Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Husband Material Adalah Laki-Laki Kualitas Suami Idaman, Ini 5 Cirinya

Ada semua cirinya di pacarmu?

Astri Amalia

Husband material adalah istilah yang mengacu pada laki-laki dengan kualitas suami yang baik. Bisa dikatakan bahwa laki-laki husband material adalah laki-laki yang sangat cocok dijadikan pasangan jangka panjang karena mereka nggak pernah main-main dalam hubungannya.

Untuk memiliki hubungan yang serius, tentu kamu perlu menarik pasangan husband material dengan cara melihat kualitasnya dari awal membangun hubungan romantis, Bela.

Yup, jangan sampai karena bucin, kamu rela untuk memilih laki-laki yang sama sekali nggak tertarik untuk punya hubungan yang serius. Seperti halnya laki-laki yang inkonsisten dalam perkataannya, suka berbohong, sering ingkar janji, hingga selalu menyalahkanmu setiap kali konflik muncul.

Akan tetapi, jika laki-laki yang mendekatimu punya kemampuan mengontrol emosi dengan baik, selalu menepati janji, terbuka untuk komunikasi, hingga membuatmu merasa aman dan nyaman berada di dekatnya, ini pertanda kalau kamu harus mempertimbangkannya untuk jadi pasangan hidupmu. Karena besar kemungkinan dia punya kualitas husband material.

Agar kamu lebih jelas melihat ciri dari laki-laki husband material, berikut Popbela spill ulasan selengkapnya khusus untukmu. Yuk, simak!

1. Dapat dipercaya

Freepik.com/Prostooleh

Seperti yang kita ketahui, trust atau kepercayaan adalah landasan penting dalam menjalin sebuah hubungan. Tanpa adanya rasa percaya kepada pasangan, bisa mengakibatkan hubungan jadi goyah dan penuh kecurigaan.

Mengutip jurnal yang bertajuk Influence of Lack of Trust on Romantic Relationship Problems: The Mediating Role of Partner Cell Phone Snooping, kurangnya kepercayaan pada pasangan dalam hubungan bisa sampai menyebabkan berbagai masalah, seperti depresi dan kecemasan, kurangnya keintiman, perasaan nggak aman, hingga kesepian.

Laki-laki husband material mampu menjaga janjinya dan berperilaku sesuai dengan ucapannya, sehingga secara alami, kamu merasa bahwa dia adalah sosok yang dapat kamu percaya.

2. Nggak egois

Freepik.com/frimufilms

Yup, laki-laki husband material biasanya sangat altruis alias nggak egois. Dia kerap kali memikirkan kondisimu, mengikutsertakan kamu dalam pengambilan keputusan, dan menghargai setiap pendapatmu, meski bersebrangan dengan pendapatnya.

Mengutip laman Live Science, sikap altruis pun disebut mampu menghasilkan pernikahan yang lebih baik. Sehingga, kalau kamu mendapati seorang laki-laki dengan sikap altruis, besar kemungkinan dia mampu menjadi seorang suami yang baik.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada beberapa pasangan suami istri, ditunjukkan bahwa 67 persen pasangan yang lebih altruis menilai pernikahan mereka “sangat bahagia” dibandingkan dengan mereka yang nggak altruis.

Tom Smith dari National Opinion Research Center di University of Chicago kemudian menyimpulkan dari penelitian tersebut, “Cinta altruistik dikaitkan dengan kebahagiaan yang lebih besar secara umum dan khususnya dengan kebahagiaan pernikahan yang lebih besar.

3. Mampu mendengar secara aktif

Freepik.com

Faktanya, banyak sekali pasangan yang nggak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, salah satunya ialah mendengarkan secara aktif. Terutama dalam konflik, pasangan sangat rentan untuk mendengar untuk merespon, ketimbang mendengar untuk memahami.

Padahal, menurut pekerja sosial klinis berlisensi dan pakar hubungan, Michael Batshaw, LCSW, landasan komunikasi yang sukses dalam sebuah hubungan ialah kemampuan untuk benar-benar mendengarkan satu sama lain, tanpa “membuat argumen tandingan di kepalamu.”

Laki-laki husband material biasanya sangat mahir dalam mendengar secara aktif. Ini ditunjukkan dalam beberapa hal, seperti melakukan eye contact, gestur badan yang dicondongkan ke arahmu mengartikan bahwa ia tertarik untuk mendengarkanmu, menghindari distraksi seperti telepon genggan dan perangkat lainnya, serta menunjukkan ekspresi yang meyakinkanmu bahwa kamu memang sedang didengarkan.

4. Bertanggung jawab

Freepik.com/senivpetro

Karena punya pemahaman bahwa dia akan menjadi kepala rumah tangga, nggak heran jika laki-laki husband material adalah sosok yang begitu bertanggung jawab. Nggak perlu menunggu waktu lama, laki-laki seperti ini akan menunjukkan tanggung jawabnya dari awal hubungan, seperti mampu mengakui kesalahannya, nggak suka menyalahkan, sering instrospeksi diri, menepati janji, dan tentu saja berkomitmen dalam hubungannya.

5. Punya kecerdasan emosional yang mumpuni

Freepik.com/Racool_studio

Berada dalam hubungan yang serius, berarti diperlukan kemampuan memahami dan mengontrol emosi dengan baik, dengan kata lain adalah memiliki kecerdasan emosional yang mumpuni. Bayangkan kalau tiap pasangan nggak memiliki kemampuan ini, satu sama lain akan saling menyalahkan tanpa ada keinginan refleksi diri, gemar melemparkan tanggung jawab atas permasalahan yang sedang dihadapi, dan melakukan tindak kekerasan emosional seperti halnya gaslighting, melakukan silent treatment, atau berperilaku pasif agresif.

Namun, laki-laki husband material begitu cerdas secara emosional. Dia sangat paham dalam mengelola emosinya, memvalidasi perasaannya, hingga menghadapi konflik dengan kepala dingin. Dengan memiliki semua kemampuan ini, kamu akan merasakan betapa amannya kamu saat terbuka dengannya.

Nah, setelah mengetahui ciri dari laki-laki husband material, kira-kira apa cara untuk menarik laki-laki yang berkualitas seperti itu? Simak caranya berikut ini.

Cara menarik laki-laki husband material

Freepik.com

"You attract what you are."

Apa kamu familier dengan kalimat tersebut, Bela?

Dalam law of attraction atau hukum tarik-menarik, dikatakan kalau kita akan menarik seseorang yang menjadi cerminan dari diri kita. Kalau kamu punya kepribadian yang buruk, besar kemungkinan kamu menarik laki-laki dengan kepribadian yang buruk pula, begitupun sebaliknya.

Artinya, kalau kamu mau menarik laki-laki husband material, maka kamu perlu melihat ke dalam dirimu, apakah kamu punya kualitas yang sepadan dengan laki-laki idamanmu itu?

Untuk itulah, jika kamu mau menarik laki-laki husband material ke dalam hidupmu, hal pertama dan paling penting adalah melakukan refleksi diri. Sadari sikap apa yang bertentangan dari kualitas seorang istri idaman, seperti kepribadian dan tutur kata yang buruk, nggak punya kemampuan untuk berempati, hingga ketidakmampuan untuk berkomitmen dalam hubungan.

Setelah mengetahui blind spot-mu itu, mulailah memperbaiki dan belajar untuk mengembangkan dirimu. Bisa dimulai dengan mengisi waktumu dengan kegiatan bermanfaat, seperti membaca buku, meditasi, journaling, olahraga, dan mengelilingi diri dengan orang-orang yang punya mindset untuk berkembang menjadi lebih baik.

Sebab faktanya, orang yang berada di sekeliling kita punya pengaruh yang amat besar terhadap kepribadian dan kebiasaan kita. Untuk itulah, berada dalam lingkaran sosial yang baik jadi kunci penting terhadap perkembangan dirimu.

Perlahan tapi pasti, kamu akan menyadari perubahan positif yang ada di dalam dirimu serta di lingkungan sekitarmu, dan laki-laki husband material pun akan semakin mudah untuk menemukanmu.

Kesimpulan

freepik.com/Lifestylememory

Laki-laki husband material adalah sosok yang cocok untuk dijadikan pasangan hidup, sebab mereka ibarat 'green flag berjalan,' dengan kata lain banyak karakteristik positif yang mereka miliki. Sehingga usaha yang jadi kunci penting dalam menarik laki-laki husband material adalah dengan terus memperbaiki kualitas diri.

Itulah ulasan lengkap mengenai husband material beserta cirinya. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Married