Upacara pernikahan jelas menjadi salah satu momen sakral yang bagi kedua mempelai harus sempurna, mulai dari pakaian, konsep, makanan, dan yang juga tak boleh dilupakan, yaitu dekorasi.

Dekorasi saat pesta pernikahan biasanya berkaitan erat dengan konsep pernikahan yang kamu usung. Apakah itu mengambil konsep tradisional, modern, kasual, atau bahkan formal.

Saat ini sudah banyak dekorasi pernikahan unik yang tak hanya estetis, tapi juga memberikan kesan mendalam di hati pengantin dan para tamu. Buat kamu yang sedang mempersiapkan pernikahan, bisa mencontek beberapa ide dekorasi pernikahan unik di bawah ini. Mudah banget, kok, untuk ditiru!

1. Dekorasi pernikahan a la Harry Potter

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!boredpanda.com

Potterhead mari merapat. Mungkin dekorasi pernikahan unik satu ini terbilang cukup 'berani' dengan menggabungkan konsep a la penyihir dengan upacara pernikahan. Pemilihan tema ini akan terasa makin lengkap jika didukung pemilihan venue yang memiliki interior menyerupai kastil.

Jangan lupakan juga detail properti yang membuat nuansa Harry Potter terasa, seperti mempelai perempuan mengenakan tiara menyerupai milik Rowena Ravenclaw, gelas minum yang berbentuk piala, hingga tongkat sihir sebagai souvenir para tamu. Seru banget, kan?

2. Dekorasi pernikahan a la Game of Thrones

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!bridalguide.com

Sekarang, kalau kamu dan pasangan adalah penggemar Game of Thrones, kamu bisa juga membuat dekorasi terinspirasi dari serial tersebut. Kamu bisa memodifikasi tempat duduk pengantin jadi sebuah 'singgasana' khas Game of Thrones. Pilih juga busana pengantin, kartu undangan, dan souvenir yang mendukung tema ini, ya.

3. Fairytale

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!Pinterest.com

Ingin merasa seperti putri semalam? Maka dekorasi pernikahan unik a la negeri dongeng juga bisa menjadi pilihan kamu. Kamu bisa mengambil tema dekorasi fairytale tergantung dengan dongeng klasik favorit kamu. 

Biasanya dekorasi fairytale akan dipenuhi oleh bunga-bunga. Selain itu deretan pohon dan warna-warni lampu juga digunakan untuk mendukung konsep ini. Pilih warna sesuai dengan warna kesukaanmu, ya, Bela.

4. Colourful wedding

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!thepinkbride.com

Jika kamu ingin suasana yang lebih ceria dan segar mungkin konsep pernikahan unik satu ini bisa jadi opsi tepat.

Memakai banyak palet warna dan terkesan mencolok, rupanya bisa jadi ide menarik, lho. Kreasikan bunga dengan beragam warna untuk menciptakan dekorasi yang penuh keceriaan. Kamu juga bisa, lho, meminta para tamu untuk memakai pakaian dengan warna mencolok agar konsepnya terasa lebih 'wah'.

5. Dekorasi pernikahan a la Twilight

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!theweddingnotebook.com

Masih ingat dengan pernikahan Edward dan Bella yang begitu syahdu di film Twilight Kamu juga bisa meniru dekorasi pernikahan mereka dengan konsep outdoor, apalagi dalam kondisi pandemi saat ini, makin banyak orang yang memilih melakukan upacara pernikahan di luar ruang.

Untuk melengkapi dekorasi a la Twilight ini, kamu akan memerlukan deretan kursi kayu dan pilih bunga-bunga berwarna putih untuk menambah kesan anggun. Sedangkan dekorasi bagian pelaminan menggunakan kombinasi bunga putih dan dedaunan merambat. Cantik banget!

6. Pastel theme

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!weddingbells.ca

Jika kamu tipe orang yang senang warna-warna lembut, maka dekroasi pernikahan dalam nuansa warna pastel akan cocok jadi pilihanmu. Selain bunga, kamu bisa menggunakan dekorasi berupa balon-balon dan kain berwarna pastel. Tak harus satu warna, karena beberapa warna pastel bisa kamu gabungkan, mulai dari dusty pink, kuning pastel, hijau mint, hingga lavender. 

7. Pernikahan tema Midsommar a la Tara Basro dan Daniel Adnan

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!instagram.com/rendytjoanda

Dekorasi pernikahan unik a la Tara Basro dan Daniel Adnan bisa jadi inspirasi untuk kamu pencinta film bergenre thriller, namun tetap ingin memberi sentuhan manis dan anggun.

Kamu mungkin pernah mendengar atau bahkan menonton film Midsommar yang dengan apik mengemas adegan seram dengan dekorasi bunga-bunga cantik khas musim panas?

Nyatanya, konsep al a Midsommar justru jadi ide menarik nan kreatif, pemilihan bunga warna-warni dengan outfit pengantin yang simpel, bisa menjadi perpaduan yang indah.

8. Winter wonderland

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!pinterest.com

Dekorasi pernikahan unik dengan tema musim dingin juga bisa, nih, jadi inspirasi untuk hari bahagiamu. Jika kamu tak bisa mendatangkan salju ke Indonesia yang panas ini, kamu tetap bisa membawa nuansa musim salju di pernikahanmu.

Pilih dominasi warna putih, untuk bunga dan kain. Tambahkan dekorasi berupa pohon-pohon ranting berwarna putih dan hiasan kristal. Kamu bisa juga memberikan sentuhan salju buatan dan lampu-lampu cantik, yang bakal menjadikan venue pernikahan bak istana es yang menyejukkan.

9. Rustic Barn

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!pexels.com/Joel Paim

Jika kamu senang gaya minimalis dan menginginkan suasana hangat di acara pernikahan, bisa mencoba dekorasi satu ini. Mungkin tak terkesan mewah, tapi dekorasi a la di peternakan ini sukses memberikan kesan kekeluargaan yang erat, lewat dekorasi bernuansa kayu dan deretan bunga berwarna putih.

10. Intimate outdoor wedding

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!pexels.com/Rachel Claire

Bicara tentang acara yang lebih intim, maka dekorasi pernikahan unik satu ini bisa juga jadi alternatif terutama kamu yang suka dengan konsep outdoor.

Cukup mengundang keluarga dan sahabat dekat, dekorasi sederhana menyatu dengan alam, dan jamuan makan yang membuat suasana hangat begitu terasa dapat menjadi pilihan untuk kamu dan pasangan. Pakaian yang sedikit lebih casual juga cocok dengan konsep ini.

11. Pernikahan tepi pantai

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!pexels.com/Asad Photo Maldives

Bosan dengan lokasi taman, maka mungkin pantai bisa jadi opsi untukmu. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak sekali pantai indah yang bisa menjadi lokasi pernikahanmu.

Birunya laut menyatu dengan dekorasi manis dan area tempat duduk tamu yang dihiasi warna putih menjadi kolaborasi yang tepat untuk pernikahanmu. Pilihan dekorasi bunga bisa lebih minimalis, tapi sebaiknya pilih warna fuchsia atau merah, supaya terlihat kontras dengan warna birunya langit dan pasir putih.

12. Piknik

12 Inspirasi Dekorasi Pernikahan Unik, Mudah Ditiru!nouba.com.au

Bicara tentang konsep yang lebih kasual, maka dekorasi pernikahan unik a la 'piknik' bisa jadi pilihan.

Pilih lokasi berupa taman yang luas, lalu hiasi pohon-pohon dengan lampion atau deretan lampu kecil. Siapkan juga alas kain atau bean bag untuk para tamu bersantai.

Duduk santai sambil bersantap dan berbincang bersama keluarga atau kerabat tentu membuat acara pernikahan lebih hangat.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan ide dekorasi pernikahan unik di atas? Semoga bisa menjadi inspirasimu, ya!

Baca Juga: Ingin Pernikahanmu Bahagia? Hindari 5 Kesalahan Memilih Pasangan Ini

Baca Juga: Bak Taman Bunga, Ini 9 Ide Dekorasi Pernikahan Mewah Alika Islamadina

Baca Juga: Semuanya Ungu! Intip 9 Detail Dekorasi Mewah Lamaran Atta dan Aurel