Saat dalam hubungan, perempuan bisa lebih lugas jika dibandingkan dengan laki-laki, khususnya dalam mengungkapkan perasaan mereka. Ketika sudah berada dalam suatu hubungan, mereka akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan kasih sayang dan membuat pasangannya merasa istimewa. Perempuan terbiasa mengungkapkan apa yang ia rasakan dan tidak takut untuk menunjukkan sisi rentan mereka kepada laki-laki yang disayanginya.

Namun, laki-laki justru sebaliknya. Sebagian besar dari mereka memiliki masalah saat hendak mengungkapkan perasaannya. Hal ini lantaran kebiasaan lama yang mengajarkan laki-laki untuk selalu bersikap tangguh, maskulin, dan tidak menunjukkan emosi mereka. Itulah mengapa mereka takut untuk menunjukkan kepada pasangannya sisi lembut dan sensitif mereka.

Mereka terpaksa mencari cara untuk secara tidak langsung menunjukkan kasih sayang, tanpa dinilai terlalu rentan atau feminin. Bagaimana caranya, ya? Berikut ini cara laki-laki mengekspresikan perasaan tanpa menggunakan kata-kata atau secara tidak langsung.

1. Mencium keningmu

5 Cara Laki-laki Ekspresikan Perasaan Tanpa Pakai Kata-katafreepik.com/cookie_studio

Seperti yang umumnya kita tahu, ada berbagai jenis ciuman dan setiap ciuman itu memiliki arti yang berbeda. Ciuman dahi adalah yang paling istimewa karena tidak melibatkan sesuatu yang seksual di sana.

Pasangan mungkin akan mencium keningmu ketika ia menemukan kalau kamu itu sangat lucu atau mungkin ketika ia berangkat kerja. Ada banyak kesempatan untuk jenis ciuman ini, karena memang maknanya bisa khusus, tapi bisa juga universal.

Ciuman kening itu menunjukkan sebuah penghargaan, perhatian, dan pengertian dari seseorang. Ciuman ini bisa menjadi cara tersirat laki-laki untuk mengatakan bahwa ia mencintaimu apa adanya. Ia ingin menunjukkan kalau kamu dihargai dan ia benar-benar peduli padamu.

2. Memberimu kejutan

5 Cara Laki-laki Ekspresikan Perasaan Tanpa Pakai Kata-katafreepik.com/master1305

Kalau pasanganmu terus memberikan sesuatu yang mengejutkan untukmu, terutama untuk hal-hal yang membuatmu senang, maka kamu benar-benar perempuan yang beruntung, Bela!

Jika ia membawakanmu kopi saat kamu sedang sibuk atau membelikanmu makanan favoritmu di waktu senggangnya, itulah caranya menunjukkan betapa ia peduli padamu. Tak perlu disebutkan lewat kata-kata, tapi ia ingin kamu tahu bahwa ia mendengarkan kamu dan semua keinginanmu.

Ia ingin menunjukkan kalau setiap keinginan kamu akan menjadi perhatiannya dan kamu tidak perlu takut kalau ia akan mengecewakanmu. Baginya, kesejahteraan kamu berarti kesejahteraannya, dan ia ingin memastikan bahwa kamu merasa dicintai.

3. Mengajakmu untuk bergabung bersama teman-temannya

5 Cara Laki-laki Ekspresikan Perasaan Tanpa Pakai Kata-kataPexels.com/cottonbro

Bagi sebagian besar laki-laki, teman-temannya itu seperti keluarga kedua. Maka jika ia ingin kamu menjadi bagian dari keluarga itu, kamu benar-benar berarti bagi mereka, Bela.

Ia secara tidak langsung ingin menunjukkan dirimu kepada teman-temannya dan seolah memberitahu mereka kalau kamu itu miliknya. Lalu, jika teman-temannya itu mulai menggoda kamu, ia akan membelamu di depan mereka karena kamu adalah perempuannya. Ia ingin menunjukkan kalau kamu adalah prioritasnya, dan teman-temannya adalah teman kamu juga.

4. Selalu mendengarkanmu dengan seksama

5 Cara Laki-laki Ekspresikan Perasaan Tanpa Pakai Kata-kataPexels.com/Shvets Production

Jika seorang laki-laki mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulutmu dengan seksama dan dia senang dengan apa yang kamu katakan, maka bisa dipastikan kalau ia benar-benar peduli denganmu. Menjadi pendengar yang baik adalah caranya untuk mengekspresikan bentuk kepeduliannya tanpa menggunakan kata-kata. 

Ia ingin kamu tahu bahwa ia menyerap setiap kata tersebut, sehingga ia dapat menemukan solusi jika diperlukan. Misalnya saja, jika seseorang membuatmu kesal, ia akan melakukan yang terbaik untuk menenangkanmu dan membuatmu merasa lebih baik.

5. Mengirimimu emoji dan gambar

5 Cara Laki-laki Ekspresikan Perasaan Tanpa Pakai Kata-katafreepik.com/ freepik

Kayaknya kita semua tahu kalau laki-laki itu memiliki pola pikir yang sama sekali berbeda dalam hal berkirim pesan. Yup! Meski tidak semua, sebagian besar dari mereka bisa mengirim chat untuk sesuatu yang menurutnya penting saja dan bahkan terkesan singkat.

Akan tetapi, jika pasanganmu mengirimi kamu beberapa emoji lucu, fotonya di tempat kerja, dan hal-hal seperti itu, maka dia sedang berusaha memberitahu kamu bahwa ia memikirkanmu, lho! Ia ingin membuat kamu tersenyum ketika kamu membuka pesan itu tanpa harus mengeluarkan kata-kata yang mungkin menurutnya membosankan.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Suka Menutupi Perasaannya Saat Jatuh Cinta

Baca Juga: 20 Panggilan Sayang dalam Bahasa Jepang Terlengkap

Baca Juga: 5 Perlakuan Manis Ini Bukti Kamu Sangat Mencintai Pasanganmu