Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana di Bawah Rp20 Juta

Tetap berkesan

Nafi' Khoiriyah

Pernikahan sering kali menjadi ajang unjuk kemewahan bagi sebagian orang. Padahal, esensi pernikahan adalah ritual yang sakral dan hikmat.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau biaya untuk pernikahan cukup besar. Namun, kita bisa mengatur pengeluaran supaya tidak membengkak dengan perencanaan yang matang. Mulai dari biaya mas kawin, katering, tata rias, sampai dekorasinya, semua bisa disesuaikan. 

Kali ini, Popbela.com akan membantumu membuat rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta. Simak ulasannya, ya!

1. Biaya administrasi

Freepik.com/Freepic.diller

Pertama dan yang tidak boleh kamu lewatkan dalam rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta adalah biaya administrasi. Biaya yang dimaksud adalah biaya untuk penghulu dari KUA. 

Sebenarnya, biaya menikah di KUA gratis jika dilakukan di KUA setempat pada hari Senin sampai Jumat.

Namun jika kamu memilih untuk menikah di hari libur atau akhir pekan, maka akan dikenai biaya administrasi untuk penghulu sekitar Rp600.000.

2. Cincin pernikahan

Pexels.com/HONG SON

Selanjutnya, cincin pernikahan menjadi barang yang harus diberikan pada saat pernikahan. Namun, kamu bisa menekan biaya dengan memilih cincin pernikahan yang sederhana. 

Tidak ada patokan apakah cincin pernikahan harus emas atau berlian. Maka dari itu, kamu bisa menghabiskan sekitar Rp2.800.000 saja untuk membeli cincin pernikahan yang sederhana. 

3. Mahar pernikahan

pinterest.com

Berbeda dari sebelumnya, mahar pernikahan justru sangat penting dalam sebuah pernikahan. Biasanya, mahar yang diberikan dari pihak laki-laki pada pihak perempuan berupa uang tunai, hingga emas.

Nah, untuk menghemat biaya, kamu bisa memilih untuk memberikan uang tunai. Dengan mahar tersebut, bujet yang bisa kamu keluarkan bisa pada kisaran Rp1.000.000.

4. Lokasi pernikahan

instagram.com/bumirosalin

Lokasi pernikahan menjadi satu hal yang memakan dana cukup besar. Sebab, persewaan lokasi pernikahan bahkan bisa mencapai lebih dari Rp20.000.000. 

Maka dari itu, untuk meminimalisir anggaran, pilihlah lokasi di area rumah saja. Jika dilaksanakan di sekitar rumah, kamu bisa memaksimalkan dana untuk keperluan lainnya. 

5. Dekorasi pernikahan

instagram.com/azilavilla

Dikarenakan pernikahanmu diselenggarakan di rumah, maka dekorasi pernikahan ini perlu disiapkan dengan maksimal. Ada berbagai konsep dekorasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan lokasinya. 

Kamu bisa memilih dekorasi a la rustic yang minimalis atau dekorasi a la garden party yang lebih simpel. Untuk anggaran dekorasi, kamu bisa mengalokasikan dana Rp2.000.000 untuk dekorasi yang sederhana saja.

6. Busana dan tata rias

freepik.com/freepik

Rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah busana dan tata rias. Kamu tentu tidak ingin tampil buruk di hari bahagiamu, bukan?

Maka dari itu, kamu bisa menyewa gaun pengantin atau memakai busana yang sudah ada supaya lebih hemat. Sementara untuk jasa Makeup Artist, sisihkan biaya sekitar Rp2.000.000 dan cari MUA yang terpercaya. 

7. Katering

freepik.com/mrsiraphol

Meskipun pernikahanmu cukup sederhana, tetapi soal katering jangan sampai disepelekan. Persoalan katering ini juga perlu disesuaikan dengan jumlah undangan. 

Jika kamu mengundang 500 tamu undangan misalnya, maka kamu bisa mengeluarkan dana sebesar Rp10.000.000 untuk harga Rp20.000 per orang.Di antara pengeluaran lainnya, katering memang memakan dana paling besar.

Untuk menekan pengeluaran ini, kamu juga bisa memanfaatkan kemampuan memasak anggota keluarga atau tetangga sehingga dana bisa dialokasikan untuk pembelian bahan. 

8. Wedding Organizer (WO)

Pexels.com/ Soner Görkem

Alih-alih mempersiapkan semua acara pernikahan sendiri, memakai wedding organizer kini justru lebih mudah. Sebab, mereka bisa menentukan konsep hingga jalannya acara sampai akhir. 

Tak jarang, pihak wedding organizer juga menawarkan harga paket bersama dengan dekorasi, katering, hingga dokumentasi dengan harga yang lebih murah. 

9. Undangan dan souvenir

freepik.com/freepik

Rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta yang bisa ditekan adalah biaya untuk undangan. Sebab, kebanyakan undangan hanya berujung tak terpakai. 

Maka dari itu, akan lebih hemat jika undangan dibuat berbasis digital saja. Dengan undangan digital, kamu bisa lebih mudah membagikannya melalui media sosial. Untuk membuat undangan digital, kamu bisa mendapatkannya mulai kisaran harga Rp100.000 saja. 

Sedangkan untuk souvenir, pilihlah souvenir yang fungsional dan sederhana dengan harga yang murah. Kamu bisa menemukannya di toko grosir online atau offline dengan harga Rp1.000. Jika kamu mengundang 500 orang, maka souvenir akan membutuhkan biaya Rp500.000.

10. Hiburan dan dokumentasi

freepik.com/freepik

Terakhir, momen pernikahan merupakan momen berharga yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Maka dari itu, kamu permu menyisihkan anggaran untuk jasa dokumentasi agar momen bisa dikenang selamanya. 

Untuk anggaran dokumentasi, kamu bisa mengeluarkan anggaran sekitar Rp1.000.000. Kamu juga bisa mencari kerabat agar harga yang dipatok lebih terjangkau. 

Sementara untuk hiburan, cobalah untuk memilih teman terdekat agar tidak menambah anggarannya. 

Rincian biaya pernikahan Rp20 Juta

Pexels.com/Acharaporn Kamornboonyarush

Dari ulasan di atas, berikut ini adalah rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta yang lengkap. 

  1. Biaya administrasi: Rp600.000
  2. Cincin pernikahan: Rp2.800.000
  3. Mahar pernikahan: Rp1.000.000
  4. Dekorasi pernikahan: Rp2.000.000
  5. Busana dan tata rias: Rp2.000.000
  6. Katering: Rp10.000.000
  7. Undangan dan souvenir: Rp600.000
  8. Dokumentasi: Rp1.000.000

Total rincian biaya di atas adalah Rp20.000.000. Namun, kamu bisa menyesuaikannya lagi sesuai dengan jumlah undangan dan sebagainya. 

Itu dia rincian biaya pernikahan sederhana di bawah Rp20 juta yang bisa kamu jadikan panduan. Meskipun sederhana, tetapi biaya pernikahan Rp20 juta sudah cukup untuk menggelar pernikahan yang berkesan, kok!

IDN Media Channels

Latest from Married