Saat masih remaja, kita mungkin berpikir bahwa laki-laki bisa dibilang dewasa jika sudah memasuki usia 25 tahun ke atas. Tapi pada kenyataannya, kedewasaan itu nggak bisa diukur dari segi usia saja, Bela. Ada saja laki-laki berusia 30-an tapi nyatanya nggak bisa mengontrol emosi, bahkan kerap meledak-ledak layaknya ABG.  

Pada umumnya, perempuan bisa lebih dulu menjadi dewasa secara emosional dibandingkan laki-laki. Tapi, gimana caranya kita tahu bahwa si dia sudah dewasa atau belum? Jangan bingung, inilah 9 tanda laki-laki sudah matang secara emosional yang dilansir dari Love Panky.

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Laki-laki yang sudah dewasa secara psikologis akan membicarakan segala hal dengan cara yang baik dan tanpa emosi. Mengatur emosi memang bukanlah perkara mudah. Oleh karena itu, mungkin hanya orang tertentu saja yang bisa melakukannya. Orang yang sudah dewasa secara emosional akan menjaga ucapan dan tingkah laku karena mereka selalu berpikir ke depan saat mengambil keputusan. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Ada sebuah kesalahpahaman di mana banyak yang berpikir kalau laki-laki nggak boleh menangis karena itu menandakan bahwa ia lemah. Padahal, itu menunjukkan bahwa mereka gengsi dan belum dewasa. Sebaliknya, laki-laki yang sudah matang secara emosional justru nggak akan menahan diri untuk menunjukkan perasaan yang sesungguhnya. Dia sadar bahwa menekan perasaan adalah hal yang menyakitkan, maka ia lebih memilih untuk mengutarakan perasaannya. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Pernahkah kamu mendengar bahwa jika ingin melihat kepribadian seseorang, maka lihatlah dengan siapa ia berteman? Yup, lingkungan pertemanan memang menjadi salah satu faktor penting untuk membentuk karakter seseorang. Cobalah lihat bagaimana teman-temannya saat ini, apakah mereka sudah matang secara emosional atau justru masih kekanakan? Jadi, kalau kamu nggak yakin dengan pacarmu, maka lihatlah dari lingkungan pertemanannya.  

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Seorang laki-laki dewasa ingin terus berkembang dan berpikir jauh ke depan. Mereka selalu mempelajari banyak hal, bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga pasangannya. Ia ingin menjadi orang yang lebih baik lagi dan berusaha mengajak orang-orang yang ia cintai untuk menjadi lebih baik. Selain itu, mereka juga nggak mau berkutat dalam masalah yang sama berulang kali karena ini artinya mereka nggak belajar dari masa lalu.  

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Saat mengalami masalah, terkadang kita hanya ingin didengarkan bukanlah minta dinasihati. Jika kamu berbicara dengan laki-laki yang belum dewasa, mereka justru akan menghakimimu dan mengatakan apa yang harus kamu ubah meskipun kamu nggak meminta saran darinya. Tapi sebaliknya, laki-laki yang sudah matang secara emosional akan tahu bahwa kamu hanya membutuhkan bahu untuk bersandar dan baru mengungkapkan saran ketika kamu memintanya saja. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Setiap orang memiliki privasi yang seharusnya nggak boleh dilanggar oleh siapa pun, meski oleh pasangan sekalipun. Meski berpacaran, bukan berarti dia bisa melewati batasanmu, Bela. Laki-laki yang sudah matang secara emosional akan menghormatinya, walaupun mungkin ia sangat ingin tahu segala hal tentangmu. Di sinilah kamu perlu memberikan penjelasan yang baik agar nggak ada kesalahpahaman. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Mungkin nggak semua laki-laki mau terbuka tentang segala hal dengan orang lain. Apalagi jika berkaitan dengan rahasia yang selama ini ditutup rapat. Mereka nggak mau dilihat sebagai laki-laki yang lemah jika menceritakan kekurangan yang ada dalam dirinya. Tapi nggak demikian dengan laki-laki yang sudah dewasa. Dia nggak malu untuk menceritakan segala hal yang ia rasakan kepadamu karena dia juga sudah percaya bahwa rahasianya aman bersamamu. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Setiap keputusan tentu memiliki risikonya masing-masing. Laki-laki yang sudah matang dari segi emosional nggak akan lari dari tanggung jawab yang telah ia ambil. Meski ada rasa khawatir, tapi ia tetap bergerak maju dan menghadapi risiko yang terjadi. Berbeda dengan laki-laki yang belum dewasa, mereka justru memilih untuk menghindari risiko yang ada. 

Wajib tahu, Ini 9 Tanda Laki-Laki Sudah Dewasa Secara Emosional  

Laki-laki yang belum dewasa nggak akan menyadari hal-hal yang mungkin akan terjadi di masa depan. Mereka nggak paham mana yang harus dipikirkan dari sekarang dan mana yang nggak. Berbeda halnya dengan laki-laki yang sudah matang dari segi emosional, di mana mereka justru berpikir jauh ke depan dan sadar mana yang penting untuk didahulukan atau nggak. Mereka juga nggak akan menjalani hubungan tanpa arah dan tujuan yang jelas. 

Sekarang sudah tahu kan tanda-tanda si dia sudah matang secara emosional atau belum? Jangan sampai salah langkah, ya! 

Baca Juga: 7 Sikap yang harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Sosok yang Dewasa