Berbicara tentang tipe suami idaman, kira-kira tipe seperti apa yang kamu inginkan? Apakah kamu memasukkan tipe family man sebagai salah satu sosok suami idamanmu?

Family man sendiri adalah sosok laki-laki yang banyak diidamkan para perempuan sebagai seorang suami, karena ia merupakan sosok laki-laki yang penuh cinta dan kehangatan, serta selalu menempatkan keluarga sebagai prioritas utamanya.

Laki-laki family man juga akan sangat senang menghabiskan waktu di rumah untuk bercengkerama bersama pasangan dan anak-anaknya.

Ternyata, ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh seorang family man, kira-kira apa saja, ya?

Untuk tahu jawabannya, berikut ini karakteristik yang dimiliki oleh seorang family man yang sudah Popbela rangkum, seperti dilansir dari lifeasmama berikut ini.

1. Sosok yang mencintai anak-anak.

5 Karakteristik Family Man, Sosok Suami Idaman!unsplash.com/Nathan Dumlao

Karakteristik seorang family man yang pertama adalah, seorang laki-laki yang begitu mencintai anak-anak. Kamu bisa tahu kalau seorang laki-laki merupakan family man dari caranya bertindak ketika dia berada di sekitar anak-anak.

Jika dia tampak acuh dan terlihat nggak suka untuk berinteraksi dengan anak-anak yang berada di sekitarnya, kemungkinan besar dia bukanlah seorang family man.

Tapi, kalau dia terlihat berinteraksi dengan anak-anak dan asyik bermain dengan mereka, sudah bisa dipastikan kalau dia family man sejati!

Kamu bisa bayangkan, bagaimana kalau kamu menikah dengan seorang family man, dan memiliki anak, dijamin dia akan jadi suami siaga yang selalu siap membantumu seputar urusan anak.

2. Sosok yang senang menghabiskan waktu di rumah dengan keluarga.

5 Karakteristik Family Man, Sosok Suami Idaman!Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Seorang family man adalah sosok yang sangat mencintai keluarganya lebih dari apa pun. Ia akan lebih memilih berada di rumah untuk berkumpul dengan istri dan anak-anaknya, dibandingkan pergi keluar saat diajak nongkrong bersama teman-temannya. 

Di masa pacaran, kamu bisa melihat seberapa sering dia menghabiskan waktu bersama keluarganya. Apakah dia tipe orang yang selalu siap jika dimintai bantuan oleh ayah ibunya? Apakah dia selalu bersedia menemani dan melindungi adiknya?

Kedekatan dia bersama keluarga menjadi tolak ukur seorang laki-laki yang memiliki karakteristik family man.

3. Memprioritaskan kebahagiaan keluarganya.

5 Karakteristik Family Man, Sosok Suami Idaman!unsplash.com/Luca Baini

Bagi seorang family man sejati, keluarga adalah hal terpenting di dunia. Itu berarti dia akan melakukan apa pun agar keluarganya merasa bahagia.

Dia akan bekerja begitu keras untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, dan akan selalu mementingkan kebahagiaan pasangan dan anak-anaknya.

Sosok laki-laki family man juga akan merasa bahwa kebahagiaan keluarganya jauh lebih penting dibandingkan kebahagiannya sendiri. 

4. Menghargai pendapat keluarganya.

5 Karakteristik Family Man, Sosok Suami Idaman!Pexels.com/Anna Tarazevich

Seorang family man adalah sosok yang jauh dari kata egois, karena ia akan benar-benar menghargai keluarganya.

Contohnya, setiap keputusan yang dibuatnya akan selalu mempertimbangkan pendapat keluarganya, dan bagaimana keputusan itu akan berdampak kepada mereka. 

Intinya, seorang family man akan selalu menempatkan dirinya di urutan kedua, setelah pasangan dan anak-anaknya.

5. Pendengar yang baik.

5 Karakteristik Family Man, Sosok Suami Idaman!Pexels.com/PNW Production

Seorang pendengar yang baik, itulah titel yang sangat cocok disematkan kepada seorang family man. Dia dengan senang hati mendengarkan berbagai cerita keseharian anak-anaknya di sekolah, dan berbagai ungkapan perasaan dari pasangannya.

Family man juga akan menunjukkan kalau dia seorang pendengar yang baik, dengan membuat kontak mata, menjauhkan ponsel dari jangkauannya, juga menunjukkan gestur ketertarikan, seperti mencondongkan tubuhnya lebih dekat untuk benar-benar memperhatikan cerita.

Dengan begitu, kalau kamu menjadi pasangan seorang family man, dijamin kamu akan merasa begitu nyaman ketika bercerita. Nggak akan ada yang namanya interupsi dan penghakiman darinya, yang ada hanya dia yang terlihat benar-benar mendengarkanmu!  

Jadi, itulah 5 karakteristik yang dimiliki oleh seorang family man. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya, Bela!

Baca Juga: Suami Idaman! 5 Zodiak Ini Memiliki Karakter Family Man

Baca Juga: 5 Janji Laki-laki yang Jarang Ditepati

Baca Juga: Ini 6 Kelemahan Perempuan saat Menjalin Hubungan