Bisa dikatakan, kehilangan orangtua merupakan peristiwa dalam hidup yang paling menyedihkan. Tak seorang pun yang siap menghadapi hal ini, sekalipun itu hanya terjadi dalam mimpi. Mimpi orangtua meninggal bisa membuat seseorang terbangun dengan nangis sesenggukan, perasaan takut, dan gelisah.

Mimpi sebenarnya hanyalah bunga tidur, tetapi bisa membuat seseorang kepikiran hingga berhari-hari, apalagi yang kita mimpikan itu adalah mimpi buruk. Lalu, apa si arti sebenarnya dari mimpi orang tua meninggal? Apakah benar berarti pertanda buruk? Melansir dari berbagi sumber, inilah 9 arti mimpi orangtua meninggal menurut agama Islam, Kristen dan Primbon Jawa.

1. Menurut agama Islam

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Pertama, kita lihat dari segi ajaran agamanya. Menurut ajaran agama Islam, mimpi dibagi menjadi 3 yakni mimpi yang berasal dari Allah, Setan, dan pikiran sendiri. Untuk mimpi orangtua meninggal, itu masuk dalam mimpi yang berasal dari setan karena merupakan mimpi buruk di mana setan telah mempermainkan kita saat tidur. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits, yaitu Hadits Jabir Radhiallahu’anhu.

Setelah mendapat mimpi tersebut, sebaiknya kamu segera salat dan berdoa kepada Allah untuk meminta perlindungan dan agar hati kamu ditenangkan.

2. Menurut agama Kristen

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Jika menurut agama Kristen, sebuah mimpi tidak bisa diartikan secara arafiah. Hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki karunia untuk menafsirkan arti mimpi. Namun, jika mimpi tersebut membuat kamu menjadi hilang iman dan khawatir berlebihan, itulah yang harus diwaspadai karena bisa jadi itu datang dari iblis yang ingin mengintimidasi kamu. Solusinya, datanglah kepada Tuhan dan kembali kepada Firman-Nya agar hati tetap dipenuhi dengan rasa damai sejahtera.

3. Primbon Jawa

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Kalau berdasarkan primbon Jawa atau kitab warisan leluhur kepercayaan orang Jawa, maka kamu tidak perlu takut dengan mimpi orangtua meninggal. Lantaran, dipercaya bahwa mimpi tersebut justru berarti pertanda baik. Menurut tafsir, kamu akan memperoleh suatu kebaikan dan keberkahan dalam waktu dekat. Selain itu, ada pula yang mengartikan bahwa mimpi orangtua meninggal justru kebalikannya, orangtua kamu akan panjang umur. Jadi, jangan terlalu dipikirkan mimpi yang kamu alami, ya.

4. Psikologi

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Lain hal dengan ilmu psikologi. Tidak ada pertanda baik atau buruk dari mimpi orangtua meninggal dalam ilmu psikologi. Ilmu piskologi hanya menyakini bahwa mimpi kematian tersebut adalah salah satu bentuk efek yang timbul akibat adanya perasaan bersalah kepada orangtua. Jika kamu mengalami mimpi tersebut, inilah kesempatanmu untuk mengintrospeksi diri, mengingat kembali kejadian masalah lalu yang berkaitan dengan orangtua. Bila orangtuamu masih hidup, segera minta maaflah kepada mereka. 

5. Perasaan rindu

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Menurut tafsir lain, jika kamu bermimpi orangtua meninggal, padahal sebenarnya mereka masih hidup, maka itu bisa diartikan bahwa kamu sedang sangat merindukan mereka. Kamu nggak bisa berhenti memikirkan mereka. Kamu begitu rindu hingga berujung terbawa mimpi. Ini sering terjadi di antara kamu yang hidup merantau atau jauh dari orang tua. Biar lega, kamu bisa, lho, langsung video call dengan mereka untuk melepas rindumu.

6. Takut ditinggalkan

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Kamu menyadari bahwa pada akhirnya semua orang akan dipanggil sang Khalik, termasuk orangtuamu. Perasaan itulah yang membuat kamu takut ditinggalkan. Bisa jadi, itu menjadi ketakutan terbesarmu dan membuat kamu cemas. Nah, interprestasi lain mengatakan bahwa dampak dari ketakutan itulah yang membuat seseorang bermimpi orangtuanya meninggal dunia. Takut boleh, tapi kamu harus bisa mengontrolnya agar jangan menjadi berlebihan.

7. Adanya perasaan menyesal

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Mimpi orangtua meninggal juga bisa berarti mengungkapkan perasaan menyesal yang kamu alami terhadap orang tua. Orangtua adalah orang terdekat dengan kita, bukan? Ketika kamu melakukan kesalahan besar, otomatis kamu merasa bersalah pula kepada orangtua karena telah mengecewakan mereka. Rasa menyesal dan bersalah ini menghantuimu hingga secara tak sadar membuat kamu bermimpi buruk tersebut.

8. Bentuk dari kecemasan

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Tak perlu ditakuti, mimpi orangtua meninggal bukan serta merta diartikan bahwa kamu akan kehilangan mereka. Coba ingat-ingat, apakah sebelum mimpi tersebut, kamu sedang mengalami masa-masa sulit hingga membuat dirimu cemas? Jika ya, maka itu adalah penyebab kamu mimpi buruk tersebut. Atasi masalahmu, maka kamu akan terbebas dari mimpi menakutkan tersebut.

9. Bentuk dari persiapan diri

Tak Selalu Pertanda Buruk, Ini 9 Arti Mimpi Orangtua Meninggal

Terakhir, mimpi tentang kematian orangtua bisa juga diartikan sebagai respons dari alam bawah sadar kamu dalam mempersiapkan diri ketika momen menyakitkan tersebut tiba. Sebelumnya, bisa jadi kamu sudah kepikiran akan adanya kematian sehingga terbawalah hingga ke alam mimpi. Respons yang bisa kamu lakukan adalah melakukan perbaikan diri demi menjadi anak yang membanggakan orang tuanya.

Sudah tahu, kan, arti mimpi orang tua meninggal menurut agama dan primbon Jawa. Tak selalu pertanda buruk, jadi jangan panik lagi kalau bermimpi buruk tersebut, ya. 

Baca Juga: Ini 7 Arti Mimpi Melahirkan Anak Perempuan

Baca Juga: 7 Arti Mimpi Jadi Pengantin, Benarkah Pertanda Buruk?

Baca Juga: Mimpi Bertemu Mantan Pacar, Ternyata Ini 7 Maknanya!