Arti Talak dan Jenisnya

Nggak boleh main-main, lho!

Arti Talak dan Jenisnya

Menjalani rumah tangga yang awet dan selalu harmonis memang bukanlah perkara yang mudah. Pasti akan selalu ada masalah yang menjadi kerikil-kerikil dalam rumah tangga. Sebagian pasangan ada yang berhasil melewati masalah tersebut bersama, namun ada juga yang nggak bisa bertahan dan akhirnya memutuskan mengakhiri pernikahannya dengan perceraian.

Dalam Islam, perceraian dikenal dengan istilah talak. Sebenarnya, talak merupakan hak suami yang artinya istri nggak bisa melepaskan diri dari ikatan pernikahan kalau nggak dijatuhkan talak oleh suami. Nah, supaya nggak salah pengertian, Popbela akan mengulas tentang arti talak dan jenisnya dalam hukum islam berikut ini.

Arti talak

Arti Talak dan Jenisnya

Secara bahasa, talak berarti melepaskan ikatan. Dengan kata lain, talak adalah memutuskan hubungan antara suami istri dari ikatan pernikahan yang sah menurut syariat agama. Meski demikian, Islam juga memperbolehkan adanya rujuk setelah suami menjatuhkan talak pada istrinya, tapi tetap dengan beberapa catatan.

Sebenarnya, talak merupakan hak suami, artinya istri nggak bisa melepaskan diri dari ikatan pernikahan kalau nggak dijatuhkan talak oleh suami. Meski begitu, suami juga nggak dibenarkan menggunakan haknya tersebut dengan semena-mena dan gegabah dalam memutuskan talak, apalagi jika hanya menuruti hawa nafsunya saja. Ucapan talak juga nggak bisa dianggap main-main. Ketika suami mengucapkan talak secara mutlak, meski kondisinya sedang bercanda sekalipun, maka talak itu tetap jatuh pada sang istri.  

Jenis talak

Setelah mengetahui arti talak, kini Popbela akan membahas tentang jenis-jenis talak. Seperti diketahui, talak terdiri dari berbagai jenis, yakni berdasarkan ucapannya dan dilihat dari pelakunya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here