Mencari rezeki hakikatnya tidaklah mudah, tantangan bahkan rintangan bisa saja hadir ditengah-tengah ikhtiar. Begitu juga dengan suami, sebagai kepala keluarga sudah pasti mencari rezeki tidaklah semudah yang dibayangkan.

Mencari rezeki memang kewajiban dan tanggung jawab suami, tapi kita sebagai istri tentunya juga bisa membantu salah satunya dengan cara berdoa. Membacakan doa agar ikhtiar suami ketika mencari rezeki senantiasa lancar InsyaAllah akan dikabulkan jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh.

Nah, berikut ini ada beberapa kumpulan doa untuk melancarkan rezeki suami yang bisa diamalkan oleh kita selaku istri yang salehah dan pastinya dapat mendukung setiap langkah suami ketika bekerja di luar sana.

1. Doa agar suami senantiasa dilindungi

Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!freepik.com

Tak selalu soal rezeki, mendoakan suami agar senantiasa dilindungi ketika bekerja juga tak kalah penting. Doakan agar suami tetap dilindungi dan selamat diluar sana, dijauhkan dari segala mara bahaya yang mengintai.

Bacakan doa agar suami selalu dilindungi, diberikan kekuatan ketika mencari nafkah, serta diberikan kemampuan agar setiap langkahnya diberikan kelancaran. Kita tentu paham bahwa mencari rezeki tidaklah mudah ditambah dengan hal-hal yang mungkin akan mengganggu suami.

“Allaahumma Innaa Nas Aluka Salaamatan Fid Diin, Wa ‘Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyadatan Fil ‘Ilmi, Wabaròkatan Dir Rizqi, Wa Taubatan Qòblal Maut, Waròhmatan Indal Maut, Wa Maghfiròtan Ba’dal Maut. Allaahumma Hawwin ‘Alainaa Fii Sakaròòtil Maut, Wan Najaata Minan Naar, Wal ‘Afwa Indal Hisaab.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.

Maka dari itu, jangan lupa untuk memanjatkan doa yang berisikan permohonan agar suami selalu dalam lindungan Allah SWT.

2. Doa agar rezeki selalu lancar, baik, dan halal

Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!Pixabay.com/8499117

Rezeki yang baik tidak selalu soal berapa besar uang yang didapatkan. Kita juga harus ingat bahwa rezeki yang baik juga haruslah halal.

Jangan lupa bacakan doa agar suami mendapatkan rezeki dengan cara yang halal dan baik menggunakan doa berikut ini :

“Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbal.”

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.

Atau bisa juga yang ini:

“Allaahummaftah alaina abwaabal khoiri wa abwaa bal barokati wa abwaaban ni’mati wa abwaabar rizki wa abwaabal Quwwati wa abwaabash shih haati wa abwaabas salaamati wa abwaabal jannah, Allaahumma aafinaa mingkulli balaa’id dunyaa wa adzaabil aakhirah, Wash rif annaa bihaqqil Qur’anil adhiim wa nabiyyikal kariim syarraddunyaa wa syarral aakhiroh, Ghofarollaahu lanaa wa lahum birahmaatika yaa arhamar raahimiin.”

Artinya: “Ya Allah Ya Tuhanku, bukankanlah bukakanlah untuk hamba pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu kekuatan, pintu rezeki, pintu kesehatan, pintu keselamatan, dan pintu sawarga, Ya Allah Tuhanku hindarkanlah diriku dari bala’i dunia dan bala’i akhirat, jauhkan dariku, sesungguh-sungguhnya Al-Quran yang agung dan nabimu yang mulya dari kejahatan dunia dan kejahatan akhirat. semoga Allah mengampuni diriku semua dan mereka (muslim/muslimat) oleh rahmatmu yang asih.

Rezeki yang halal tentu baik juga untuk keluarga dan keselamatan dunia serta akhirat. Jadi, jangan lupa untuk mengamalkan doa yang satu ini ya.

3. Doa agar dikaruniai harta yang berkah

Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!freepik.com/Jcomp

Doa untuk melancarkan rezeki suami berikutnya juga tak kalah penting yakni agar dikaruniai harta yang berkah :

“Allahumma aktsir maa lii (lanaa) wawaladii (naa) wabaaRiklii (lanaa) fiihi.”

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri.

Atau doa satu ini: 

“Bismillaahi 'ala nafsi zauji wa malahu wa dinahu. Allahumma radldli li zauji bi qodloika wa barik lahu fi qodarika hatta la yuhibbu ta'jiila ma akhkhorta wala ta'khiro ma 'ajjalta.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah atas diri suamiku, hartanya dan agamanya. Ya Allah, relakanlah suamiku untuk menerima keputusan-Mu, berilah keberkahan padanya dalam takdir-Mu sehingga dia tidak senang menyegerakan apa yang Engkau undur dan mengakhirkan apa yang Engkau segerakan."

4. Doa supaya suami terhindar dari harta yang haram

Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!sulsel.idntimes.com

Penting bagi sebuah keluarga untuk mendapatkan rezeki yang halal. Tak bisa dipungkiri, godaan untuk melakukan hal-hal yang buruk demi mendapatkan rezeki yang melimpah itu selalu ada. Sebagai seorang istri, kamu bisa memanjatkan doa agar semua selalu dijauhkan dari godaan mendapatkan harta yang haram.

“Allahumma yaa ghoniyyu yaa hamiid yaa mubdi’u yaa mu’iid yaa rohimu yaa waduud yaa fa’alu lima yuriid agnini bihalaalila, anharoomika wa bifadlika ‘amman siwaak.”

Artinya: “Ya Allah Tuhanku Yang Maha Kaya dan Maha Terpuji, Tuhan Yang Menakdirkan dan Yang Mengembalikan, Yang Maha kasih dan Maha Kasih Sayang. Berilah aku kekayaan harta yang Engkau halalkan bukan yang Engkau haramkan, berilah aku kelebihan dari yang lain dengan berkah karuniaMu.

5. Doa untuk suami yang bekerja jauh

Doa untuk Melancarkan Rezeki Suami, Bisa Coba Diamalkan!unsplash.com/FaseehFawaz

Terakhir, ada doa untuk suami yang bekerja jauh. Ketika suami bekerja jauh dari rumah sudah pasti kita harus mendoakan agar diberi kemudahan, kelancaran, dan dijauhkan dari segala mara bahaya.

Salah satunya dengan memanjatkan doa berikut ini :

“Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik.” artinya: “Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah.”

Atau bisa juga doa yang ini: 

“Allahumma aktsir mala zauji wa barik lahu fima a'thoitahu wa athil hayatahu 'ala tho'atika wa ahsin 'amalahu waghfirlahu.”

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta suamiku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padanya, panjangkanlah umurnya dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalnya serta ampunilah dosa-dosanya.

Itulah beberapa bacaan doa untuk melancarkan rezeki suami yang bisa kamu panjatkan kapan pun, misalnya sehabis salat atau ketika hendak tidur. Mendukung suami tentu bisa dengan cara apa saja, termasuk mendoakannya ketika mencari rezeki di luar sana.

Baca Juga: 5 Doa Nabi Yusuf Soal Cinta dan Kasih Sayang yang Bisa Kamu Amalkan 

Baca Juga: 10 Akhlak Mulia Rasulullah terhadap Istri yang Perlu Ditiru Suami

Baca Juga: 3 Jenis Nafkah yang Harus Dipenuhi Suami Menurut Islam