Perselingkuhan yang dilakukan suami tentu tak mudah dimaafkan dan bisa membawa trauma bagi dirimu. Ada ungkapan yang mengatakan, "once a cheater always a cheater (sekali berselingkuh akan terus selingkuh)". Namun benarkah itu?

Tak jarang, sebuah pernikahan bisa tetap bertahan meski sempat diwarnai perselingkuhan. Tentu saja, hal tersebut akan memerlukan kerja keras dari kedua belah pihak, baik suami maupun istri

Ketika kamu sudah bersedia untuk memaafkan suami atas perselingkuhan yang dilakukan di masa lalu, kamu juga bisa melihat ciri-ciri dan tanda suami kamu kapok selingkuh. Berikut ini di antaranya:

1. Dia jujur tentang apa yang terjadi di masa lalu.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhFreepik.com

Dia nggak lagi menutup-nutupi kejadian yang sudah lalu. Dia bisa bicara jujur dan terbuka atas perselingkuhan yang pernah dia lakukan di masa lalu. Sekarang, bolanya ada di tangan kamu, siapkah kamu mendengar cerita jujur dari si dia?

Dengan bicara jujur dan tidak menutup-nutupi, artinya dia mengetahui kesalahannya dan tidak membuat hal tersebut sebagai hal biasa yang mudah dilupakan. Belajar untuk jujur tentu akan sulit bagi orang yang sudah pernah berselingkuh, karena biasanya mereka menutupi perilakunya dengan kebohongan.

2. Dia telah menemukan penyebab perilakunya tersebut.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhPexels.com/Vanessa Garcia

Perselingkuhan bisa terjadi karena banyak faktor. Jika dia sudah bisa menemukan apa yang menyebabkan dia selingkuh dan berusaha untuk memperbaiki masalah tersebut, maka itu merupakan tanda bahwa dia tidak mau selingkuh lagi. Mengetahui penyebab perselingkuhan bukan berarti lantas dia melemparkan kesalahan, ya, justru dia harus berusaha bertanggung jawab atas tindakannya tersebut.

3. Dia membiarkanmu melihat ponselnya.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhPexels.com/Karolina Grabowska

Jika saat berselingkuh dia selalu mengunci rapat ponselnya dan bahkan melarangmu untuk melihatnya, saat dia sudah kapok selingkuh maka dia nggak akan ragu untuk terbuka padamu. Kamu tahu apa password ponselnya, bahkan email miliknya. Itu artinya dia sedang berusaha mendapat kepercayaanmu kembali.

4. Dia bisa dengan santai menerima telepon di depanmu.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhPinterest.com/Freepik

Ketika berselingkuh, seseorang biasanya tak mau menerima telepon atau membalas pesan singkat di hadapan pasangannya. Kini, jika suami sudah terlihat santai saat menerima telepon dan tidak menjauh darimu, itu artinya dia tak punya lagi rahasia. Kamu bisa dengan bebas mendengar percakapannya dengan orang lain tanpa rasa curiga.

5. Dia berusaha untuk memperbaiki hubungan dengan mengikuti caramu.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhPexels.com/Katerina Holmes

Memperbaiki pernikahan setelah perselingkuhan diperlukan usaha dari kedua belah pihak. Kamu, sebagai istri, tentu harus berusaha ikhlas, memaafkan, dan menerima kesalahannya. Sedangkan dia, sebagai suami, harus berusaha mendapatkan kepercayaanmu lagi, dengan caramu. Iya, kamu bisa menentukan apa yang bisa dia lakukan untuk bisa meraih kepercayaanmu lagi. Misalnya dengan dia bersikap terbuka, dia bicara jujur, tidak lagi pergi larut malam, dan lainnya.

6. Dia menyadari kesalahannya dan tak menyalahkan orang lain.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhUnsplash

Salah satu ciri orang yang bersedia untuk memperbaiki diri adalah dia sadar akan kesalahannya dan tidak berusaha menyalahkan orang lain. Dia tidak akan menyalahkan dirimu yang menyebabkan dia selingkuh atau menyalahkan pihak lainnya, seperti tergoda orang lain. Jika dia sadar bahwa perselingkuhan itu murni salah dia dan sungguh-sungguh mencoba untuk memperbaiki diri, maka dia sudah bertekad untuk tidak selingkuh lagi.

7. Dia dengan senang hati bicara tentang apa yang dia kerjakan dan bahkan mengajakmu terlibat.

10 Tanda Suami Kapok Selingkuhhttps://www.pexels.com/@tim-douglas

Orang yang berselingkuh biasanya akan punya kegiatan sendiri, yang tak diketahui istrinya. Dia biasanya akan berusaha menjaga jarak dengan sang istri. Namun jika dia sedang berusaha mendapatkan hatimu dan menunjukkan dia tak mau selingkuh lagi, dia akan lebih banyak melibatkan dirimu dengan kegiatannya sehari-hari. Dia akan lebih sering bicara soal pekerjaannya, hobinya, dan mungkin juga mengajakmu ikut serta untuk melihat seperti apa kegiatan yang dia lakukan.

8. Dia tidak pernah lagi terlambat pulang ke rumah.

10 Tanda Suami Kapok Selingkuhfreepik.com/freepik

Kalau dulu dia sering pulang larut malam ke rumah dengan alasan lembur, padahal kamu tahu sebenarnya dia sedang selingkuh, kini hal itu berubah. Kamu akan mulai memperhatikan bahwa dia tidak pernah lagi pulang terlambat ke rumah atau pulang larut malam. Kalaupun lembur, dia akan selalu memberimu kabar. Itu merupakan tanda dia sudah tak mau selingkuh lagi.

9. Dia tampak lebih menghargaimu.

10 Tanda Suami Kapok Selingkuhunsplash.com/@brookecagle

Kamu pun akan mulai merasakan bahwa dia lebih menghargaimu. Seseorang yang suka berselingkuh, pada dasarnya tak punya rasa respect terhadap pasangannya. Itulah mengapa dia bisa dengan mudah mendua dari pasangannya. Sebaliknya jika kamu merasakan bahwa dia menghargaimu dengan misalnya, memperlakukanmu dengan sopan, tidak pernah merendahkanmu, berkata maaf jika dia salah, maka itu adalah tanda dia tidak mau selingkuh lagi, Bela.

10. Dia lebih mudah diajak berdiskusi, termasuk membicarakan hal yang sulit.

10 Tanda Suami Kapok SelingkuhPexels.com/Gabby K

Sebuah pernikahan yang sehat adalah ketika pasangan bisa saling berdiskusi tanpa ada rasa takut, khawatir, malu, dan lainnya. Saat suami selingkuh, dia mungkin selalu menghindar untuk diajak bicara, karena dia tak mau kebohongannya terungkap. Namun jika dia tak mau selingkuh lagi, kamu akan merasakan perubahan dalam dirinya, khususnya ketika dia mudah diajak bicara dan diskusi, bahkan untuk membicarakan hal yang sulit sekalipun. Bicara dari hati ke hati inilah yang diperlukan tiap pasangan.

Nah, itulah beberapa ciri yang menunjukkan suami kapok selingkuh lagi. Pernikahan kamu mungkin tak sempurna karena pernah diwarnai perselingkuhan, tapi bukan tak mungkin hubungan kamu bisa lebih kuat setelah berhasil melewati masa-masa sulit ini. What doesn't kill you, makes you stronger!

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kasus Perselingkuhan

Baca Juga: Alasan Kita Lebih Suka Menyalahkan Pelakor dan Kenapa Harus Dihentikan

Baca Juga: 8 Cara Jitu Menahan Godaan Selingkuh yang Mengancam Hubunganmu