Bela, pernah dengar istilah cuddling atau cuddle? Sebagian besar dari kita pasti hanya tahu bahwa artinya adalah berpelukan. Namun, ternyata cuddling ini sendiri memiliki cukup banyak jenis posisi, lho. 

Setiap posisi cuddling juga memiliki manfaatnya masing-masing. Sebagian besar mengarah pada peningkatan hubungan dan kedekatan dengan pasangan. Penasaran apa saja posisi cuddling terbaik yang bikin nyaman? Simak ulasannya, yuk!

1. Duduk berdekatan dan saling berhadapan

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama PasanganFreepik.com/Lookstudio

Manfaat posisi cuddling satu ini yaitu bisa menciptakan rasa kemantapan dan kedekatan hubungan antara pasangan. “Posisi ini bisa menghibur, meyakinkan, dan intim namun tetap memberi ruang untuk kebebasan," jelas Shayla Tumbling, M.S., NCC, seorang pelatih seksual dan pemberdayaan emosional.

Artinya, setiap pasangan yang mencoba posisi cuddling ini tetap bisa merasakan keintiman dan emosional pasangannya dengan cara yang bebas. 

Cara melakukannya: duduk berdampingan dan saling memandang. Kamu bisa minta pasanganmu untuk meletakkan tangannya di kakimu, lengannya di bahumu, atau mungkin menyandarkan kepalamu di bahunya.

2. Berbaring di pangkuan pasangan

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com

Posisi cuddling ini memungkinkan kamu atau pasangan menerima belaian tangan yang menenangkan di atas rambut. Keadaan ini akan membuat kalian merasakan kenyamanan yang mendalam dan dapat meningkatkan perasaan terhubung. Secara keseluruhan, posisi ini bisa menciptakan rasa nyaman, relaksasi dan keamanan.

Cara melakukannya: duduk bersilangan di sofa atau lantai. Minta pasanganmu untuk berbaring dan menyandarkan kepalanya di pangkuanmu, lalu lakukan belaian lembut di rambutnya.

3. Posisi kursi santai

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganunsplash.com/Becca Tapert

Manfaat posisi ini adalah membuat orang yang bersandar bisa merasa didukung, diperhatikan, dan diinginkan. Di saat bersamaan, posisi ini juga memungkinkan kamu yang memberi sandaran untuk dapat memberi dukungan dan kasih sayang. Posisi ini dapat meningatkan perasaan koneksi dan kerentanan di berbagai tingkatan.

Cara melakukannya: duduk dengan punggung menghadap ke dinding atau kepala tempat tidur dengan kaki membentuk pola V. Mintalah pasanganmu untuk duduk di depan kamu dan bersandar, atau mungkin sebaliknya.

4. Spooning

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com/drobotdean

Kalau yang satu ini, nampaknya menjadi favorit banyak orang. Posisi ini dinilai cukup romantis karena bisa membuat setiap orang merasa aman dan protektif. Keberadaan pasangan di belakang, bisa membuat kamu mendapatkan perasaan didukung dan dibuai. 

Cara melakukannya: kedua pasangan berbaring miring menghadap ke arah yang sama. Untuk big spoon, posisikan tubuhmu di belakang pasangan. Lalu peluk ia dengan lenganmu. Sementara little spoon, kamu adalah pihak yang dipeluk dari belakang.

Posisi spooning ini terkadang bisa membuat lenganmu kram dan mati rasa. Untuk itu, jangan ragu untuk berganti posisi dengan pasangan, ya!

5. Half-spooning

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com/lookstudio

Posisi half-spooning atau bengkokan lengan ini bisa dikatakan cukup intim. Manfaat posisi cuddling satu ini adalah membantu menumbuhkan perasaan cinta dan kedekatan. Berbeda dengan spooning  yang harus melibatkan kedua pihak untuk saling berbaring miring, pada posisi ini hanya satu orang yang melakukannya. 

Cara melakukannya: satu pasangan berbaring telentang, dan pasangan lainnya berbaring miring. Pasangan yang berbaring meletakkan kepalanya ke lekukan lengan pasangannya dan meletakkan tangannya di atas dada pasangan.

6. Berbaring di dada pasangan

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com/ArthurHidden

Posisi ini bermanfaat untuk dapat meningkatkan kelembutan dan koneksi dengan pasangan. Mendengarkan napas dan merasakan detak jantungannya bisa membuat kamu bersyukur atas hubunganmu dengannya. Namun, perlu diingat untuk tidak melakukannya dalam durasi yang lama karena bisa membuat pihak yang berada di bawah merasakan sesak.

Cara melakukannya: berbaring bersebelahan dengan salah satu pasangan menyandarkan kepala di dada pasangannya. Biasanya, pihak laki-laki yang berada di bawah dan perempuan di atas.

7. Bersandar bokong

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com/wavebreakmedia

Posisi ini sangat cocok untuk dilakukan jika kamu dan pasangan lebih nyaman ketika tubuh terasa bebas saat tidur. Meski mungkin agak berbeda dengan posisi cuddling lainnya, posisi ini tetap bisa meningkatkan kedekatan di antara kamu dan pasangan, lho.

Cara melakukannya: baringkan tubuhmu dan pasangan secara miring dengan arah berlawanan. Biarkan punggung dan pantat kalian saling bersentuhan. Sensasi kedekatan bisa dirasakan dengan permainan kaki kalian atau dengan saling menggosok kaki.

8. Posisi yin-yang

Tambah Intim! Inilah 8 Posisi Cuddling Terbaik Bersama Pasanganfreepik.com/freepic.diller

Posisi yin-yang bermanfaat untuk menciptakan aliran memberi dan menerima secara stimulan untuk setiap pasangan. Setiap pasangan yang mencoba posisi ini bisa merasakan peningkatan keintiman dan koneksi mereka. 

Cara melakukannya: letakkan kepala kalian di atas kaki satu sama lain dan saling berhadapan.

Itulah tadi posisi cuddling terbaik yang bikin nyaman! Dijamin kualitas tidur kamu dan pasangan bisa jadi lebih baik, Bela! Selamat mencoba.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 7 Manfaat Cuddle atau Pelukan dengan Pasangan

Baca Juga: 5 Manfaat Pillow Talk dalam Menjaga Keharmonisan Hubungan

Baca Juga: Kenali 3 Tahapan Penting Saat Bercinta, Demi Kepuasan Seksual!