Rumah tangga yang bahagia tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, terkadang, keinginan untuk membangun rumah tangga yang terbebas dari pertengkaran ini sedikit sulit diwujudkan. Pasalnya, dalam membina rumah tangga, percikan amarah yang datang dari kedua belah pihak memang tak bisa terelakkan. Butuh kerja keras dan kekompakan dari suami serta istri agar rumah tangga yang dibangun bisa tetap bahagia setelahnya, meski melewati badai pertengkaran. 

Nggak hanya kerja keras dan kekompakan, ada hal lain yang nggak kalah penting untuk menciptakan kebahagian dalam hubungan rumah tangga, lho. Nah, spesial untuk kamu, Popbela udah siapkan 9 kunci rahasia yang bisa bikin hubungan rumah tangga bahagia dan minim dari pertengkaran, nih. Berikut daftarnya.

1. Menikmati kehidupan satu sama lain

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Helen Don

Salah satu kunci rahasia untuk menciptakan rumah tangga yang bahagia ialah dengan menggangap kehadiran serta peran mereka sangat berarti di hidupmu. Dengan begitu, nantinya akan tercipta kebahagiaan yang timbul dari rasa saling mengerti satu sama lain. Contoh yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan menyambut hangat suamimu ketika pulang bekerja.

2. Saling bercerita

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/FamilyEducation

Coba letakkan gadget-mu 30 menit di malam hari dan mulailah perekat hubunganmu kepada anggota keluarga dengan cara saling bertukar cerita. Nggak perlu ngobrol topik yang berat, kamu bisa memulai cerita dengan menanyakan kesibukan atau tantangan yang mereka jalani di hari itu. Dengan cara ini, hubungan satu sama lain di dalam keluarga bisa lebih dekat dan lekat, lho.

3. Menomorsatukan pernikahan

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Kortni Ellett Photography

Bagi kebanyakan pasangan, prioritas pernikahan kerap kali berganti posisi saat kehadiran sang buah hati. Padahal, menurut Rabbi Shmuley Boteach, seorang keluarga dan penasihat hubungan yang berbasis di New York, hal ini bisa membawa dampak buruk karena bisa membuat keharmonisan rumah tangga menjadi berkurang atau parahnya menjadi hilang. Oleh karena itu, pastikan kamu tetap menomorsatukan pernikahan, ya.

4. Makan malam bersama

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Shared

Mungkin saat membaca ini kamu berucap “terlalu klise”, tapi pada dasarnya cara ini bisa dikategorikan cara yang efektif karena hanya butuh sedikit usaha untuk memperoleh hasil maksimal. Ya, dengan makan malam bersama, nantinya akan tercipta keterhubungan antar satu sama lain. Keterhubungan inilah yang akan menjadi perekat dalam keluarga. Untuk membangun keterhubungan ini, kamu bisa mencoba makan malam bersama dengan durasi 4 kali dalam seminggu.

5. Menghabiskan waktu bersama

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Nesting with Grace

Jangan gunakan alasan “tidak ada waktu” untuk menciptakan kebahagiaan yang tak ternilai ini. Sisihkan waktu untuk melakukan aktivitas bersama agar tercipta ikatan satu sama lain yang bisa membuat hubungan berumah tangga menjadi erat tak terpisahkan. Sederhana, tapi hal ini dianggap sebagai salah satu kunci rahasia dari hubungan rumah tangga yang bahagia.

6. Family First!

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/BigBlanketco

Teman kerap kali jadi alasan yang digunakan oleh anak untuk menomorduakan keluarga. Mereka lebih memilih untuk bermain bersama teman ketimbangan menghabiskan waktu bersama keluarga. Sebagai orangtua, kamu bisa memberikan peringatan bahwa keluarga tetap yang utama dibanding teman sehingga anak mengubah prioritasnya dan menjadikan keluarga yang utama.

7. Punya “ritual” khusus

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Hideakihamada

Makna ritual di sini bisa diartikan dalam konteks yang beragam, mulai dari keagamaan sampai ke hal yang sifatnya khusus di tiap keluarganya, contohnya seperti tamasya tiap akhir bulan. Dengan adanya ritual yang dilakukan berulang ini, nantinya para anggota keluarga akan terasa dekat satu sama lain. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci rahasia untuk menciptakan keluarga yang bahagia.

8. Jangan tunjukkan pertengkaran di depan anak

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Advocate Aurora Health

Pertengkaran memang terkadang tak bisa terelakan dalam hubungan rumah tangga. Namun, sebisa mungkin hindari bertengkar di hadapan anak. Hal ini dikarenakan bisa memengaruhi kondisi psikologis anak nantinya. Jika sang anak terlanjur basah melihat pertengkaran, maka segeralah meminta maaf dan jelaskan secara pelan dan tenang mengenai apa yang mereka lihat.

9. Mau mengakui kesalahan dan meminta maaf

Minim Konflik, Ini 9 Kunci Rahasia Rumah Tangga BahagiaPinterest.com/Larissa Bueno

Buang jauh-jauh gengsimu di hadapan pasangan. Akuilah jikalau kamu berbuat salah. Nggak hanya itu, kamu juga harus membuka hati selapang mungkin untuk menerima maaf dari pasangan. Dengan begitu, kehidupan berumah tangga akan terasa lebih bahagia dan mudah untuk dijalani.

Nah, itu dia 9 resep yang bisa bikin rumah tangga bahagia dan terhindar dari keributan. Kamu punya cara-cara lainnya? Coba, yuk, share kunci rahasia menjaga keharmonisan keluarga a la kamu di kolom komentar. 

Baca Juga: Jangan Terlambat! Ini 10 Cara Mengatasi Rumah Tangga yang Membosankan

Baca Juga: Tidak Mudah, Ini 10 Peran Ayah dalam Keluarga Menurut Islam

Baca Juga: Lakukan Ini untuk Jaga Keharmonisan Rumah Tangga di Tengah Pandemi