Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Membangun Kepercayaan dengan Calon Mertua agar Disambut Baik

Kepercayaan itu mahal harganya

Puspita Ramadhani

Bagi pasangan yang berencana untuk menikah, sering kali mertua menjadi salah satu aspek yang ditakuti. Kamu khawatir bila nantinya mertuamu tidak suka dan bahkan tidak percaya denganmu.

Padahal, kepercayaan mertua juga menjadi faktor penentuan apakah rumah tanggamu akan harmonis atau tidak. Jadi, kalau saat ini kamu sedang cari cara membangun kepercayaan dengan calon mertua, simak tulisan ini sampai habis, ya!

1. Selalu utamakan tata krama

pexels.com/andrea-piacquadio

Indonesia dan negara Asia lainnya masih sangat menjunjung tinggi nilai sopan dan santun kepada sesama, terlebih kepada orang yang lebih tua dari kita. Maka dari itu, sebelum kamu mencari cara membangun kepercayaan dengan calon mertua yang lainnya, tanamkan terlebih dahulu bahwa kamu harus menghormati dan menjaga tata krama saat sedang bersamanya. Dengan begitu, mertuamu bisa memiliki penilaian bahwa kamu adalah perempuan yang sopan.

2. Tulus membantunya

pexels.com/andrea-piacquadio

Walaupun calon mertuamu tidak pernah memintamu untuk melakukan apa pun, tapi tak ada salahnya jika kamu berinisiatif memberikan sedikit bantuan. Kamu bisa menemaninya melakukan sesuatu secara tulus.

Soalnya, selain menambah citra baik, kamu juga punya waktu lebih banyak untuk mengobrol dan mencari tahu soal satu sama lain. Dengan ia sharing soal kehidupan masa lalunya, artinya orangtua pasanganmu sudah mulai percaya denganmu, lho!

3. Memberikannya pujian

pexels.com/cottonbro-studio

Nggak ada orang yang nggak suka dipuji. Bukan begitu, Bela? Akan tetapi, pastikan dulu, ya, kalau pujian kamu tidak terlalu berlebihan atau hanya sekadar omong kosong.

Kamu bisa memberi pujian kepada calon mertuamu tentang bagaimana taman rumah mereka bisa terawat dengan indah. Bisa juga menyelipkan pujian-pujian ketika mereka sedang bercerita tentang masa lalunya.

4. Kenali kepribadiannya

Pexels.com/RODNAE Productions

Membicarakan soal calon mertua kepada pasangan juga hal yang perlu dilakukan. Soalnya, kekasihmu akan menilai kalau kamu memang merasa tertarik dengan dirinya dan keluarganya.

Topik obrolan seperti apa makanan kesukaan mama dan papanya, hingga kebiasaan-kebiasaan di rumah mereka, tentu bisa jadi pembahasan seru sekaligus menilai lebih jauh bagaimana keluarga pasanganmu.

5. Dengarkan sarannya

Freepik.com/bearfotos

Seperti orangtua pada umumnya, mereka sangat senang memberikan saran. Baik itu yang sedang kamu alami saat ini, atau hanya saran acak sesuai dengan suasana hati mereka.

Jangan menganggapnya sebagai beban. Justru, jadikanlah itu sebagai sebuah masukan yang bisa kamu pertimbangkan untuk saat ini atau di kemudian hari.

6. Sesekali memberikan hadiah

pexels.com/askar-abayev

Cara membangun kepercayaan dengan calon mertua yang selanjutnya adalah membuktikan kalau kamu benar-benar sayang kepadanya. Walaupun rasa sayang itu bisa ditunjukkan dengan banyak cara, namun tak ada salahnya sesekali memberikan calon mertuamu hadiah. Hadiah itu bisa beruba barang yang ia butuhkan, atau pergi berduaan denganmu untuk membuat memori indah bersama-sama.

7. Jadilah percaya diri

Pexels.com/RODNAE Productions

Sebelum kamu mendapatkan kepercayaan orang lain, maka percayalah lebih dulu kepada dirimu sendiri. Kepercayaan diri itu akan tampak jelas dari bagaimana kamu berbicara dan bersikap.

Dengan sikap percaya diri itu, secara tidak langsung kamu telah membangun kepercayaan dengan calon mertua secara tidak sengaja. Aura adalah segalanya!

8. Hargai keputusan dan batasannya

pexels.com/ardne-stock-project

Setelah pada akhirnya calon mertuamu telah memberi kepercayaannya padamu, jangan sekali pun menyia-nyiakan hal itu. Kamu harus menjaga apa saja yang ia ceritakan padamu, dan jangan mengambil keputusan sepihak apabila ia tidak memintanya.

Sadar bahwa bagaimanapun setiap hubungan memiliki batasan, kamu tidak akan kehilangan kepercayaan sekaligus tetap menjaga kehormatannya.

Cara-cara membangun kepercayaan dengan calon mertua di atas memang membutuhkan proses yang bertahap. Namun, ketika semuanya berjalan dengan baik, bisa dipastikan kamu dan calon mertua akan punya hubungan yang sangat dekat. Semoga berhasil, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married