleh karena itu kamu dapat mandi wajib untuk dapat melakukan ibadah wajib seperti salat. Tak perlu takut nggak sah, karena sesuai ketentuan pun kamu juga masih bisa melakukan puasamu.

5. Tak usah merasa bersalah

Mimpi Basah saat Puasa? Ini Hukum dan Faktanya!pexels.com/Pixabay

Mengapa harus merasa bersalah jika hal itu nggak kamu sengaja? Sebenarnya hal ini adalah wajar karena proses tubuh bekerja nggak mengenal kapan dan di mana itu terjadi. Saat puasa tubuh akan tetap bekerja seperti biasa. Mitos yang menyebutkan jika saat puasa sperma juga akan berpuasa dalam bereproduksi juga salah besar.

Itu tadi informasi seputar hukum mimpi basah saat puasa. Semoga pertanyaanmu selama ini terjawab, ya.

Baca Juga: Ini 10 Fakta dan Penyebab Mimpi Basah yang Perlu Kamu Tahu