Tanpa terasa akhir tahun 2020 hampir tiba, ada begitu banyak drama Korea yang mencuri perhatian penonton dari adegan konflik yang menguras emosi sampai adegan ciuman yang bikin pipi tersipu malu dan sulit untuk dilupakan. Benar nggak, nih? 

Tak bisa dipungkiri, adegan ciuman di drama Korea memang menjadi salah satu adegan yang paling ditunggu oleh para penonton. Apalagi, kalau adegan tersebut mampu membuat penonton ikut terhanyut dengan akting dari artis yang memerankan karakter tersebut. 

Kira-kira, ada drama Korea apa saja, ya? Ini dia deretan KDrama dengan adegan ciuman paling romantis sepanjang tahun 2020 yang sudah dirangkum oleh Popbela

1. Crash Landing on You

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Hancinema.net

Crash Landing on You menceritakan tentang seorang perempuan yang menjadi ahli waris dari keluarga terkaya di Korea Selatan bernama Yoon Se Ri (diperankan oleh Son Ye Jin). Ia mengalami insiden cukup fatal saat melakukan paragliding dan terjatuh di Korea Utara. 

Di sinilah, ia ditemukan oleh perwira Korea Utara, Ri Jung Hyuk (diperankan Hyun Bin) yang berusaha menyelamatkan dan melindungi Yoon Se Ri agar ia bisa kembali ke Korea Selatan. Karena aksi penyelamatan ini, benih cinta di antara mereka pun muncul. 

Dari sekian banyak adegan di drama ini, adegan ciuman paling romantis dari Kapten Ri dan Se Ri terjadi di episode ketujuh. Pasalnya, ciuman tersebut dilakukan ketika hujan turun dan Kapten Ri masuk rumah sakit, tertembak peluru karena melindungi Se Ri. Melihat keduanya berciuman, jadi ikut terbawa suasana, ya, Bela. 

2. Hospital Playlist

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Zapzee.net

Drama yang mengisahkan tentang persahabatan kelima dokter spesialis di bangsal VIP. Tidak hanya mengulas soal persahabatannya saja, tapi Hospital Playlist juga menyajikan bumbu percintaan yang hangat dan manis di kalangan para dokter. 

Salah satu kisah percintaan yang menarik perhatian dan bikin penggemar gregetan adalah kisah kedekatan antara dokter Bedah Anak, Ahn Jung Won (diperankan oleh Yoo Yeon Seok) dengan dokter residen Bedah Umum, Jang Gyeo Wool. Benih cinta di antara keduanya berlangsung sangat lambat. 

Hingga akhirnya, episode terakhir menjadi titik terang bagi kedua pasangan yang dijuluki sebagai "Winter Garden" ini. Jung Won memberikan ciuman romantisnya ke Gyeo Wool setelah Gyeo Wool menyatakan perasaannya dan menghentikan langkah Jung Won untuk menjadi seorang pastor. 

3.When The Weather is Fine

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Koreanindo.net

Drama yang dibintangi oleh Park Min Young ini mengisahkan tentang seorang pemain cello yang mempunyai banyak trauma masa kecil. Ia kembali ke kampung halamannya, dan bertemu dengan sahabat masa kecilnya bernama Im Eun-Seob (Seo Kang Joon), yang ternyata menyukai Mok Hae Won (Park Min Young) sejak masih sekolah. 

Kembalinya Mok Hae Won ke kampung halaman membawa angin segar ke Im Eun-Seob. Di sana, Mok Hae Won bekerja paruh waktu di toko buku yang dikelola oleh Eun-Seob. Perlahan tapi pasti, benih cinta di antara mereka tumbuh. Ciuman hangat dari atas tebing menjadi salah satu ciuman paling romantis yang terjadi, lantaran di sinilah Eun-Seob akhirnya memberanikan diri untuk menyatakan perasaan sukanya ke Mok Hae Won. Bikin meleleh melihatnya, nih!

4. A Piece Your Mind

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Soompi.com

Berkisah tentang kehidupan dua tokoh utama, Ha Won (Jung Hae In), dan Han Seo Woo (Chae Soo Bin). Kedua karakter utama masing-masing memiliki trauma masa lalu yang butuh untuk disembuhkan. Pertemuan keduanya yang tanpa sengaja membuat Seo Woo tertarik dengan sosok Ha Won yang dikenalnya dengan julukan 'Sebelum Fajar'. 

Sementara, Ha Won memiliki kisah cinta yang rumit dan berharap mengembalikan kisah cinta lamanya dengan bantuan dari Seo Woo. Sempat tertolak oleh Ha Won, namun menjelang akhir episode, penonton dibuat berdebar dengan kejujuran Ha Won yang akhirnya menyukai Seo Woo secara perlahan. 

Ha Won menerimanya dengan hati terbuka. Ciuman manis di dalam mobil sukses membuat penonton semakin iri dengan sikap gentleman Ha Won yang mencium Seo Woo dan dibuat senyaman mungkin. 

5. Tale of Nine Tailed

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Hancinema.net

Drama bergenre romantis-fantasi mengambil kisah tentang siluman rubah bernama Lee Yeon (Lee Dong Wook) yang berusia 1.000 tahun. Ia masih berada di dunia untuk menunggu reinkarnasi dari sang kekasih. Secara kebetulan, Lee Yeon bertemu dengan seorang perempuan yang parasnya mirip dengan kekasih lamanya itu, bernama Nam Ji A (Jo Bong Ah)

Salah satu ciuman paling romantis dan menggemaskan yang terjadi di antara keduanya itu saat episode ke-13 dan Ji A sedang mengajak bermain Lee Yeon. Ji A sempat mengira kalau Yeon berubah belakangan ini, hingga akhirnya Ji A mengambil kesempatan untuk mencium Yeon dan dibalas manis oleh Yeon. 

6.When My Love Blooms

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Hancinema.net

Mengangkat kisah cinta masa lalu yang sempat terpisahkan, drama When My Love Blooms ini dibintangi oleh Yoo Ji Tae, Lee Bo Young, Jinyoung 'GOT7', dan Jeon So Nee. Drama ini juga mengambil latar waktu di masa kini dan era tahun 90-an. 

Kisah asmara yang terjadi antara Han Jae Hyun muda (Jinyoung 'GOT7') dengan Yoon Ji Soo muda (Jeon So Nee) tidak disetujui oleh orang tua dari Ji Soo. Namun, Ji Soo tidak gentar dan terus mengikuti Jae Hyun ke mana ia pergi. Akhirnya, Jae Hyun pun luluh dan mencari cara untuk tetap bisa berkencan dan menemani Ji Soo.

Ciuman di tepi pantai saat mereka berkencan untuk menenangkan hati Ji Soo berhasil membuat penonton gigit jari karena perlakuan manis yang diberikan Jae Hyun (Jinyoung 'GOT7') ke Ji Soo (Jeon So Nee) terasa begitu nyata, tidak seperti di dalam drama. 

7. Record of Youth

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Bitchesoverdrama.com

Drama yang mengisahkan tentang perjuangan beberapa anak muda dengan karakter utama Sa Hye Joon (Park Bo Gum) demi mewujudkan impian, cinta, dan cita-cita mereka. 

Berkarier dari bawah, Sa Hye Joon harus mencicipi pahitnya ditipu oleh agensi lama yang menaunginya, bekerja paruh waktu di sebuah kedai makanan cepat saji, hingga bertemu dengan perempuan pekerja keras bernama Ahn Joong Ha (Park So Dam) yang berprofesi sebagai penata rias. Berawal dari rasa suka seorang penggemar ke idola, akhirnya keduanya resmi berpacaran. 

Di tengah kemelut masalah yang mesti dihadapi Sa Hye Joon, Ahn Joo Ha mencari cara untuk menghibur Hye Joon dengan berkencan malam hari di taman kota. Hye Joon pun memainkan piano buat menghilangkan kegundahan hatinya. Terbawa suasana, ciuman romantis mereka pun terjadi. Duh! Jadi, baper.

8. Start-Up

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Twitter.com/iconickdramas

Drama yang baru saja usai ini menceritakan tentang perjuangan sekelompok anak muda yang ingin membangun perusahaan rintisan dengan masuk ke dalam sebuah kompetisi di Sand Box. Di balik gentirnya mendirikan perusahaan, terselip kisah asmara antara Seo Dal Mi (Suzy), Nam Do San (Nam Joo Hyuk), dan Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho). 

Meski diwarnai kesalahpahaman di masa lalu, kegigihan Nam Do San mempertahankan cinta ke Dal Mi berbuah manis. Ciuman paling epik dan romantis akhirnya terjadi di episode ke-7 saat Do San menghancurkan papan kaca milik ayah tiri Won In Jae, yang merupakan kakak kandung dari Dal Mi. Do san berlari ke atap kantor, dan disusul oleh Dal Mi. 

Saat Do San berjanji akan menghasilkan banyak uang untuknya, hati Dal Mi pun tersentuh. Dal Mi pun membalas janji itu dengan mendaratkan ciuman manis di bibir Do San dengan berlatarkan pemandangan senja yang indah.

9. Private Lives

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Twitter.com/pangyocontent

Drama yang mengambil tema tentang seorang penipu ulang yang diperankan oleh Go Kyung Pyo dan Seohyun 'SNSD' ini berusaha menyikap sebuah rahasia besar di antara para petinggi negara. Meski bergenre thriller, Private Lives juga menyuguhkan kisah romantis yang terjadi antara Lee Jung Hwan (Go Kyung Pyo) dan Cha Joo Eun (Seohyun) 

Menyamar sebagai seorang pegawai kantoran biasa, keduanya pun terlibat hubungan asmara. Baru episode awal, penonton sudah disuguhi dengan ciuman romantis yang terjadi ketika  Lee Jung Hwan (Go Kyung Pyo) dan Cha Joo Eun (Seohyun) pulang bersama. Adegan ciuman mereka terjadi begitu natural di bawah temaram lampu jalanan. Bahkan, penonton sampai dibuat gemas dan berdebar ketika melihat adegan ciuman tersebut. 

10. Itaewon Class

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Pinterest.com

Mempunyai alur cerita yang mirip dengan Start-Up, drama Itaewon Class yang juga berkisah tentang kegigihan seorang laki-laki bernama Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) untuk bisa sukses mengalahkan perusahaan Jangga, yang membuat dirinya mendekam di penjara dan sang ayah meninggal karena aksi tabrak lari dari anak pemilik perusahaan Jangga, yaitu Jang Geun Won.

Fokus dengan apa yang diraih, Park Sae Ro Yi sampai tidak pernah memikirkan kisah asmaranya sendiri, hingga seorang perempuan bernama Jo Yi Seo tertarik dengan Sae Ro Yi. Tapi, perasaan suka Yi Seo sempat ditolak karena Sae Ro Yi sendiri masih menaruh rasa dengan cinta pertamanya, Oh Soo Ah. 

Namun, kegigihan Yi Seo mendampingi Sae Ro Yi dari sebelum hingga sukses membuat hati laki-laki itu luluh. Di akhir episode dari Itaewon Class, Sae Ro Yi memberikan ciuman paling romantis untuk Yi Seo. Penonton sampai dibuat baper dengan ciuman tersebut, lho.

11.The King: Eternal Monarch

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Soompi.com

Drama bergenre komedi romantis-fantasi ini dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Go Eun sebagai bintang utamanya menyuguhkan kisah tentang seorang kaisar bernama Lee Gon (Lee Min Ho) yang menemukan sebuah pintu di hutan bambu. 

Pintu inilah yang membawa Lee Gon ke dunia paralel dan bertemu dengan seorang polisi perempuan bernama Jong Tae Eul (Kim Go Eun). Meski, mulanya Tae Eul membenci Lee Gon karena sikap anehnya, keduanya kemudian justru saling jatuh hati. 

Bahkan di pertengahan episode, The King: Eternal Monarch sudah memberikan adegan ciuman romantis pertama antara Lee Gon dengan Tae Eul. Ciuman paling romantis itu terjadi saat Tae Eul memasuki dunia kerajaan Corea. 

Masih syok berada di dunia asing, Tae Eul beristirahat di istana Lee Gon. Tiba-tiba saja, Lee Gon muncul dari jendela. Terlibat perbincangan manis, Lee Gon pun membuktikan cintanya dengan mencium lembut bibir Tae Eul. 

12. It's Okay Not to Be Okay

Sulit Dilupakan, 12 Ciuman KDrama Paling Romantis Sepanjang Tahun 2020Ibtimes.sg

Drama yang mengambil tema psikologis ini sukses membuat emosi penggemar tercampur aduk, dari tertawa, marah, sedih, hingga berakhir bahagia. Meski kental dengan kesehatan mentalnya, tapi alur cerita It's Okay Not to Be Okay juga tidak luput menghadirkan kisah romantis di dalamnya.

Kisah asmara antara Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan Ko Moon Young (Seo Ye Ji) tidak terjadi dengan cara yang mulus. Moon Gang Tae yang tidak punya waktu untuk berkencan mesti menghadapi Ko Moon Young terobsesi untuk memilikinya. Ditambah dengan sang kakak, Sang Tae yang memuja Ko Moon Young membuat jalinan asmara keduanya kian rumit. 

Meski dihadang berbagai masalah, Moon Gang Tae tidak bisa menyembunyikan rasa sukanya ke Ko Moon Young dan saat mereka liburan bersama di episode ke-9, ciuman mendadak dari Gang Tae menjadi salah satu ciuman terbaik dan romantis yang ada di drama tersebut. 

Bahkan, penonton menganggap adegan tersebut sebagai satu episode yang penuh kebahagiaan. Penonton sampai dibuat meleleh melihat aksi ciuman mereka yang manis di layar kaca. 

Itulah sederetan Kdrama dengan adegan ciuman paling romantis sepanjang tahun 2020. Di antara daftar di atas, ciuman mana yang paling berkesan, Bela?

Baca Juga: Dijuluki 'Sad Boy', Ini 11 Potret Ji Soo dan Pasangannya di KDrama

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, Ini 7 Pelajaran Cinta dari KDrama "18 Again"

Baca Juga: Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelar