Setiap pasangan suami istri tentu menginginkan rumah tangganya berjalan harmonis dan langgeng selalu. Dalam Islam sendiri, pernikahan merupakan ibadah terpanjang yang seharusnya dijaga seumur hidup. Namun pada kenyataannya, menjaga keutuhan rumah tangga bukanlah hal yang mudah.

Sebagai umat Muslim, Allah telah memberikan petunjuk bagaimana caranya menjaga keharmonisan rumah tangga melalui ayat-ayat dalam Alquran. Berikut ini Popbela telah merangkum ayat Alquran tentang keharmonisan rumah tangga. Simak selengkapnya, ya!

1. Surat Al Baqarah ayat 187

Ayat Alquran Tentang Keharmonisan Rumah Tangga, Yuk Amalkan!Pexels.com/Vlada Karpovich

هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ

...Hunna libasul lakum wa antum libasul lahunn...

Artinya:

"...Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka..." (QS. Al Baqarah: 187)

Ayat dalam Alquran ini menjelaskan tentang hubungan suami istri yang tak dapat dipisahkan dalam kasih sayang, saling menghangatkan, dan dapat menguatkan dalam kondisi apa pun. Baik suami maupun istri diwajibkan untuk menjaga aib satu sama lain karena mereka sudah seperti pakaian bagi pasangannya.

2. Surat Ar-Rum ayat 21

Ayat Alquran Tentang Keharmonisan Rumah Tangga, Yuk Amalkan!Pexels.com/Meruyert Gonullu


وَمِنْ ءَايٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً   ۚ إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَءَايٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min aayaatihiii an kholaqo lakum min angfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja'ala bainakum mawaddataw wa rohmah, inna fii zaalika la-aayaatil liqoumiy yatafakkaruun.

Artinya:

"Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum: 21)

Ayat dalam Alquran ini menjelaskan salah satu tanda kebesaran Allah Ta'ala ialah menciptakan laki-laki dan perempuan berpasangan serta memiliki rasa cinta antara satu sama lain agar tenteram dalam pernikahan.

3. Surat Al-Furqan ayat 74

Ayat Alquran Tentang Keharmonisan Rumah Tangga, Yuk Amalkan!Pexels.com/August de Richelieu


وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوٰجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallaziina yaquuluuna robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyaatinaa qurrota a'yuniw waj'alnaa lil-muttaqiina imaamaa.

Artinya:

"Dan orang-orang yang berkata, Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan: 74)

Ayat ini dapat menjadi renungan sekaligus doa untuk para suami dan istri agar diberikan kehidupan rumah tangga yang membahagiakan dan penuh cinta dalam ketakwaan kepada Allah. 

4. Surat Ali Imran ayat 159

Ayat Alquran Tentang Keharmonisan Rumah Tangga, Yuk Amalkan!Pexels.com/

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ   ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ   ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْأَمْرِ   ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ   ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

Fa bimaa rohmatim minallohi lingta lahum, walau kungta fazhzhon gholiizhol-qolbi langfadhdhuu min haulika fa'fu 'an-hum wastaghfir lahum wa syaawir-hum fil-amr, fa izaa 'azamta fa tawakkal 'alalloh, innalloha yuhibbul-mutawakkiliin.

Artinya:

"Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampun untuk mereka, dan bermusyawaralah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal." (QS. Ali Imran: 159)

Ayat dalam Alquran ini berbicara soal kedudukan suami dan istri dalam hubungan rumah tangga. Ayat ini juga mengajarkan kepada suami untuk berlaku lemah lembut dan berbuat baik kepada istrinya.

5. Surat Ali Imran ayat 195

Ayat Alquran Tentang Keharmonisan Rumah Tangga, Yuk Amalkan!Pexels.com/August de Richelieu

اَنِّيْ لَآ اُضِيْعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنْكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍ  

"...annii laaa udhii'u 'amala 'aamilim mingkum ming zakarin au ungsaa, ba'dhukum mim ba'dh..."

Artinya:

“… Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain…” (QS Ali Imran: 195).  

Ayat Alquran ini menjelaskan bahwa ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah, maka keduanya memiliki kesetaraan sebagai dua insan yang bersatu dalam biduk rumah tangga. Laki-laki dan perempuan adalah setara di hadapan Allah. Masing-masing adalah belahan jiwa bagi pasangannya. 

Itulah kumpulan ayat Alquran tentang keharmonisan rumah tangga. Semoga kita bisa selalu menjaga keutuhan rumah tangga dalam ketaatan kepada Allah Ta'ala, ya!

Baca Juga: 6 Ayat Alquran yang Bicara Tentang Jodoh, Yuk Amalkan!

Baca Juga: 6 Dalil Alquran tentang Hari Kiamat yang Perlu Kita Tahu dan Pahami

Baca Juga: Lengkap dengan Arti, Ini 7 Ayat Alquran tentang Pernikahan