Alkitab merupakan pedoman hidup bagi umat Kristiani. Setiap ayat yang terdapat di dalam alkitab akan memberikan tuntunan bagi umat Kristiani untuk menjadi lebih baik. Bahkan, bukan sekadar tuntunan saja, Alkitab juga bisa memberi kekuatan atau pengharapan ketika kita sedang 'bertarung' menghadapi masalah hidup.

Sejumlah ayat yang terdapat dalam alkitab juga memberikan pedoman untuk membuat keluarga jadi saling  mengasihi dan diberkati. Apa sajakah itu? Yuk, simak kumpulan ayat Alkitab tentang keluarga ini untuk direnungkan bersama.

1. Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Menjaga Satu Sama Lain

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Diberkatinovocom.top

Sebagai umat Kristiani, kita diminta untuk saling mengasihi satu sama lain, dengan siapa pun itu. Jika dengan orang lain saja kita dianjurkan untuk saling mengasihi, terlebih juga terhadap keluarga sendiri. Tak hanya sekadar mengasihi, sudah sepantasnya kita saling menjaga satu sama lain antar anggota keluarga.

Berikut ini adalah ayat alkitab yang memberi petunjuk untuk saling mengasihi dan menjaga dalam keluarga:

1 Petrus 3:8

Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati.

1 Yohanes 2:10

Barangsiapa mengasihi saudaranya, ia tetap berada di dalam terang, dan di dalam dia tidak ada penyesatan.

Filipi 2:1-2

Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan.

1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Roma 12:10

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

2. Saling Mengampuni di dalam Keluarga

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Diberkatiguideposts.org

Manusia memang tak pernah luput dari kesalahan. Tak dapat dipungkiri jika ada satu waktu kita menyakiti hati orang tua, pasangan, anak, atau saudara kita. Jika hati merasa sulit mengampuni, cobalah membaca ayat alkitab ini untuk melunakkan hatimu:

Roma 14:10

Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Allah.

Kolose 3:13

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

1 Yohanes 4:20

Jikalau seorang berkata: ”Aku mengasihi Allah,” dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Efesus 5:21

Dan rendahkanlah dirimu seorang kepada yang lain di dalam takut akan Kristus.

Imamat 19:17

Janganlah engkau membenci saudaramu di dalam hatimu, tetapi engkau harus berterus terang menegor orang sesamamu dan janganlah engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia.

3. Kasih dan Kesetiaan dengan Pasangan

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Diberkatipexels.com

Pasangan yang telah mengucap janji suci di hadapan Kristus hendaknya memang saling mengasihi tanpa syarat. Kasih adalah dasar untuk membangun rumah tangga. Ketika ada kasih di antara sepasang suami istri, maka kesetiaan juga akan semakin kuat.

Inilah beberapa ayat yang menuntun pasangan suami istri untuk saling mengasihi dan menghargai satu sama lain:

Pengkhotbah 9:9

Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan Tuhan kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.

1 Petrus 3:7

Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

Kolose 3:18-21

Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan! Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Amsal 31:10

Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. … Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!

1 Korintus 7:3-5

Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya. Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Diberkatifreepik.com/odua

Efesus 5:25

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

Efesus 5:28

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

Efesus 5:33

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

1 Timotius 3:11

Demikian pula isteri-isteri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercyai dalam segala hal.

Mazmur 128:3

Istrimu akan menjadi seperti pohon anggur yang subur di dalam rumahmu; anak-anakmu seperti tunas pohon zaitun sekeliling mejamu!

4. Kasih dan Saling Menghormati Antara Anak dan Orang Tua

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan Diberkatipexels.com

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap anak untuk selalu menghormati orang tua. Dan bagi orang tua merupakan kewajiban pula untuk mengasihi dan mendidik anak-anaknya secara bijaksana. Ayat-ayat alkitab ini bisa menjadi petunjuk bagi anak maupun orang tua untuk menaruh kasih satu sama lain:

Matius 19:19

Hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Amsal 6:20

Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Amsal 29:15

Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.

Ulangan 5:16

Hormatilah ayahmu dan ibumu, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, supaya lanjut umurmu dan baik keadaanmu di tanah yang diberikan Tuhan, Allahmu, kepadamu.

Matius 15:4

Sebab Allah berfirman: Hormatilah ayahmu dan ibumu; dan lagi: Siapa yang mengutuki ayahnya atau ibunya pasti dihukum mati.

30 Ayat Alkitab Agar Keluarga Saling Mengasihi dan DiberkatiHomecare.com

Kolose 3:21

Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Efesus 6:4

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Amsal 22:6

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Amsal 29:17

Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Ulangan 6:6-7

Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang salam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

 

Itulah kumpulan ayat Alkitab tentang keluarga yang bisa menjadi bahan renunganmu. Semoga kamu bisa menjadi pribadi yang sayang keluarga, ya, Bela.

Baca Juga: Ajarkan Cinta Kasih, Ini 30 Ayat Alkitab Tentang Pernikahan

Baca Juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Persahabatan

Baca Juga: Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Kesabaran dan Ketenangan Hati