Menjalani biduk rumah tangga memang bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika kamu dan pasangan memiliki karakter yang jauh berbeda, bukan tak mungkin timbul perdebatan dalam hubungan pernikahan. Salah satunya saat menghadapi pasangan yang keras hati dan keras kepala.

Menghadapi seseorang yang berwatak keras memang tak mudah, terlebih lagi jika dia adalah pasanganmu sendiri. Selain harus pintar berkomunikasi dan merespons, mendoakan pasangan juga bisa menjadi salah satu cara untuk meluluhkan hatinya. Nah, berikut ini Popbela telah menyiapkan bacaan doa meluluhkan hati suami yang dapat kamu praktikkan.

1. Doa meluluhkan hati suami

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hariFreepik.com/Freepik

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii ... (sebut nama orang dimaksud) kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin"

Artinya:

"Ya Allah, sungguh Engkau Maha Mulia Maha Besar. Sedangkan aku hamba-Mu yang sangat hina dina. Tiada upaya dan kekuatan keculi karena Engkau. Ya Allah, tundukkanlah... (sebut nama orang yang dimaksud) padaku, sebagaimana Engkau telah menundukkan Fir'aun pada Musa AS. Dan luluhkan hatinya untukku, sebagaimana Engkau telah meluluhkan besi untuk Daud AS. Karena sungguh dia takkan berbicara kecuali dengan izin-Mu. Ubun-ubunnya dalam genggaman-Mu, dan hatinya di tangan-Mu. Pujian wajah-Mu telah Agung, wahai yang lebih sayang para penyayang."

2. Doa melembutkan hati yang keras

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hariFreepik.com/Mkitina4

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

“Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid”

Artinya:

“Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (akan) besi.”

3. Dzikir untuk melembutkan hati suami

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hariFreepik.com/Freepik

Dalam ajaran Islam, terdapat doa dan dzikir khusus yang dapat dipanjatkan untuk melembutkan hati suami. Bacalah dzikir ini sebanyak mungkin dengan niat yang tulus serta penuh harap kepada Allah SWT. Setelah membacanya berkali-kali, hembuskan dzikir tersebut ke telapak tangan dan letakkan ke atas dada suami saat sedang tidur.

1. Ya Jabbar 
2. Ya Azis 
3. Ya Mutakabbir 

4. Doa pembuka hati agar kehidupan berjalan lancar

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hariFreepik.com/Rawpixel.com

 رَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِ ى, وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِ ى, وَا حْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَا نِى, يَفْقَهُوا قَوْلِى

"Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani, yafqohu qoulii."

Artinya:

"Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS. Thoha: 25-28)

5. Memanjatkan doa dengan bahasa sendiri

Kumpulan Doa Meluluhkan Hati Suami, Dapat Diamalkan Sehari-hariFreepik.com/Freepik

Pada dasarnya, setiap umat Muslim dapat memanjatkan doa dalam bahasa dan redaksi yang dibuat sendiri. Namun, kamu perlu memperhatikan adab dalam berdoa agar dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Simak inilah adab dalam berdoa. 

  1. Yakin bahwa doa tersebut akan dikabulkan. Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Berdoalah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai." (HR. Tirmidzi)
  2. Memohon ampun dan mengucapkan istighfar. Seperti, "Laa illaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin". Artinya: Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang yang berbuat aniaya.
  3. Memuji Allah dengan nama-nama yang indah. Misalnya dengan membaca beberapa Asmaul Husna.
  4. Membaca sholawat nabi. Kemudian barulah bermunajat dengan doa yang kita kehendaki dan ditutup kembali dengan sholawat.

Itulah kumpulan bacaan doa meluluhkan hati suami yang keras. Mintalah dengan penuh harap kepada Allah SWT karena hanya Dia-lah Sang Pembolak-balik Hati.

Baca Juga: 5 Doa untuk Pengantin yang Menikah Secara Islam

Baca Juga: Lantunkan Doa Ini Agar Mudah Melunasi Utangmu!

Baca Juga: Ingin Kekayaan, Ini Kumpulan Doa Meminta Harta Berlimpah