Banyak orang menggunakan datting apps sebagai bagian dari gaya hidupnya saat ini. Ada yang menggunakannya untuk mengisi waktu luang, mencari teman baru, atau bahkan memang untuk mencari pasangan. Kalau kamu termasuk kategori yang mana, nih, Bela?

Ketika kamu menemukan beberapa orang yang kamu rasa adalah tipemu, terkadang muncul keraguan untuk memulai mengirim pesan. Terlebih kamu adalah perempuan, rasa gengsi kadang nggak terelakkan. Jika kamu mempunyai masalah seperti ini, sebenarnya ada beberapa cara untuk memulai percakapan di dating apps dengan elegan dan tidak terkesan agresif.

Berikut ini Popbela kasih bocoran berupa beberapa cara memulai percakapan di dating apps dengan elegan.

1. Don’t: Memulai dengan sapaan “Hai” atau “Apa kabar”

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi Kencanunsplash.com/ Priscilla Du Preez

Salah satu sapaan yang terdengar basi adalah memulai dengan, “Hai” dan “Apa kabar”. Apalagi jika dia menerima banyak pesan dari teman datting apps-nya. Bahkan dia mungkin hanya melihat pesanmu tanpa membalas. Cara membosankan ini nggak efektif untuk melakukan chatting ya Bela.

2. Do: Buat dia tertawa

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi KencanPexels.com/Andrea Piacquadio

Hal yang membuat keberhasilan dalam mengirimkan pesan di datting apps adalah memberinya sebuah pesan yang membuatnya terhibur. Candaan atau lelucon bisa kamu lontarkan padanya, bahkan jokes yang garing sekalipun.

Dengan hiburan ini teman datting apps-mu merasa kamu bukan sekadar orang asing yang masuk dalam hidupnya.

3. Don’t: Hanya mengirim GIF atau emoji

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi Kencanunsplash.com/ Szabo Viktor

Mengirim sebuah GIF atau emoji ke orang yang baru pertama kali kamu kenal bukanlah hal yang sopan. Hal ini terkesan kamu meremehkan mereka dan nggak mau repot-repot menuliskan kalimat sapaan untuknya.

Alih-alih kamu menganggap cara ini asyik dan dapat disambut dengan menyenangkan, dia akan langsung menghapus chat-mu. Wah, jangan sampai, ya, Bela.

4. Do: Tunjukkan bahwa kamu sudah melihat profilnya

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi Kencanfreepik.com/shurkin_son

Beberapa status atau bio yang ada di profil datting apps seseorang bertujuan agar lawan bicaranya membaca atau melihatnya. Saat kamu sudah membuka profilnya kamu akan tahu hal apa yang dia sukai, dengan hal itu akan banyak bahasan dalam percakapan yang kalian ciptakan. Jadi, jangan tanyakan hal-hal yang sudah tertera di profil, ya, tapi lebih membahasnya. 

Misalnya, jika dia menulis, "Hobi melukis", kamu bisa bertanya, "Pelukis favorit kamu siapa?" atau "Jenis seni lukis apa yang kamu sukai?". Dengan begitu, dia akan tahu bahwa kamu sudah memperhatikan profilnya.

5. Don’t: Mengirim pesan yang tersirat konteks seksual

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi Kencanunsplash.com/ Bruno Gomiero Hal

Hal yang masuk ke kategori seksual adalah hal yang sangat pribadi, ya, Bela. Ketika kamu masuk dengan pengenalan yang bersifat seksual, dia akan merasa kamu bukan orang yang sopan. Jadi, pikirkan hal apa yang akan kamu kirimkan terlebih dahulu ya.

6. Do: Temukan sesuatu yang sama di antara kalian

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi KencanPexels.com/JEshoots

Jika ada hal yang dia sukai tertulis di profilnya sama dengan apa yang kamu sukai, saatnya memulai percakapan yang baru. Coba menyapanya dengan antusias tetapi jangan terlalu spesifik, hal ini untuk berjaga-jaga jika minatnya nggak sesuai dengan apa yang kamu suka.

Kamu bisa memulai misal seperti ini, “Wah, sangat senang bisa terhubungan dengan orang yang juga menyukai musik klasik. Sejak kapan kamu menyukainya?” atau “Aku lihat kamu suka anime ya di profilmu, genre apa yang paling kamu sukai?”, dan seterusnya

7. Don’t: Langsung mengajak nge-date

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi Kencanunsplash.com/ Magnet

Mungkin nge-date adalah rencana yang akan kamu lakukan dengan teman datting apps-mu. Akan tetapi, langsung mengajak di hari yang sama saat kamu memulai percakapan bukan hal yang benar, ya.

Hal ini terkesan kamu perempuan yang agresif, apalagi kamu tergolong orang yang baru baginya. Kamu bisa mengembangkan percakapan hingga nanti waktunya tepat, baru, deh, kamu bisa mengajak dia nge-date.

8. Do: Perlihatkan sedikit kelemahanmu

8 Cara Elegan Memulai Percakapan di Aplikasi KencanUnsplash.com/Bruno Emmanuelle

Tentunya nggak semua orang akan selalu kuat dan baik-baik saja. Menunjukkan sedikit sisi kelemahanmu akan membuat kamu dan teman datting apps-mu terhubung. Cobalah untuk mengekspos dirimu dengan cara yang emosional, tetapi jangan curhat berlebihan, ya. Tetap jaga percakapanmu dengannya tetap menawan akan membantu hubungan yang baik dengan teman datting apps-mu.

Mungkin dia akan memberikan solusi atau bahkan mempunyai hal yang sama dan menjadi sebuah diskusi yang asyik. 

Baca Juga: Jangan Lakukan! 7 Hal Ini Tak Pantas Diminta oleh Pasanganmu   

Baca Juga: 10 Tren penting di Tinder selama 2020, Gaya Kencan Sudah Berubah!

Baca Juga: 6 Trik Sukses Ketemu Match Kamu di Tinder Tahun 2021