Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Mengatasi Kecemasan Orgasme agar Seks Lebih Menyenangkan

Jangan overthinking, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Kecemasan saat berhubungan seks mungkin dialami oleh beberapa orang dan bisa jadi cukup banyak orang awalnya cemas. Tapi, bagaimana dengan kecemasan orgasme? Ini adalah topik yang kurang mendapat perhatian, namun merupakan masalah nyata yang mempengaruhi banyak perempuan.

Mengutip dari Your Tango, orgasm anxiety atau kecemasan orgasme adalah perasaan gugup dan stres seputar kemampuan orgasme, biasanya selama aktivitas seksual dengan pasangan. Kecemasan terhadap orgasme biasanya termanifestasikan dengan terlalu fokus untuk mencapai orgasme atau terlalu khawatir tentang kurangnya orgasme.

Kurangnya pendidikan seks yang positif bisa menjadi penyebab utama kecemasan orgasme. Seks sering menjadi topik tabu dan ini harus dibenahi. Buat kamu yang sedang mengalami kecemasan orgasme, berikut ada beberapa cara mengatasinya agar kamu dapat mengalami seks lebih baik melansir dari Your Tango

1. Berhenti overthinking dan coba latihan mindfulness

freepik.com

Overthinking adalah ketika kamu mengulangi pikiran dan perasaan negatif, memeriksanya, dan mempertanyakannya. Overthinking bisa menyebabkan stres dan kecemasan. Ini menjadi alasan paling umum mengapa 58% perempuan tidak mencapai orgasme. Merasa cemas dapat menyebabkan kesulitan orgasme karena menghambat kepuasan seksual.

Menurut para ahli, overthinking adalah penghalang paling signifikan terhadap orgasme perempuan. Ini mirip dengan 'menonton', yaitu berfokus pada diri sendiri dari sudut pandang orang ketiga saat melakukan aktivitas seksual, dibandingkan berfokus pada sensasi atau pasanganmu.

Di ranjang, banyak perempuan yang terlalu banyak berpikir dan sulit mencapai klimaks karena pikiran negatif. Untuk berhenti overthinking, ubah perspektifmu ke perspektif kesenangan-positif untuk mencapai orgasme.

Bagi banyak perempuan, praktik mindfulness sangat penting untuk mengatasi kecemasan orgasme. Ini membantu kamu untuk menyadari keberadaanmu selama momen keintiman untuk menikmati kenikmatan seksual.

2. Fokus pada kesenangan, bukan klimaks

hernorm.com

Jika kecemasan akan orgasme menghalangi kamu untuk mencapai orgasme dengan pasangan, mungkin ada baiknya kamu berfokus pada kenikmatan seksual saja. Melakukan seks yang berorientasi pada tujuan dapat menimbulkan banyak tekanan internal dan mungkin membuat kam umerasa frustrasi jika tidak mencapai orgasme.

Misalnya, saat seks dengan pasangan kamu harus klimaks dan itulah yang menjadi fokusmu. Tekanan dan harapan tersebut menimbulkan kecemasan dan malah semakin mempersulit orgasme. Tapi, saat kamu melakukan seks untuk bersenang-senang dan menikmati, kamu akan lebih mudah mencapai orgasme. Ikuti saja alurnya dan nikmati. 

3. Ini normal, jadi jangan patah semangat

freepik.com

Umum, kok, bagi perempuan untuk mengalami kecemasan orgasme pada tahap tertentu. Banyak perempuan yang merasa sulit mencapai klimaks atau belum pernah mengalami orgasme, dan itu tidak masalah. Ingat, dalam hal orgasme, tidak ada yang standar “normal”.

Setiap perempuan berbeda, dan setiap perempuan memiliki pengalaman orgasme yang berbeda. Beberapa perempuan tidak mengalami orgasme sampai usia 40-an atau bahkan setelahnya, dan itu tidak masalah.

Nggak merasakan orgasme atau nggak sering orgasme tak menjadikanmu seseorang yang tak normal. Kamu hanya perlu mempelajari apa yang cocok untukmu dan tetapkan ekspektasi yang realistis tanpa membandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Komunikasikan perasaanmu

freepik.com/senivpetro

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk mengatasi kecemasan orgasme. Komunikasi terbuka dengan cara yang aman dan tidak menghakimi dapat membantu menghilangkan stres di ranjang.

Bicarakan dengan pasanganmu tentang keinginan, preferensi, dan batasan kamu saat berhubungan. Ini dapat membantunya memahami kebutuhanmu dan belajar bagaimana mendukungmu menghadapi kecemasan tersebut.

Pasanganmu tak punya kekuatan super untuk membaca pikiran, jadi coba komunikasikan saja padanya secara efektif. Contohnya, bilang padanya kalau kamu suka disentuh di bagian tertentu, atau langsung bimbing tangannya atau kecupannya ke tempat tersebut untuk menemukan sensasi baru.

5. Coba teknik baru

freepik.com

Jalan menuju klimaks berbeda-beda pada setiap perempuan. Jika kamu adalah seseorang yang kesulitan mencapai orgasme saat berhubungan seks, cobalah berbagai teknik untuk membantumu mencapainya.

Para peneliti di platform kenikmatan seksual OMGYES mengidentifikasi empat teknik untuk membantu perempuan meningkatkan kenikmatan seksual. Menurut OMGYES Pleasure Report, perempuan dewasa di Amerika melaporkan bahwa teknik “shallowing,” “pairing,” “rocking,” dan “angling”, membuat seks melalui vagina menjadi lebih menyenangkan. Orgasme terjadi nggak harus selalu melalui hubungan intim melalui vagina. Banyak teknik lain atau mungkin berupa rangsangan yang bisa membuat kamu merasakan orgasme.

6. Pelajari apa yang membuatmu senang dan puas

freepik.com

Banyak perempuan yang meyakinkan diri sendiri bahwa ia tidak bisa orgasme karena sudah bertahun-tahun mengalami hubungan seks yang tidak memuaskan. Kurangnya pengetahuan seksual juga dapat menyebabkan kecemasan di ranjang.

Misinformasi tentang seksualitas perempuan merajalela, seiring dengan banyaknya kesalahpahaman tentang gairah seksual perempuan dan orgasme perempuan. Informasi yang salah telah menyebabkan banyak perempuan merasa tidak mampu untuk orgasme.

Padahal, dengan belajar yang benar, kamu akan tahu apa yang membuatmu senang. Ini bisa dilakukan dengan mempelajari diri sendiri, mencari apa yang membuatmu senang sampai menuju pada kepuasan seksual.

Itulah cara mengatasi kecemasan orgasme agar seks terasa lebih baik. 

IDN Media Channels

Latest from Sex