Perbedaan pendapat bisa saja terjadi dalam suatu hubungan. Namun semua itu akan teratasi jika mengutamakan komunikasi. Agar hubungan terbilang sehat kamu harus tahu kalau pasanganmu adalah orang yang tepat. Jangan sampai kamu pacaran dengan orang yang toxic. Berikut ini beberapa tanda awal kalau kamu sedang dalam hubungan yang salah.

1. Kalian punya emotinal intelligence yang berbeda

Kenali 5 Tanda Awal Kamu Sedang Dalam Hubungan yang Salah

Pengertian emotional intelligence (EI) adalah kemampuan seseorang untuk mengekspresikan, mengendalikan, dan memahami emosinya. Seseorang yang rendah dalam kemampuan tersebut akan kurang berempati dan susah untuk dekat dengan orang lain. Selain itu, diri mereka juga akan susah mengontrol emosi dan tak tahu cara mengendalikannya.

Jika memiliki pasangan dengan EI yang rendah, ia akan susah memposisikan dirinya sebagai orang lain, cenderung menyalahkan, dan tak bisa memberikan saran. Berpacaran dengannya hanya akan membuatmu tak nyaman karena dia malah akan berbalik menyalahkanmu. 

Untuk mengetahui sifat ini, kamu bisa memperhatikan saat mengajaknya ngobrol. Dia akan mudah merasa tersinggung saat membicarakan hal sensitif, cepat mudah menyimpulkan tanpa mendengarkan, dan mudah meninggalkanmu saat menyelesaikan masalah. 

2. Kamu tak punya ruang sendiri

Senang sih saat awal jadian dia selalu mau menemani ke manapun. Namun kalau dia ikut kamu pergi terus bukannya namanya posesif? Memang kalian bisa saja punya selera dan hobi yang sama terhadap sesuatu. Tapi kalau dia hanya terus mengikuti tanpa alasan yang jelas, kamu pun bisa merasa jenuh karena tak ada ruang sendiri. Pada akhirnya kamu jadi tak bisa nyaman berbaur dengan teman karena dia selalu mengikutimu. 

3. Si dia berusaha mengubahmu

Kenali 5 Tanda Awal Kamu Sedang Dalam Hubungan yang Salahfreepik.com/jcomp

Semua orang memang mendambakan memiliki pasangan idaman dan sesuai kriterianya. Entah itu penampilan, pekerjaan, hingga kepribadian. Semua itu bisa saja didapatkan pada pasangan, namun belum tentu pasangan mau untuk melakukannya.

Dia bisa saja hanya beralasan agar kamu bisa menjadi lebih percaya diri dengan mengikuti kriteria yang dia inginkan. Namun tanpa disadari, bisa saja hal ini membuatmu tersinggung dan memunculkan niatan untuk segera meninggalkannya. Jika ia mengubahmu bisa saja berarti ia tidak benar-benar mencintaimu, kamu pun bisa menegurnya jika sudah kelewatan.

4. Dia tak selalu ada saat dibutuhkan

Sebagai pasangan tentunya kamu akan selalu meluangkan waktu untuknya. Entah saat ia sakit kamu akan merawatnya ataupun saat ia meminta bantuan kamu segera akan menolongnya. Pokoknya segalanya sudah kamu lakukan. Namun jika ditanya balik, apakah ia juga melakukan hal yang sama kepadamu?

Jika saat membutuhkannya namun ia selalu banyak alasan, hal ini bisa jadi pertanda kalau kamu berpacaran dengan orang yang salah. Kalau benar-benar mencintaimu ia akan selalu menyempatkan waktu bahkan saat sibuk. Perlu kamu tahu kalau hal utama dalam sebuah hubungan adalah kedua belah pihak harus sama-sama bahagia. 

5. Pendapatmu bukanlah hal yang penting

Kenali 5 Tanda Awal Kamu Sedang Dalam Hubungan yang SalahPixabay.com/Jess Foami

Pendapat ini bisa kamu perhatikan mulai dari hal sederhana seperti memilih tempat makan, mau nonton film apa, hingga saat membicarakan masa depan. Dalam hubungan yang toxic, dia sama sekali tidak akan menanyakanmu dan lebih memilih memutuskan segalanya sendiri. Pasalnya dia merasa sudah tahu segalanya akan berjalan baik daripada menghabiskan waktu untuk menanyakan pendapatmu. 

Kelihatannya sih dia perhatian, namun sebenarnya kamu hanya nggak diberi kesempatan untuk bisa memberikan pendapat. Jadinya kamu malah seperti orang yang selalu bergantung karena tidak terbiasa memberikan pendapat. Yakin kamu masih mau melanjutkan hubungan ini?

6. Karier adalah prioritas daripada kamu

Meskipun sudah berpacaran, namun ada juga seseorang yang masih sibuk dengan pekerjaannya. Alasannya sih karena passion, namun apa jadinya kalau waktu pagi dan malam hari habis hanya untuk berada di kantor? Alhasil kamu malah merasa kesepian karena selalu ditinggal sendiri.

Apalagi hal ini akan semakin rumit kalau dia selalu terlambat datang ke pertemuan kalian dan selalu lupa acara penting. Apa kamu mau terus-terusan dilanda galau hanya karena dia sibuk sendiri? Baiknya segera tanyakan dia siapa yang lebih prioritas antara pekerjaan atau kamu.

7. Gaya hidup kalian yang kontras

Kenali 5 Tanda Awal Kamu Sedang Dalam Hubungan yang Salahhttps://www.pexels.com/

Jika kamu lebih suka menghabiskan weekend dengan menikmati aktivitas di rumah, berbeda lagi dengannya. Ia akan lebih memilih mendaki gunung untuk menikmati asyiknya weekend. Mungkin hal ini bisa terlihat sepele, namun adanya perbedaan kebiasaan dan selera ini juga perlu diperhatikan.

Hal ini karena bisa saja jika hubungan sudah lama berjalan namun akhirnya saling merasa risih karena tidak menemukan kecocokan. Maka dari itu sesekali cobalah berdiskusi agar hubungan kalian nggak hanya saling mementingkan ego.

Itu dia beberapa tanda awal kamu sedang dalam hubungan yang salah. Jadi apakah pasanganmu cocok dengan tanda ini?

Baca Juga: 6 Alasan Orang Bisa Pacaran Lama, tapi Cepat Cerai Setelah Nikah