Tentu saja, menghadapi seseorang yang selalu berpikiran negatif tidaklah mudah. Apalagi, jika orang itu adalah orang terdekat kamu seperti misalnya pasangan! Padahal, pemikiran yang tak pernah positif akan selalu jadi penghalang untuk terus melangkah maju. Menyebalkan dan bikin frustrasi di saat yang bersamaan, bukan?

Tetap bersabar dan jangan khawatir, ya. Percayalah, tak akan ada permasalahan yang tak memiliki solusi. Popbela telah merangkum beberapa cara yang dapat kamu terapkan guna mengatasi pasangan yang selalu berpikiran negatif, nih. Simak sampai habis!

1. Jangan mudah tersinggung

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatiffreepik/wavebreakmedia_micro

Apabila pasangan kamu selalu berpikiran negatif, hal yang harus kamu lakukan guna mengatasinya adalah dengan tidak mudah tersinggung dalam menanggapi sikapnya. Bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan memang. Namun, cobalah untuk nggak memasukkan tindakan maupun perkataannya terhadapmu ke dalam hati, ya. Percayalah, ini akan sangat membantu kamu untuk menghindari pertengkaran yang tak perlu!

2. Selalu tebarkan aura positif

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatifhttps://www.pexels.com/@budgeron-bach

Ketika pasangan mulai berpikiran negatif, lawanlah dengan sikap yang positif agar lebih berfokus pada berbagai hal baik dalam hidup. Misalnya mulai dari hal sederhana seperti menebar senyum hingga bersyukur. Dengan begitu, ia dapat lebih mudah menjalani hari tanpa bayang-bayang keraguan dan rasa khawatir.

3. Cari tahu penyebab si dia berpikiran negatif

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatifhttps://www.pexels.com/@ku3weddinghouse

Untuk mengatasi pasangan yang selalu berpikiran negatif, kamu perlu mengetahui akar penyebab yang membuatnya bersikap demikian. Hal semacam ini mungkin bermakna dalam dan amat personal untuknya. Oleh karena itu, berhati-hatilah dan pergunakan nada bicara yang lembut ketika bertanya kepada si dia, ya. Namun, jika pasangan kamu belum siap untuk sekadar berbagi cerita, jangan sesekali memaksanya. Beri si dia ruang hingga ia benar-benar merasa siap, Bela.

4. Jadilah pendengar yang baik untuknya

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatifhttps://www.pexels.com/@mikhail-nilov

Ketika pada akhirnya pasangan memilih untuk menceritakan segalanya kepada kamu, hargai ia dengan menyimaknya secara seksama. Tentu saja, ini amat tak mudah untuk si dia. Maka dari itu, upayakan selalu untuk menjadi pendengar terbaiknya, ya. Beri ia kenyamanan tanpa penghakiman guna melegakan sesuatu yang mungkin mengganjal di dalam hati. Hal semacam ini dapat jadi petunjuk untukmu dalam mengatasi sikapnya yang kerap berpikiran negatif.

5. Temukan sisi positif dalam diri pasangan

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran NegatifPexels.com/Liliana Drew

Meski ada begitu banyak sikap buruk dalam diri pasangan kamu, akan selalu ada sisi positif yang terus-menerus membuatmu jatuh hati, kok. Cari dan gali itu agar kamu tetap kuat menghadapi hal ini sebagai salah satu ujian dalam sebuah hubungan, ya. Misalnya dengan melakukan kilas balik atau nostalgia bersama tentang masa-masa indah di mana keraguan dan rasa khawatir belum hadir di tengah-tengah kalian. Barangkali, cara ini ampuh untuk mengingatkan pasangan kamu betapa menyenangkannya hidup tanpa aura negatif.

6. Jangan terpengaruh untuk bersikap sama

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatifhttps://www.pexels.com/@pavel-danilyuk

Segala sesuatu yang buruk memang akan jauh lebih cepat untuk menular ke sekitar. Dalam hal ini, kamu perlu bersikap tegas dan memberi batas. Apabila tidak, kamu dapat terpengaruh untuk turut berpikiran negatif, lho. Nggak ingin hal ini terjadi kepadamu, bukan?

7. Bergaul dengan orang-orang yang positif

7 Tips Mengatasi Pasangan yang Selalu Berpikiran Negatifhttps://www.pexels.com/@kampus

Mendekatkan diri dengan orang-orang yang memiliki aura positif juga nggak kalah pentingnya untuk dilakukan agar berhenti berpikiran negatif. Nggak perlu segan untuk meminta si dia keluar dari lingkaran pertemanan yang toxic! Lagi pula, akan lebih berdampak baik jika si dia melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dengan teman-teman yang positif.

Nah, itulah beberapa tips versi Popbela guna mengatasi pasangan yang selalu berpikiran negatif. Semoga informasi ini cocok untuk kamu terapkan dalam hubungan bersama pasangan. Jangan menyerah dan lelah dalam menghadapi si dia, ya!

Baca Juga: Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus 

Baca Juga: 5 Hal Seru yang Terjadi Jika Punya Kesamaan dengan Pasangan

Baca Juga: 7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Love