Setiap orang memiliki pola pikir masing-masing perihal hubungan yang dijalani. Ada yang berpikir bahwa hubungan itu bukan konsumsi publik, sehingga tidak perlu diperlihatkan, namun ada juga yang berpikir sebaliknya. Tentu kedua hal tersebut didasari dengan berbagai alasan.

Namun, jika ada alasan yang tidak logis dari keduanya, seperti alasan ia menyembunyikan hubunganmu dari publik, maka kamu perlu waspada. Mungkin saja kamu sedang mengalami tindakan stashing dari pasangan. 

Apa itu stashing?

Kenali Apa Itu Stashing dalam Hubungan dan Seperti Apa TandanyaPexels.com/Andrea Piacquadio

Stashing adalah keadaan di mana seseorang menyembunyikan pasangannya dari lingkungan atau orang-orang terdekatnya. Biasanya perilaku ini didasari dengan motif yang kurang baik, seperti ingin terlihat lajang agar dapat dengan bebas menjalin hubungan dengan orang lain.

Stashing ini bisa mengarah pada perilaku yang kurang sehat, karena biasanya dilakukan secara sadar. Selain itu, stashing tidak hanya terbatas pada dunia nyata namun juga di media sosial. Untuk membantumu menghindari perilaku ini, berikut ini ada sejumlah tanda apabila seseorang tengah melakukan stashing.

1. Ia tidak pernah mengunggah foto atau kedekatan kalian di media sosial

Kenali Apa Itu Stashing dalam Hubungan dan Seperti Apa TandanyaPexels.com/ROMAN ODINTSOV

Tanda stashing pertama ini bisa sangat dikenali dengan jelas. Meski mungkin cara setiap orang menjalani hubungan berbeda-beda, akan tetapi paling tidak ketika seseorang begitu sayang dan bangga dengan pasangannya, mereka nggak akan ragu untuk menunjukkan hal itu ke publik.

Namun, ketika pasanganmu tidak melakukan hal ini, kamu patut curiga, Bela. Apalagi kalau ia cukup aktif di media sosial. Kamu perlu mencari tahu apa alasannya tidak pernah mencoba melakukan itu. 

Jika memang alasannya masuk akal maka mungkin ia punya cara lain untuk menunjukkan cintanya padamu, tapi kalau tidak, hati-hati bisa jadi pasanganmu sedang melakukan stashing padamu.

2. Kamu belum bertemu teman, keluarga atau kerabatnya

Kenali Apa Itu Stashing dalam Hubungan dan Seperti Apa Tandanyahttps://www.pexels.com/@rodnae-prod

Kamu sudah cukup lama menjalin hubungan dengan pasanganmu tapi tak pernah sekalipun dikenalkan dengan teman, keluarga, atau orang-orang terdekatnya? Wah, patut dipertanyakan, Bela!

Ketika seseorang memiliki orang spesial di hidupnya, maka paling tidak orang-orang terdekat akan menjadi pihak pertama yang tahu. Hal ini karena momen dan perasaan bahagia akan sulit untuk disembunyikan dari orang-orang terdekat. 

Jadi, jika kamu mengalami hal ini, ada baiknya untuk komunikasikan dengan pasanganmu. Akan tetapi, kalau hubunganmu baru saja berjalan, jangan buru-buru curiga, ya! Mungkin pasanganmu membutuhkan waktu.

3. Ia marah saat kamu mencoba membahasnya

Kenali Apa Itu Stashing dalam Hubungan dan Seperti Apa Tandanyahernorm.com

Kemarahan irasional itu memang selalu menjadi tanda bahaya dalam hubungan. Jika kamu bertanya pada pasangan tentang mengapa ia menyembunyikanmu dan ia marah, itu pertanda buruk, Bela!

Sering kali, orang yang manipulatif akan marah dan bahkan mencoba membalikkan keadaan sehingga kamu merasa perlu meminta maaf, padahal kamu tidak melakukan kesalahan apa pun.

4. Ia merahasiakan masa lalunya

Kenali Apa Itu Stashing dalam Hubungan dan Seperti Apa TandanyaPexels.com/Anete Lusiana

Selain dengan orang terdekat, nyatanya orang yang melakukan stashing akan menyembunyikan masa lalunya juga. Mungkin perilaku ini agak terlihat samar, karena ia akan melakukannya dengan cara yang halus.

Misalnya, ia memberi alasan padamu mengapa ia tidak mengenalkanmu pada keluarganya, sehingga kamu memaklumi hal itu. Namun, di satu sisi kamu tidak tahu dengan jelas tentang apa masalah sebenarnya dengan keluarganya. Ia hanya memberi tahumu bagian permukaannya saja, tanpa mau menjelaskan detailnya.

Itulah tadi penjelasan mengenai stashing dalam hubungan. Semoga kamu tidak mengalaminya, ya, Bela!

Baca Juga: 20 Istilah Kencan yang Sedang Tren, Kamu Perlu Tahu!

Baca Juga: Kenali Tren Kencan Soul-Mining & Kenapa Kamu Harus Menghindarinya

Baca Juga: Coba Lebih Peka, Ini 10 Tanda Gaslighting dalam Pernikahan