Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Tips agar Nyaman Merayakan Lebaran di Rumah Mertua

Nggak perlu canggung lagi!

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Bulan Ramadan sebentar lagi akan berakhir. Tak lama lagi kita akan menyambut Idulfitri. Karena itu, banyak orang kini sedang menyiapkan segala hal untuk lebaran mendatang. Seperti halnya tradisi orang Indonesia, banyak keluarga yang berencana pulang ke kampung halaman.

Nah, di saat inilah banyak orang yang mungkin akan merasa kurang nyaman. Terutama bagi yang sudah menikah, mungkin ada di antara kalian yang bersikap canggung saat berhadapan dengan mertua. Tetapi, bagaimana pun Idulfitri adalah kesempatan untuk silaturahmi yang harus kita manfaatkan. 

Supaya mengurangi perasaan ini, Popbela akan memberi beberapa tips agar kamu nyaman Lebaran di rumah mertua. Yuk, simak

1. Membawa hampers atau makanan

Dok.internet

Sebelum berkunjung ke rumah mertua, tentunya kamu perlu menyiapkan hadiah atau hampers untuk diberikan kepada mereka. Dengan begitu, mertua akan merasa senang dan kamu pun nyaman untuk silaturrahmi lebaran lebih lama lagi di rumah mertua. Nggak perlu bingung, kamu bisa membeli beberapa hampers, mulai dari makanan favorit mereka hingga perlengkapan kebutuhan sehari-hari.

2. Mengenakan pakaian yang sopan

Pinterest.com/Antik Arifani

Tips agar nyaman merayakan Lebaran di rumah mertua juga bisa dipersiapkan dari segi pakaian yang akan kamu kenakan. Kerapian dan kesopanan sangat penting agar nyaman dipandang dan nggak mendapat kritikan dari mertua. Nah, kamu bisa membuat ide dengan mengenakan busana couple bersama pasangan dan anak-anak.

3. Membuka topik pembicaraan

Dok.internet

Membuka percakapan dengan mertua nggak semudah seperti mengobrol dengan teman. Oleh karena itu, kamu perlu berhati-hati juga dalam berkata. Apalagi orangtua sangat memperhatikan kesopanan. Jadi, kamu bisa memulai dengan menanyakan kabar, atau hal-hal yang berkaitan dengan obrolan mertua. Kamu juga bisa bertanya dengan pasanganmu terlebih dahulu, untuk ide topik pembicaraan yang bagus.

4. Jangan bertindak berlebihan

Dok.internet

Saat berkumpul bersama keluarga, usahakan jangan bertindak berlebihan, seperti terlalu mengontrol atau dominan. Ini bisa membuatmu jadi nggak menikmati Lebaran di rumah mertua. Kamu perlu memahami etika saat berhadapan dengan orangtua, terapkan apa yang boleh dan nggak boleh dilakukan.

5. Merencanakan kegiatan yang menyenangkan

Pinterest.com/rawpixel.com

Lebaran akan menjadi momen yang menyenangkan untuk mempererat hubungan dengan mertua. Kamu bisa membuat rencana untuk kegiatan seru bersama keluarga besar dengan menghabiskan waktu bersama. Seperti contoh, mengunjungi tempat wisata yang terkenal di daerahmu. Di sanalah kamu bisa mengabadikan momen kebersamaan dengan berswafoto bersama keluarga.

Itulah 5 tips agar nyaman merayakan Lebaran di rumah mertua. Semoga bermanfaat!

IDN Media Channels

Latest from Married