Setiap pasangan yang telah berumah tangga tentu menginginkan kehadiran buah hati di tengah keluarga kecil mereka. Para calon orangtua juga pasti ingin memiliki anak yang saleh dan salehah, bukan? Hal tersebut dapat diwujudkan jika orangtua berusaha membentuk karakter anaknya sejak dini, bahkan saat masih dalam kandungan.

Selain menjaga asupan makanan dan gaya hidup yang sehat, sang calon ibu juga dianjurkan untuk banyak membaca doa di masa kehamilannya. Dalam Islam, perempuan yang sedang hamil dianjurkan untuk banyak beribadah dan berdoa agar janin yang dikandungnya bisa menjadi anak yang saleh atau salehah sesuai dambaan orangtua.

Memang tak ada zikir atau doa khusus yang diperuntukkan kepada ibu hamil. Namun, ada beberapa doa yang telah dicontohkan dalam Alquran dan hadits untuk meminta anak yang saleh. Berikut ini Popbela sudah menyiapkan 5 doa ibu hamil yang berasal dari para Nabi alaihimush sholaatu was salaam.

1. Surat As-Saffat ayat 100

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Robbi hab lii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh."

5 Doa Ibu Hamil agar Mendapatkan Anak yang SalehUnsplash.com/Anastasiia Chepinska

2. Surat Ali Imran ayat 38

 رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَآءِ

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa`

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

3. Al-Ahqaf ayat 15

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وٰلِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صٰلِحًا تَرْضٰىهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَّتِىٓ ۖ إِنِّى تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّى مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Robbi auzi'niii an asykuro ni'matakallatiii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shoolihang tardhoohu wa ashlih lii fii zurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal-muslimiin

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orangtuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim."

5 Doa Ibu Hamil agar Mendapatkan Anak yang SalehUnsplash.com/Josh Bean

4. Al-Furqan ayat 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوٰجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَا جْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَا مًا

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyaatinaa qurrota a'yuniw waj'alnaa lil-muttaqiina imaamaa

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."

5. HR. Bukhari no. 6334 dan Muslim no. 2480

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii

Artinya: "Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri."

Amalan agar mendapatkan anak yang saleh

5 Doa Ibu Hamil agar Mendapatkan Anak yang SalehUnsplash.com/Nadine Shaabana

Selain memanjatkan doa ibu hamil, ada beberapa amalan yang perlu dilakukan agar janin yang dikandungnya menjadi anak yang saleh atau salehah. Doa baik dari orangtua merupakan doa yang mustajab, jadi sebaiknya manfaatkan masa-masa kehamilan ini dengan lebih banyak berdoa dan melakukan amal saleh. Apa sajakah itu?

  • Perbanyak membaca Alquran. Berdasarkan penelitian medis, janin dinyatakan bisa merespons suara luar. Maka dari itu, para ibu hamil disarankan untuk lebih sering memperdengarkan kalam Allah untuk janinnya. Misal, dengan membaca Alquran dengan suara khusyuk, sehingga diharapkan sang janin sudah bisa mengenali suara orangtuanya dan terbiasa mendengarkan firman Allah.
  • Jangan terlalu sering keluar rumah. Salah satu perintah Allah dalam Alquran bagi perempuan adalah agar betah tinggal di rumahnya dan tidak terlalu sering bepergian kalau kurang penting. Kondisi di luar rumah terkadang tidak baik bagi ibu hamil, seperti naik kendaraan yang menyebabkan guncangan dan kelelahan. Sebaiknya, ibu hamil tetap berada di rumah dan konsentrasi menjaga kehamilannya.
  • Banyak berdoa di masa kehamilan. Salah satu doa yang mustajab adalah doa yang dilakukan ketika dalam kondisi kepayahan. Perempuan hamil yang kerap merasakan kepayahan, seperti susah bergerak, sering merasakan sakit, atau mood yang tidak stabil, membuat doa ibu hamil tentu akan semakin mustajab. Karena itu, jadikan kesempatan ini untuk banyak memohon kebaikan kepada Allah, termasuk untuk bayi yang dikandungnya.

Nah, itulah amalan dan doa ibu hamil agar dapat memiliki anak yang saleh atau salehah. Semoga segala usaha yang telah dilakukan dapat membuahkan hasil terbaik. Kuncinya, perbanyak berdoa dan beribadah kepada Allah.

Baca Juga: Cara Aman Berhubungan Seks Saat Hamil

Baca Juga: Dipercaya Mencegah Kehamilan, 5 Mitos Seks Ini Ternyata Salah!

Baca Juga: Berapa Lama Setelah Berhubungan Seks Terjadi Kehamilan?