Berpuasa sejatinya bukan hanya menahan lapar dan dahaga saja, tapi juga melatih umat Muslim untuk dapat sabar dalam segala hal. Sayangnya dalam beberapa kondisi, mungkin ada sesuatu hal yang membuat kita marah, misalnya saat bertengkar dengan pasangan.

Meski tak membatalkan puasa, tapi marah dan bertengkar dengan pasangan bisa menodai ibadah puasamu, Bela. Apalagi, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengajarkan agar ketika berpuasa, seorang Muslim harus menjadi orang yang sabar dan menghindari pertengkaran.

Lantas, bagaimana cara menahan emosi pada pasangan saat puasa? Psst... berikut Popbela akan memberikan jawabannya dalam artikel ini!

1. Membaca ta'awudz

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/Lemonsoup14

Ketika sedang marah, kita perlu meminta perlindungan pada Allah dari godaan setan. Kenapa? Karena datangnya amarah bisa dari setan. Rasulullah sallallahu 'allaihi wasallam mengajarkan kita untuk membaca ta’awudz saat sedang marah. Seperti dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu yang berbunyi:

إِذَا غَضِبَ الرَّجُلُ فَقَالَ أَعُوْذُ بِاللهِ ، سَكَنَ غَضْبُهُ

“Jika seseorang dalam keadaan marah, lantas ia ucapkan, ‘A’udzu billah (Aku meminta perlindungan kepada Allah)’, maka redamlah marahnya.” (HR. As-Sahmi)

2. Diam

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/Odua

Saat marah, kamu cenderung sulit mengontrol emosi. Bahkan, terkadang seseorang bisa mengeluarkan kata kasar, umpatan, bahkan bisa sampai keluar kalimat cerai ketika dalam kondisi kesal. Hal ini bisa merusak hubungan antara kamu dengan pasangan. Maka dari itu, diam adalah cara terbaik saat sedang dilanda marah. Seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad:

وَ إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

“Jika salah seorang di antara kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad)

3. Mengambil air wudhu

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/od

Ada baiknya kamu menghindar dari pasanganmu jika sudah mulai terpancing emosi. Misalnya pergi ke kamar dan berbaring sejenak. Selain itu, kamu juga bisa mengambil air wudhu agar pikiran menjadi lebih tenang. Hal ini juga telah diajarkan oleh Rasulullah, seperti dalam hadis berikut ini.

إِنَّ الْغَضَبَ مِنْ الشَّيْطَانِ وَإِنَّ الشَّيْطَانَ خُلِقَ مِنْ النَّارِ وَإِنَّمَا تُطْفَأُ النَّارُ بِالْمَاءِ فَإِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَتَوَضَّأْ

“Sesungguhnya amarah itu dari setan dan setan diciptakan dari api. Api akan padam dengan air. Apabila salah seorang dari kalian marah, hendaknya berwudhu.” (HR. Abu Daud)

4. Perbanyak berzikir

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/Mkitina4

Dalam Alquran surat Ar-Ra’d ayat 28, Allah berfirman:

الَّذِينَ ءَامَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ   ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram." (QS. Ar-Ra’d: 28)

Hal ini menunjukkan bahwa mengingat Allah dengan berzikir merupakan salah satu cara ampuh untuk tetap tenang dan menghilangkan emosi yang sedang mengganggu hati.

5. Tarik napas panjang dan dalam

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/Eakkachaihalang

Menarik napas panjang dan dalam juga bisa menjadi cara menahan emosi pada pasangan saat puasa. Caranya, tarik napas panjang melalui hidung kemudian tahan selama 5 sampai 10 detik, lalu keluarkan secara perlahan. Hal ini bisa membuat sistem pernapasan dapat bekerja dengan baik dan teratur, sehingga dapat memberikan rasa nyaman serta membantu tubuh dan pikiranmu menjadi lebih tenang.

6. Ingat pesan Rasul tentang baiknya menahan marah

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat Puasa

Sebelum meluapkan emosi kepada pasangan, sebaiknya kamu mengingat hadis Rasulullah tentang keutamaan orang yang dapat menahan marah. Dalam hadis riwayat Thabrani, Rasulullah bersabda bahwa seseorang yang mampu menahan marahnya mendapat jaminan surga di akhirat kelak.

Dari Abu Ad-Darda’ radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Wahai Rasulullah tunjukkanlah kepadaku suatu amalan yang dapat memasukkan dalam surga.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata:

لاَ تَغْضَبْ وَلَكَ الْجَنَّةُ

“Jangan engkau marah, maka bagimu surga.” (HR. Thabrani)

7. Bicarakan perlahan dengan pasangan

7 Cara Menahan Emosi pada Pasangan Saat PuasaFreepik.com/Freepik

Ketika kamu dan pasangan sedang marah, cobalah untuk sama-sama berpikir sejenak dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Cari kesempatan lain untuk membicarakan masalah ini secara perlahan dan baik-baik.

Tak perlu memaksakan diri untuk menyelesaikannya saat ini juga. Tunggu sampai emosi kalian berdua sudah mulai mereda dan benar-benar tenang sebelum membicarakannya dengan baik. Cobalah turunkan sedikit ego dan jangan ragu untuk meminta maaf duluan ya, Bela.

Itulah 7 cara menahan emosi pada pasangan saat puasa. Jangan sampai emosi dan amarah yang meluap dapat mengurangi pahala puasamu, Bela.

Baca Juga: Always Happy! Ini 5 Tips Redam Emosi Saat Menstruasi

Baca Juga: Dapatkah Marah dan Bertengkar Batalkan Puasa? Ini Jawabannya! 

Baca Juga: Jangan Bingung! Ini 10 Cara Menghadapi Suami yang Sedang Marah