Saat memutuskan untuk menikah, setiap orang pasti memiliki alasan masing-masing. Entah mungkin karena keinginan mereka sendiri, tuntutan orangtua, atau bisa juga keadaan dan lingkungan. Satu hal yang pasti, pertimbangannya pasti tidaklah sebentar, karena ini menyangkut masa depan.

Hal ini pun yang dilakukan laki-laki. Meski kebanyakan dari mereka dikenal cukup sulit mengambil keputusan untuk menikah, kalau sudah menemukan alasan yang tepat, laki-laki bisa menjadi orang yang paling tidak sabar, lho. Penasaran apa saja alasan seorang laki-laki ingin cepat menikah? Simak di sini.

1. Merasa sudah mapan secara finansial

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat MenikahPexels.com/Andrea Piacquadio

Pertimbangan utama bagi laki-laki ketika memutuskan untuk menikah adalah finansial. Baginya, tanggung jawab adalah hal yang penting. Terlebih kalau ingin membangun sebuah rumah tangga, akan ada banyak tanggungan yang mesti ia hadapi dibandingkan saat ia masih sendiri.

Jadi, ketika laki-laki sudah memiliki keyakinan atas kestabilan finansial, maka tidak ada alasan baginya untuk menunda-nunda sebuah pernikahan.

2. Ingin menjadikan pasangannya menjadi bagian dari keluarganya

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat MenikahFreepik.com

Keluarga adalah bagian terpenting dalam kehidupan setiap orang. Saat masih menjadi kekasih, pasangan juga penting, tetapi tingkat priotitasnya pasti berbeda. Apalagi, pasangan mulanya hanya orang asing yang masuk ke kehidupan kita.

Untuk itu, saat laki-laki sudah merasa kalau pasangannya adalah prioritas yang harus disamakan dengan keluarga, maka ia tidak akan ragu lagi untuk menikahi pasangannya.

3. Pernikahan lebih menghemat uang

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat Menikahfreepik.com/freepik

Dapat dikatakan memang biaya pasca menikah akan lebih besar dibandingkan saat masih lajang. Akan tetapi, justru dengan pernikahan, seseorang bisa menghemat uang lebih, lho!

Bayangkan saja, saat masih lajang seseorang bisa bebas pergi ke mana pun tanpa perlu memikirkan tanggungan dan kebutuhan. Selain itu, saat masih pacaran, banyak orang tak ragu mengeluarkan uang untuk sekadar memadu kasih dengan pasangannya.

Namun, saat sudah menikah semua akan jauh berbeda. Kalian akan dipaksa berhemat untuk kebutuhan sehari-hari dan masa depan tentunya. Inilah salah satu alasan mengapa laki-laki ingin cepat menikah.

4. Membuatnya jadi orang yang lebih berkomitmen

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat MenikahPexels.com/cottonbro

Meski pada dasarnya semua jenis hubungan memerlukan yang namanya komitmen, dalam pernikahan, tingkatannya berbeda.

Saat masih pacaran, setiap orang masih bebas untuk putus-nyambung atau mengeksplorasi lingkup pertemanan untuk mencari yang baru. Namun, saat menikah, hal ini tidak bisa terjadi. Ada aturan atau janji mengikat yang membuat seseorang akan dituntut untuk berkomitmen hanya dengan satu pasangan.

5. Merasa bahwa hidup akan lebih mudah jika memiliki pasangan di samping

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat Menikahfreepik.com/ArthurHidden

Semandiri apa pun laki-laki, mereka tetap membutuhkan sosok pasangan di sampingnya. Setelah semua kerja keras yang dilaluinya, laki-laki selalu berharap ada perempuan yang bisa menjadi tempatnya untuk bersandar dan berpulang.

Lagipula, masalah memang akan terasa ringan kalau dipikul bersama. Inilah yang dipikirkan laki-laki ketika menginginkan sebuah pernikahan.

6. Tidak ingin kehilangan hal terbaik yang mereka miliki

6 Alasan yang Membuat Laki-laki Ingin Cepat Menikahfreepik.com/lookstudio

Biasanya, saat seseorang tidak ingin kehilangan hal terbaik yang mereka miliki, apa yang akan dilakukannya? Mereka akan berusaha untuk membuat hal tersebut menjadi miliknya.

Ketika laki-laki merasa tidak bisa melihat dan menemukan orang lain seperti pasangannya, maka jalan terbaik adalah menjadikan kekasihnya sebagai pasangan seumur hidup. Ini adalah alasan paling manis dan romantis dari keinginan laki-laki untuk menikah.

Dari semua alasannya, yang terpenting adalah alasan tersebut tulus dari dalam hatinya.

Baca Juga: Ini 6 Pertanda Bahwa Si Dia Tak Akan Pernah Menikahi Kamu

Baca Juga: Tidak Terburu-buru Menikah, Ini 8 Alasan Memilih untuk Tetap Single 

Baca Juga: 10 Cara Membangun Kepercayaan dalam Pernikahan