Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri setelah Diselingkuhi

Berhenti menyalahkan dirimu sendiri

Astri Amalia

Perselingkuhan faktanya jadi faktor utama yang dapat menghancurkan kepercayaan diri seseorang. Meskipun seorang korban perselingkuhan paham bahwa permasalahan nggak terletak di dia, tapi nggak bisa dipungkiri bahwa ada kemungkinan orang-orang di sekitar melihatnya dengan cara yang berbeda. Seperti halnya memberi cap korban sebagai sosok pasangan yang kurang baik.

Tentunya pandangan semacam ini hanya akan membuat kepercayaan diri korban perselingkuhan semakin menurun.

Kali ini Popbela akan membahas 7 cara meningkatkan kepercayaan diri setelah diselingkuhi oleh pasangan. Simak artikel selengkapnya yang dikutip dari laman Emotional Affair berikut ini.

1. Hentikan kritik di dalam dirimu

freepik.com/freepik

Dalam kondisi seperti ini, kritik negatif kerap muncul di dalam diri. Jika nggak dikendalikan dengan baik, ini akan memengaruhi perasaan dan perilakumu, Bela

Apabila hal ini terjadi, sangat penting untuk menghentikan kritikan tersebut. Sebab nyatanya, kritikan dari dalam diri nggak memberikan umpan balik yang bermanfaat dan hanya menjatuhkanmu saja.

2. Berhenti membandingkan diri

pexel.com/ Alena Darmel

Saat diselingkuhi oleh pasangan, akan sangat mudah membuat diri ini membandingkan kehidupan pernikahan orang lain yang terlihat harmonis. Akan tetapi, kamu perlu menyadari bahwa membandingkan diri nggak membuat perbaikan apa-apa terhadap kepercayaan dirimu. Justru dengan membandingkan diri, kamu hanya melihat letak kekurangan di dalam hubunganmu saja.

Maka dari itu, mulailah untuk berhenti membandingkan dirimu atau hubunganmu dengan hubungan orang lain

3. Habiskan waktu dengan orang-orang yang suportif

Freepik.com/freepik

Dukungan dari orang-orang di sekitar amat sangat krusial di kondisi rentan seperti ini. Kelilingilah dirimu dengan keluarga atau teman-teman yang siap memberikanmu dukungan.

Dengan adanya mereka di sekelilingmu, akan membuatmu merasa lebih baik, dan tentu saja semakin meningkatkan kepercayaan diri setelah diselingkuhi oleh pasangan.

4. Fokus untuk merawat dirimu lebih baik lagi

freepik.com/cookie_studio

Mengubah orang lain adalah hal yang mustahil. Tapi kabar baiknya, kita bisa merawat diri sendiri guna mengubah diri menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Setelah badai di dalam pernikahanmu terjadi, sangat disarankan agar kamu memfokuskan diri untuk merawat dirimu sendiri. Ini bisa dimulai dari hal-hal sederhana, seperti olahraga, meditasi, makan makanan yang sehat, melakukan perawatan tubuh, seperti maskeran atau luluran, hingga belajar menyembuhkan diri untuk melepaskan luka batin akibat perselingkuhan.

5. Lakukan sesuatu yang baru dan menyenangkan

Pexels.com/Gustavo Fring

Melakukan hal baru jadi cara ampuh lainnya untuk meningkatkan kepercayaan diri setelah diselingkuhi. Jadi, cobalah untuk menemukan hobi baru yang kiranya bisa kamu nikmati.

Kamu juga bisa mencoba hobi yang dapat membantumu untuk mengekspresikan perasaanmu, seperti halnya menggambar atau melukis.

Atau kamu bisa melakukan hal yang dari dulu ingin kamu coba namun belum sempat untuk kamu lakukan.

6. Akui rasa sakit akibat perselingkuhan yang terjadi

freepik.com/pikisuperstar

Agar kamu bisa lepas dari jerat kesedihan dan kekecewaan akibat perselingkuhan yang dilakukan pasangan, yang perlu kamu lakukan adalah mengakui bahwa perselingkuhan itu benar terjadi dan membuatmu amat terluka.

Meskipun nggak semudah yang dikatakan, tapi dengan mengakui rasa sakitnya, kamu sedang memproses lukanya agar bisa dilepaskan. Sehingga cepat atau lambat, kamu mampu untuk move on dari kejadian menyakitkan itu dan menjadi sosok yang lebih percaya diri.

Itulah 6 cara meningkatkan kepercayaan diri setelah diselingkuhi oleh pasangan. Meski rasanya menyakitkan, tapi yakinlah bahwa kamu bisa melewati kondisi ini dengan baik, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Married