Sebagian besar orang percaya bahwa tidak ada pertemanan yang murni antara laki-laki dan perempuan, selalu ada maksud atau tujuan tertentu di dalamnya. Meski tidak selalu seperti itu, tetap saja kita tetap perlu memperhatikan siapa saja teman lawan jenis pasangan kita atau berhati-hati akan godaan selingkuh saat punya teman lawan jenis.

Percaya atau tidak, perselingkuhan sering kali diawali dari sebuah pertemanan biasa. Coba saja baca ulasan berikut ini sampai habis.

1. Pertemanan tersebut bisa menjadi kenyamanan seiring berjalannya waktu

5 Alasan Perselingkuhan Biasanya Diawali dari PertemananPexels.com/Katerina Holmes

Dari awal mungkin kamu menganggap bahwa pertemananmu hanya sebatas pertemanan biasa, tidak ada yang spesial sekalipun itu dengan lawan jenis. Namun, jangan terlalu menyepelekan hal ini.

Nyatanya, pertemanan tersebut bisa menjadi kenyamanan seiring berjalannya waktu. Alhasil, perselingkuhan bisa kapan saja terjadi, kamu selingkuh karena mendapatkan kesempatan yang tak mungkin untuk ditolak.

2. Ada perasaan tersembunyi di balik kata pertemanan

5 Alasan Perselingkuhan Biasanya Diawali dari PertemananPexels.com/Lê Minh

Kita semua pastinya sangat menegaskan pada diri sendiri bahwa kamu dengannya hanya sebatas teman, meski dia adalah lawan jenis. Namun, dari lubuk hati yang paling dalam jawabannya bisa berbeda, bukan tidak mungkin jika ada perasaan tersembunyi di balik kata pertemanan.

Akhirnya, kamu bisa melakukan perselingkuhan tanpa disadari. Kadang kala, kata pertemanan kamu jadikan sebagai tameng untuk keluar dari rasa bersalah dan dari tudingan perselingkuhan tersebut.

3. Selalu menyembunyikan pertemanan dengan dalih tidak ingin ada kecemburuan

5 Alasan Perselingkuhan Biasanya Diawali dari PertemananPexels.com/Mikhail Nilov

Menjaga perasaan pasangan memang kerap kali kita lakukan, salah satunya dengan menyembunyikan pertemananmu dengan lawan jenis. Namun, tana sadar hal ini sangat berisiko, kamu bisa bertindak lebih karena ketidaktahuan pasanganmu.

Meski tujuan awal kamu baik, bukan berarti akan selalu berakhir baik. Secara perlahan kamu bisa bermain di belakang, tentu karena kamu memanfaatkan situasi di mana pasanganmu tidak tahu menahu tentang hal tersebut.

4. Selalu ada kesempatan di balik kesempitan karena sebuah permasalahan

5 Alasan Perselingkuhan Biasanya Diawali dari PertemananUnsplash.com/Jon Tyson

Di saat terjadi permasalahan dalam hubungan, kita sering kali butuh yang namanya teman curhat. Namun, tanpa sadar kita mencurahkan isi hati pada sahabatmu sendiri, sahabat yang kenyataannya adalah lawan jenis.

Padahal, selalu ada kesempatan di balik kesempitan karena sebuah permasalahan. Dari awalnya yang menjadi tempat curhat, lama kelamaan akan merasa nyaman dan terjadilah perselingkuhan tanpa kita sadari.

5. Punya opsi lain di saat pasangannya sudah tak semenarik dan senyaman dulu

5 Alasan Perselingkuhan Biasanya Diawali dari PertemananFreepik.com

Tidak ada salahnya jika kita ingin berteman dengan lawan jenis, semuanya bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Namun, jangan sampai kamu lupa diri siapa pasanganmu dan siapa temanmu.

Nyatanya, kadang kala kita menjadikan pertemanan sebagi opsi lain di saat pasanganmu sudah tidak semenarik dan senyaman dulu. Ala hasil, kamu mencari hal tersebut dari pertemanan dan terjadilah perselingkuhan.

Dasarnya, kita nggak bisa memukul rata, karena tidak semua pertemanan dengan lawan jenis akan menimbulkan perselingkuhan. Namun, cermati kelima poin di atas, bukan tidak mungkin jika itu menjadi pemicu awal di balik pengkhianatan terhadap pasangan.

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Perselingkuhan Selalu Diawali dengan Pertemanan Biasa"

Baca Juga: 10 KDrama Tentang Perselingkuhan, Bikin Hati Tersayat!

Baca Juga: 5 Cara Agar Sembuh dari Trauma Perselingkuhan

Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Ketika Kamu Diselingkuhi Berkali-kali