35 Ayat Alkitab yang Membahas tentang Perceraian

Tuhan tidak menghendaki perceraian.

35 Ayat Alkitab yang Membahas tentang Perceraian

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pernikahan adalah suatu momen sakral yang menyatukan dua insan. Matius 19:6 mengatakan: “Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” Artinya, Tuhan akan sangat memberkati pernikahan dan tidak menyukai perceraian.

Meskipun dalam ajaran Kristen Tuhan tidak menghendaki perceraian, terkadang pasangan yang menemukan jalan buntu saat menghadapi masalah rumah tangga menganggap perceraian sebagai solusi. Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa berpisah adalah jalan yang terbaik ketimbang memperbaiki rumah tangga.

Sebelum mengambil keputusan untuk masa depan rumah tangga, sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Sejumlah kumpulan ayat Alkitab yang membahas tentang perceraian ini mungkin bisa kamu jadikan renungan sebelum kamu mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah rumah tangga.

1. Ayat Alkitab yang Membahas Perceraian

Alkitab bisa menjadi pedoman untuk merenungkan sesuatu, termasuk perceraian. Di Alkitab, ada beberapa ayat yang memang membahas tentang perceraian. Dari sejumlah ayat tersebut nampak bahwa Alkitab menuntun kita untuk sebisa mungkin menghindari perceraian.

Yesaya 50:1

Beginilah firman Tuhan: ”Di manakah gerangan surat cerai ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.”

Yeremia 3:8

Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya. Aku telah menceraikan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat cerai; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

Roma 7:3

Jadi selama suaminya hidup ia dianggap berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain; tetapi jika suaminya telah mati, ia bebas dari hukum, sehingga ia bukanlah berzinah, kalau ia menjadi istri laki-laki lain.

Markus 10:11-12

Lalu kata-Nya kepada mereka: ”Barangsiapa menceraikan istrinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu. Dan jika si istri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.”

1 Korintus 7:11

Dan jikalau ia bercerai, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan istrinya.

Efesus 5:28

Demikian juga suami harus mengasihi istrinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

1 Korintus 7:13

Dan kalau ada seorang istri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.

Matius 5:31-32

Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan istrinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan istrinya kecuali karena zinah, ia menjadikan istrinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Yeremia 3:1

Firman-Nya: ”Jika seseorang menceraikan istrinya, lalu perempuan itu pergi dari padanya dan menjadi isteri orang lain, akan kembalikah laki-laki yang pertama kepada perempuan itu? Bukankah negeri itu sudah tetap cemar? Engkau telah berzinah dengan banyak kekasih, dan mau kembali kepada-Ku? Demikianlah firman Tuhan.

1 Korintus 7:39

Isteri terikat selama suaminya hidup. Kalau suaminya telah meninggal, ia bebas untuk kawin dengan siapa saja yang dikehendakinya, asal orang itu adalah seorang yang percaya.

2. Ayat Alkitab tentang Tuhan Tidak Menyukai Perceraian

Perceraian bukan solusi yang dikehendaki oleh Tuhan. Melalui Alkitab Tuhan berbicara banyak mengenai perceraian, termasuk Tuhan yang tidak menghendaki adanya perceraian. Berikut ini ada sejumlah firman Tuhan yang berbicara tentang larangan atau ketidaksukaan Tuhan terhadap perceraian.

Maleakhi 2:16

Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel–juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Markus 10:11-12

Lalu kata-Nya kepada mereka: “Barangsiapa menceraikan isterinya lalu kawin dengan perempuan lain, ia hidup dalam perzinahan terhadap isterinya itu. Dan jika si isteri menceraikan suaminya dan kawin dengan laki-laki lain, ia berbuat zinah.”

Matius 19:6

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Matius 19:7-9

Kata mereka kepada-Nya: “Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?” Kata Yesus kepada mereka: “Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian. Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.”

Ibrani 13:4

Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Markus 10:9

Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Ulangan 24:4

Maka suaminya yang pertama, yang telah menyuruh dia pergi itu, tidak boleh mengambil dia kembali menjadi isterinya, setelah perempuan itu dicemari; sebab hal itu adalah kekejian di hadapan Tuhan. Janganlah engkau mendatangkan dosa atas negeri yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu.

Efesus 5:3-4

Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

1 Korintus 7:27

Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan perceraian! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang!

1 Korintus 7:12

Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here