Menikah adalah momen spesial dan paling mendebarkan bagi setiap orang. Mulai dari persiapan hingga hari H pernikahan, semuanya dilakukan dengan matang dan penuh perhitungan. Semua itu dilakukan supaya acara pernikahan bisa berjalan lancar serta meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi.

Beberapa orang ada yang memilih menggunakan jasa wedding organizer (WO) untuk mengatur pernikahannya. Namun, jika kamu nggak ingin melibatkan WO dan mengerjakan segala persiapan nikah bersama keluarga saja, tentu ini juga bukan masalah, Bela. Untuk itu, Popbela akan memberikan informasi tentang susunan acara pernikahan, mulai dari akad nikah hingga resepsi. 

Susunan acara akad nikah

Dari Akad Sampai Resepsi, Ini Dia Susunan Acara Pernikahan Instagram.com/dierabachir

Akad nikah merupakan kunci dari sebuah pernikahan. Bisa dibilang, akad nikah adalah upacara keagamaan untuk menyatukan kedua mempelai menjadi sepasang suami istri secara sah di hadapan Tuhan. Pada umumnya, akad nikah digelar dengan penuh sakral, bahkan seringkali menguras air mata. Inilah susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan saat akad nikah.

  1. Pembukaan. Acara akan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Pembukaan dilakukan dengan membaca ‘bismillah’ dan doa agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan penuh berkah.
  2. Pembacaan ayat suci Alquran. Setelah acara dibuka, maka acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat Alquran. Biasanya, keluarga mempelai akan mengundang orang yang memang ahli melantunkan ayat Alquran dengan alunan yang indah dan merdu.
  3. Khutbah nikah. Biasanya, khutbah nikah akan disampaikan langsung oleh petugas dari KUA atau penghulu. Khutbah nikah ini berfungsi sebagai pembekalan bagi kedua mempelai, sekaligus pengingat tentang pentingnya menjaga keutuhan dalam pernikahan.
  4. Ijab kabul. Inilah puncak dari semua persiapan pernikahan, yakni proses ijab kabul. Di sini orangtua atau wali dari mempelai perempuan akan menikahkan putrinya pada mempelai laki-laki. Prosesi sakral inilah yang akan menjadikan kedua mempelai sah sebagai suami istri.
  5. Doa nikah. Setelah ijab kabul diucapkan dengan lancar, maka penghulu akan memimpin doa akad nikah. Selain penghulu, kamu juga bisa mengundang pemuka agama secara khusus untuk membacakan doa akad nikah.
  6. Penandatanganan buku nikah. Setelah dinyatakan sah sebagai suami istri di mata agama, maka kedua mempelai diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan, salah satunya ialah buku nikah. Dengan begini keduanya dinyatakan sah menikah di mata hukum.
  7. Serah terima mahar. Usai membaca doa nikah, kini waktunya mempelai laki-laki menyerahkan mahar atau mas kawin pada mempelai perempuan. Biasanya, mahar berupa nominal uang atau seperangkat alat salat. Mahar ini akan diserahkan secara simbolis.
  8. Tukar cincin. Setelah mahar diberikan, kedua mempelai akan saling memasangkan cincin kawin di jari manis pasangannya. Momen ini biasanya akan diabadikan dalam foto. 
  9. Nasihat pernikahan. Kedua mempelai selanjutnya akan diberikan nasihat soal hak dan kewajiban seorang suami atau istri. Di sini, kedua mempelai akan mengetahui apa saja yang boleh dan nggak boleh dilakukan sebagai pasangan suami istri. 
  10. Penutup. Acara penutup biasanya dilakukan dengan pembacaan doa oleh penghulu atau pemuka agama yang hadir dalam prosesi akad nikah ini.  

Susunan acara resepsi pernikahan

Dari Akad Sampai Resepsi, Ini Dia Susunan Acara Pernikahan Instagram.com/dierabachir

Setelah prosesi akad nikah selesai dilangsungkan, maka kedua pengantin akan bersiap-siap untuk menggelar resepsi. Beberapa orang ada melangsungkan resepsi di hari yang sama dengan akad nikah, tapi ada juga yang memilih menggelar resepsi di hari lain. Tapi pada umumnya, resepsi nikah akan digelar 2-3 jam setelah akad nikah. Inilah susunan acara pernikahan yang umumnya dilakukan saat resepsi.

  1. Pembukaan. Acara akan dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Ia juga akan memberikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena akad nikah sebelumnya berlangsung lancar.
  2. Penyambutan kedua mempelai. Selanjutnya, kedua pengantin akan dipersilahkan memasuki lokasi acara dan duduk di pelaminan bersebelahan dengan kedua orangtua mereka.
  3. Ucapan selamat pada mempelai. Dalam momen ini, para tamu undangan yang hadir akan dipersilahkan untuk memberi ucapan selamat dan menyalami kedua mempelai di atas pelaminan.
  4. Tamu dipersilahkan menikmati hidangan. Usai menyalami kedua mempelai, para tamu undangan akan diarahkan untuk menikmati hidangan yang disediakan. Sambil menikmati makanan, tamu akan dihibur dengan alunan musik.
  5. Special performance. Untuk membuat kejutan pada para tamu undangan, beberapa pengantin akan membuat special performance di resepsi pernikahannya. Misalnya, bernyanyi atau menari.
  6. Foto bersama. Satu hal yang nggak boleh dilupakan saat resepsi pernikahan ialah foto bersama. Sebelum pulang, biasanya para tamu undangan yang hadir akan menyempatkan diri untuk foto bersama kedua mempelai.
  7. Penutupan. Setelah semua acara selesai dilangsungkan, sang pembawa acara akan menutup resepsi pernikahan ini. Tak lupa, ia akan mengucapkan selamat pada kedua pengantin dan rasa terima kasih pada para tamu yang sudah hadir.

Itu dia susunan acara pernikahan yang bisa jadi referensi dalam mengatur hari bahagiamu. Semoga segala persiapanmu sampai hari H berjalan lancar ya, Bela. 

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 9 Susunan Acara Lamaran Pernikahan