Hubungan itu bukan hanya sebuah ‘status’ dan komitmen. Ada banyak unsur yang perlu hadir di dalamnya, salah satunya adalah ketulusan. Hal ini penting untuk menghindari berbagai macam tipu daya dan kebohongan di dalamnya.

Bagaimana bisa kamu menjalani hubungan jika tidak benar-benar mencintai pasanganmu? Inilah mengapa nilai ketulusan menjadi penting. Untuk itu, kali ini Popbela akan bagikan tips mencintai pasangan dengan tulus. Hal ini akan membantumu untuk bisa meningkatkan kualitas dalam hubungan. Apa saja?

1. Tunjukkan cinta dengan aksi dibandingkan hanya kata-kata

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus freepik.com/ angel_nt

Tips mencintai pasangan dengan tulus pertama adalah ‘talk less do more’. Yup! Daripada hanya mengobral kata-kata manis, lebih baik tunjukkan cinta yang kamu miliki dengan aksi yang nyata. Kata-kata itu hanya menjadi sekelompok huruf saja jika tanpa bukti fisik yang nyata. 

Misalnya, ketika pasanganmu marah, lalu kamu membujuknya dengan permintaan maaf dan janji-janji manis. Namun, pada kenyataannya kamu tetap mengulangi kesalahan yang sama. Ini bisa menunjukkan bahwa apa yang kamu katakan itu tidak tulus dan hanya pemanis. 

Jadi, jangan lagi mengandalkan terlalu banyak kata-kata dalam hubunganmu. Kalaupun ingin, pastikan bahwa kamu bisa konsisten dengan apa yang kamu katakan.

2. Jangan buat janji jika tidak bisa ditepati

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus Pexels.com/Jasmine Carter

Sebenarnya, memiliki janji dalam hubungan itu adalah hak setiap pasangan. Akan tetapi, jangan sekali-kali membuat janji yang tidak bisa kamu tepati, karena ketulusan kita bisa dinilai dari hal ini. 

Janji itu bisa menunjukkan bagaimana karakter seseorang, karena itu melibatkan tanggung jawab. Ketika membuat janji, kamu dituntut untuk bisa mewujudkannya. Jadi, jangan pernah membiarkan pasanganmu mengharapkan sesuatu yang bahkan tidak akan pernah terjadi. 

Lebih baik, katakan semua hal secara tulus dan apa adanya. Pasanganmu nggak akan marah kok kalau kamu jujur.

3. Jangan melakukan sesuatu yang membuatmu tidak nyaman

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus Pexels.com/Liliana Drew

Tips mencintai pasangan dengan tulus selanjutnya adalah jangan melakukan hal yang membuatmu tidak nyaman. Yup! Selalu ingat untuk love yourself first, Bela! Kalau kamu memaksakan sesuatu yang sebenarnya tidak kamu sukai hanya demi membuat pasanganmu bahagia, justru cintamu padanya bisa terlihat tidak tulus.

Ketulusan itu lahir dari sebuah keikhlasan, bukan keterpaksaan. Jadi, konsep ‘asal kamu bahagia’ nggak akan cocok untuk menunjukkan ketulusan pada pasangan. Hubungan itu milik dua kepala, jangan biarkan dirimu menjalani sesuatu dengan terpaksa.

4. Berikan segala yang terbaik yang bisa kamu lakukan

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus https://www.pexels.com/@cottonbro

Berusaha untuk memberi yang terbaik bisa menunjukkan seberapa besar kekuatan cinta yang kamu miliki. Ketika usaha yang ditunjukkan maksimal, pasangan akan merasa begitu dicintai dan dihargai. Pastinya ini bisa membuatnya sadar bahwa apa yang kamu lakukan itu tulus padanya. 

Ketulusan itu bisa kamu rasakan ketika melihatnya senyum atas semua usahamu. Kalau sudah begini, kamu seolah tidak memerlukan apa pun karena sebuah senyuman darinya sudah menjadi yang termanis bagimu.

5. Jangan mengandalkan hadiah berupa material darinya

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus Pexels.com/Jess Bailey Designs

Sekali lagi, bahwa ketulusan itu soal keikhlasan. Jadi, tips mencintai pasangan dengan tulus selanjutnya adalah jangan pernah mengharapkan imbalan apa pun dari pasangan, apalagi berupa materi.

Ketulusan berarti mengerahkan semua upaya untuk membuat diri kamu dan orang yang kamu cintai lebih bahagia dan lebih nyaman. Kamu harus menunjukkan semangat dan tekad untuk menjadi pasangan terbaik, tanpa mengharapkan imbalan finansial atau materi.

Daripada berfokus pada pengembalian dari semua investasi waktu dan perasaanmu dalam hubungan, berkonsentrasilah pada pengalaman saat ini dan bagaimana bersama pasangan kamu membuatmumerasa utuh.

6. Jangan lupa untuk selalu bersyukur

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus Pexels.com/Dziana Hasanbekava

Bersyukur! Ini adalah tips mencintai pasangan dengan tulus yang paling penting. Ketulusan bisa ditunjukkan dengan cara menghargai upaya pasanganmu dan semua yang telah ia lakukan untuk hubungan. Tunjukkan bahwa kamu bersyukur bisa bersamanya.

Hal itu bisa kamu tunjukkan lewat pujian, seperti misalnya, “kamu hebat!” atau mungkin ungkapan “terima kasih”. Jangan lupa juga untuk selipkan senyuman di antaranya. Dijamin pasangan akan merasa sangat dicintai dan membuat hubunganmu semakin romantis.

7. Jika ada sesuatu yang tidak kamu sukai, katakan!

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus https://www.pexels.com/@katerina-holmes

Tips mencintai pasangan dengan tulus selanjutnya adalah jujur dengan apa yang kamu rasakan. Ketulusan berarti memiliki keberanian untuk berbicara dan mengungkapkan ketidaksukaan kamu terhadap situasi, pengalaman, atau bahkan tindakan tertentu.

Bersikap jujur tentang hal-hal yang membuatmu marah, tidak nyaman, atau terluka itu penting dalam membangun hubungan yang langgeng. Selain itu, membuka diri juga bisa membuat kamu terlihat lebih tulus.

8. Selalu lakukan segala sesuatu karena cinta

Ini 8 Tips Mencintai Pasangan dengan Tulus freepik.com/drobotdean

Tips yang terakhir adalah lakukan semua hal dengan dan karena cinta. Lihatlah hubunganmu sebagai sesuatu yang istimewa bukan tanggung jawab yang dipaksakan. Jika kamu melihat hubunganmu sebagai sesuatu yang wajib, maka kamu tidak lagi jujur dan tulus pada pasangan, bahkan pada dirimu sendiri.  

Nah, itulah tadi sejumlah tips mencintai pasangan dengan tulus. Penting untuk diingat bahwa ketulusan itu berkaitan dengan perasaan seseorang dan semua yang dilakukan untuk pasangannya. Bersikap tulus juga berarti menunjukkan siapa diri kita sebenarnya, melalui kata-kata, tindakan dan cara kita memperlakukan pasangan.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu dan Pasangan Tak Cocok tapi Terpaksa Jadian, Coba Cek!

Baca Juga: 7 Cara Membuat Laki-laki Merasa Takut Kehilangan

Baca Juga: Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan Sehat