Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Hal yang Dilakukan Pasangan sebelum Tidur agar Makin Mesra

Ikatan kalian jadi makin erat

Amalia Azizah

Tidur merupakan aktivitas yang dibutuhkan setiap orang. Tidur juga ternyata bisa sangat memengaruhi mood  seseorang. Bisa dikatakan, kualitas tidur kita akan sangat memengaruhi kehidupan kita.

Untuk menjaga hubungan pasangan agar semakin erat, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yakni kegiatan sebelum tidur. Ternyata Bela, dari kegiatan-kegiatan berikut bisa memupuk hubungan kalian menjadi lebih harmonis dan memperkuatnya. Kira-kira kegiatan apa saja ya?

1. Membaca buku

pinterest.com

Alih-alih bermain handphone sebelum tidur, membaca sebelum tidur bisa jadi rutinitas yang perlu kalian terapkan. Selain menambah ilmu, membaca sebelum tidur juga bisa menambah keintiman. Kalian bisa menentukan satu buku bersama yang ingin kalian baca dan nantinya bisa kalian diskusikan. Kamu bisa membacakannya dan pasanganmu mendengarkan atau pun sebaliknya. Kalian bisa bergiliran.

2. Diskusi dari hati ke hati

pinterest.com

Jam kerja yang panjang, hanya bertemu saat sarapan atau ketika akan tidur saja banyak membuat pasangan kehilangan komunikasi yang penting dalam hubungan. Wajar jika ke depannya banyak sekali kesalahpahaman.

Kedua pihak saling bekerja memang merupakan pilihan, mengingat biaya untuk memenuhi kehidupan zaman kini tentu berbeda dengan zaman dulu. Karena keduanya saling bekerja, waktu untuk saling bersama pun berkurang. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu dan pasangan bisa saling diskusi dari hati ke hati sebelum tidur. Kalian bisa saling curhat dan meceritakan kegiatan apa saja yang sudah dilalui hari itu.

3. Menetapkan jam tidur

pinterest.com

Memasuki era modernisasi sekarang ini, banyak pasangan yang memutuskan untuk bekerja. Entah lelaki atau perempuan. Sehingga banyak pasangan yang nggak saling bertemu sepanjang hari dan memiliki kebiasaan tidur di waktu yang berbeda. Menurut seorang psikolog, Curt Smith, menggosok gigi bersama dan pergi tidur pada saat yang sama bisa membuat pasangan bahagia . Hal demikian membantu keduanya menjaga kehangatan dan keintiman hubungan.

4. Selesaikan kesalahpahaman sebelum tidur

pinterest.com

Jangan sampai tidur dengan meninggalkan rasa marah atau kesal. Mengapa? Sebuah penelitian dalam Journal of Neuroscience, para ilmuwan menemukan bahwa saat marah ada emosi negatif dalam tubuh yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Dr Alexander Golbin menuturkan bahwa kemarahan terutama yang sudah bersifat kronis ternyata bisa meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung, membuat napas jadi nggak teratur, menyebabkan kejang otot kronis, meningkatkan tekanan dalam tengkorak, serta penurunan aktivitas insulin serta gejala lainnya.

Jadi Bela, salah jika kita berpikiran bahwa dengan tidur bisa melupakan marah atau masalah. Selesaikan masalah selagi masih kecil dan hindari menunda salah paham karena nantinya bisa menjadi masalah besar.

5. Saling memijat

pinterest.com

Memijat merupakan kegiatan untuk memberikan atau mendapatkan efek relaksasi. Saling memijat sebelum tidur bisa membuat tidur kalian menjadi lebih nyenyak. Kualitas baik tentunya bisa membuat tubuh dan mood juga baik. 

Menurut spesialis dari National Foundation of Sleep menegaskan bahwa pijatan ringan dan santai sebelum tidur meningkatkan kualitas tidur kamu dan pasangan, mengurangi kecemasan, dan membawa ikatan kalian jadi lebih dekat.

6. Saling bersyukur dan berterima kasih

pinterest.com

Saling bersyukur dan berterima kasih bisa membantu kamu lebih memahami dan menghargai pasangan. Begitu juga sebaliknya. Dengan saling memahami ini kalian bisa lebih harmonis dan nggak saling menuntut satu sama lain. Bersyukur juga bisa membuat kalian lebih bahagia.

7. Jangan lupa saling memeluk

pexels.com/@rawpixel

Hal-hal atau sentuhan kecil bisa sangat berpengaruh pada kualitas hubungan pasangan. Jangan lupa untuk mencium pasanganmu sebelum tidur serta berpelukan selama beberapa menit saat kalian sudah berada di tempat tidur. Kegiatan ini sangat santai dan bisa membangkitkan emosi positif. Para psikolog yakin bahwa jika kamu dan pasangan berpelukan sambil tertidur, hubungan kalian akan terhindar bermasalah.

IDN Media Channels

Latest from Married