Film itu tidak hanya soal fiksi, lho. Ada juga yang berangkat dan terinspirasi dari kisah di kehidupan nyata. Ada beberapa yang terlebih dahulu diadaptasi melalui buku atau novel, tetapi ada juga yang memang langsung dituangkan dalam bentuk film.

Film Hollywood sendiri nyatanya banyak yang terinspirasi dari kisah nyata. Mayoritas yang dipilih biasanya yang bisa dijadikan sebagai inspirasi banyak orang. Salah satu yang cukup banyak diangkat dari kisah nyata adalah genre romantis.

Nah, berikut ini Popbela sudah merangkum rekomendasi film romantis hollywood yang diangkat dari kisah nyata.

1. The Vow (2012)

https://www.youtube.com/embed/PcL24s-S6ns

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata dua pasangan muda Kim dan Krickitt Carpenter. Dua bulan setelah mereka menikah, keduanya mengalami kecelakaan mobil yang mengerikan sampai mengakibatkan Krickitt menderita amnesia. 

Ia harus kehilangan ingatannya tentang 18 bulan terakhir, di mana itu adalah ingatan waktu ia bertemu dan jatuh cinta dengan suaminya. Namun, Kim tidak menyerah. Ia tetap tinggal bersama Krickitt sampai ia jatuh cinta padanya lagi. 

Meskipun pada akhirnya, pasangan ini harus bercerai tahun 2018 lalu, karena Kim mengaku sudah berselingkuh, film ini tetap mampu membuat penontonnya menangis tersedu-sedu.

2. It Could Happen To You (1994)

https://www.youtube.com/embed/FeNVvroA_k8

Film ini merupakan film komedi romantis yang bercerita tentang petugas polisi yang memenangkan lotre dan membagikan uangnya kepada seorang pelayan. 

Dibintangi oleh Nicholas Cage dan Bridget Fonda, film ini ternyata diangkat dari kisah nyata. Terinspirasi dari Robert Cunningham yang berbagi kekayaannya sebesar $6 juta dengan pelayan Phyllis Penzo pada tahun 1984.

3. A Beautiful Mind (2001)

https://www.youtube.com/embed/nIR3wj9Ssaw

Film drama tahun 2001 ini diangkat dari kisah nyata seorang matematikawan Amerika John Nash, seorang peraih Nobel Ekonomi. Ia mengalami skizofrenia paranoid.

Nash dimainkan oleh Russell Crowe dengan sangat luar biasa. Film ini tidak hanya mengisahkan tentang dirinya sendiri, tetapi juga kisah cinta yang tulus dan murni dari istrinya yang setia, Alicia Lardé, yang diperankan oleh Jennifer Connelly.

Kisah cinta mereka di dunia nyata pun benar-benar hingga maut memisahkan. Alicia dan John Nash meninggal dunia akibat kecelakaan mobil pada tahun 2015 lalu.

4.Walk The Line (2005)

https://www.youtube.com/embed/pbQ22zWPYbw

Film yang berhasil membawa Reese Witherspoon meraih Academy Award ini ternyata merupakan kisah biografi penyanyi country terkenal Johnny Cash dan istri keduanya, June Carter.

Johnny sudah mendambakan wanita ini selama lebih dari 10 tahun. Keduanya bertemu pada tahun 1955, ketika Johnny menikah dengan istri pertamanya, Vivian. 

Dua tahun setelah ia dan Vivian bercerai, Johnny menikah dengan June, dan mereka tetap bersama sampai kematian June pada tahun 2003. Tak lama dari itu, empat bulan kemudian Johnny pun menyusul kepulangan istrinya.

5. Fever Pitch (2005)

https://www.youtube.com/embed/i6eAxkn2_L4

Tahun 2005, film Fever Pitch dibuat atas dasar remake film Inggris 1997, dengan judul yang sama. Film ini diangkat dari esai Nick Hornby tahun 1992 yang menceritakan kisah otobiografi salah satu hubungannya.

Film ini sendiri berfokus seputar dunia sepak bola, di mana seorang pria yang terobsesi dengan Boston Red Sox, yaitu Kejuaraan Seri Dunia 2004.

6. The Notebook (2004)

https://www.youtube.com/embed/yDJIcYE32NU

Penulis Nicholas Sparks mengakui dalam situs websitenya bahwa The Notebook terinspirasi dari kisah nyata. Film ini diangkat dari kisah cinta kakek-nenek istrinya.

Sehari setelah mereka menikah, kakek-neneknya itu menceritakan kisah bagaimana mereka bertemu dan jatuh cinta. 

Inilah yang membuat Nicholas terinspirasi karena setelah 60 tahun menikah, kedua orang ini memperlakukan satu sama lain persis sama seperti ia dan istrinya memperlakukan satu sama lain setelah 12 jam. Ia ingin menunjukkan bahwa cinta sejati bisa bertahan selamanya.

7. Eat, Pray, Love (2010)

https://www.youtube.com/embed/mjay5vgIwt4

Film yang dibintangi Julia Roberts ini terinspirasi dari kisah nyata, lho. Diadaptasi dari novel otobiografi karya Elizabeth Gilbert, film ini mengajarkan kita bahwa cobaan adalah kesempatan untuk mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik.

Diceritakan bahwa suatu hari, Julia menyadari bahwa dirinya tidak bahagia, hingga memutuskan untuk memulai perjalanan yang menarik. Saat itulah akhirnya ia menemukan kebahagiaan sekaligus bertemu cinta Felipe, dalam kehidupan nyata bernama José.

8. The Theory of Everything (2014)

https://www.youtube.com/embed/8RHU0X5CYpU

Film yang disutradarai oleh James Marsh ini merupakan film romantis hollywood yang diangkat dari kisah nyata fisikawan teoretis Stephen Hawking. 

Dalam film ini kamu bisa menyaksikan saat ilmuwan Stephen Hawking jatuh cinta dengan mahasiswa filologi Jane Wilde. 

Namun, sejalan dengan itu penyakitnya terus berkembang. Ia mulai kehilangan kendali atas tubuhnya, tetapi dengan bantuan orang yang dicintainya ia masih tetap bisa melanjutkan penelitiannya.

Meskipun pada akhirnya Stephen dan Jane bercerai, mereka berdua masih tetap menjalin hubungan baik dan membesarkan anak-anak mereka bersama.

9. At First Sight (1999)

https://www.youtube.com/embed/wvI4HvGvHyA

Kisah dalam film ini terinspirasi dari Shirl Jennings yang diceritakan dalam karya New Yorker 1993 "To See and Not to See".

Dalam film ini, nama Shirl diubah menjadi Virgil. Diperankan oleh Val Kilmer, ia harus menjalani operasi untuk memulihkan penglihatannya. Pacarnya yang penuh kasih, yang diperankan Mira Sorvino berusaha membujuk dirinya untuk mau melakukan operasi.

10. The Fault In Our Star (2014)

https://www.youtube.com/embed/9ItBvH5J6ss

Masih ingat dengan Hazel Grace, remaja cantik, berani yang harus berperang melawan kanker dalam film The Fault in Our Stars? Yup! Film ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata, lho.

Film ini diangkat dari kisah seorang gadis yang juga mengidap penyakit kanker dan harus kalah pada usia 16 tahun. Dia adalah Esther Grace Earl, teman dekat sang penulis John Green.

Meskipun John mengatakan bahwa dia tidak menceritakan kisah Esther, kenyataannya hal ini bisa terlihat jelas seberapa banyak Esther bersinar di Hazel.

Itulah rekomendasi film romantis hollywood yang diangkat dari kisah nyata. Semoga bisa menginspirasimu ya, Bela!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Romantis Indonesia yang Sukses Bikin Baper

Baca Juga: 20 Film Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton, Bikin Baper!

Baca Juga: Daftar Film Romantis Korea Terbaru yang Wajib Kamu Tonton