Ada waktu-waktu di mana pasangan kamu mengalami stres yang membuatnya tidak semangat. Jika ingin membantu memperbaiki mood-nya, kamu bisa memberikan kalimat penyemangat untuknya. Bisa diucapkan secara langsung sambil memeluknya atau melalui pesan singkat.

Tidak hanya membuatnya semangat lagi, kalimat-kalimat ini juga menunjukkan bahwa kamu peduli dan akan selalu ada untuknya. Ini kalimat yang bisa kamu katakan pada pasangan yang sedang stres.

1. “Kamu nggak sendirian, aku akan selalu menemani kamu.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/ArthurHidden

Orang yang sedang stres kerap merasa dirinya sendirian. Pastikan pasangan tahu bahwa kamu akan selalu ada untuknya. Ingatkan bahwa ia tidak sendirian dan kamu akan selalu menemaninya.

2. “Kasih tahu aku kalau kamu sudah siap cerita, ya.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat IniPexels.com/Andre Furtado

Saat orang sedang stres, dia mungkin belum mau untuk bercerita. Jika pasangan kamu masih membisu selama beberapa waktu, berikan ruang untuknya. Katakan kamu akan siap mendengarkan jika dia sudah mau mengeluarkan keluh kesahnya.

3. “Kamu bisa cerita apa saja ke aku. Aku siap mendengarkan.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/lookstudio

Terkadang yang pasangan butuhkan saat sedang stres hanyalah seorang pendengar. Dia tidak butuh nasihat dari kamu. Oleh sebab itu, jadilah pendengar yang baik untuknya. Tahan rasa ingin tahu kamu dan hindari memberikan komentar sebelum dia selesai bercerita.

4. “Gimana caranya aku bisa bantu kamu?

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/ drobotdean

Dibanding bertanya “Apakah kamu butuh bantuan?”, langsung saja tanyakan cara apa yang bisa kamu lakukan untuk membuatnya merasa lebih baik. Ini memberitahu pasangan bahwa kamu siap melakukan apa saja untuknya. Kamu juga bisa membelikan makanan kesukaan pasangan untuk meredakan stresnya. 

5. “Nggak apa-apa kalau kamu mau istirahat sebentar.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inihackspirit.com

Jika kamu melihat pasangan berusaha terlalu keras hingga memaksakan diri, ingatkan ia untuk istirahat. Pasangan mungkin mengalami stres karena kelelahan. Tawarkan diri untuk menemaninya bersenang-senang dan membantunya lebih rileks.

6. “Aku tahu ini pasti sulit buat kamu.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Iniunsplash.com/moekong

Hal terburuk yang bisa dilakukan kepada orang yang sedang stres adalah menganggap enteng masalahnya. Hindari ini, ya, Bela. Pahami fakta bahwa setiap orang menghadapi stres dengan cara yang berbeda.

Sebaiknya kamu berempati dengan apa yang dialami pasangan. Katakan padanya apa pun yang dirasakannya sangat wajar dan kamu memahami posisinya.

7. "Aku yakin kamu pasti bisa mengatasi semua ini.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/ArthurHidden

Sebagai manusia, kadang kita lupa bahwa kita kuat dan tahan banting. Semangati pasangan dengan mengatakan bahwa ia bisa mengatasi ini semua. Badai pasti berlalu.

Kamu juga bisa mengingatkan pasangan betapa kuat dirinya saat menangani masalah sebelumnya. Oleh sebab itu, kamu yakin dia pasti bisa mengatasinya juga saat ini!

8. *Mengirim meme lucu*

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/freepik

Selain kata-kata penyemangat, kamu juga bisa mengirimkan meme lucu kepada pasangan. Pilih jenis meme yang menjadi favoritnya selama ini. Membuatnya tertawa membantu pasangan sedikit tenang dan tidak tegang lagi.

9. “Kamu tahu nggak? Aku selalu bangga sama kamu.

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat IniPexels.com/Marco Lima

Mengatasi stres membutuhkan banyak energi. Oleh sebab itu, beritahu pasangan kamu sangat bangga padanya karena tetap kuat menjalani ini semua. Hargai usaha pasangan untuk bangkit dari masalahnya.

10.”Aku penggemar nomor satu kamu!

Pasangan Sedang Stres? Katakan 10 Kalimat Penyemangat Inifreepik.com/lookstudio

Semua orang menyukai kata-kata manis dan positif. Pada saat-saat sulit, kalimat seperti di atas bisa memberikan motivasi kepada orang yang kita sayang. Ini juga menjadi pengingat bagi pasangan bahwa ada orang yang selalu mendukungnya. 

Ungkapkan hal apa saja yang membuat kamu jatuh cinta kepada pasangan sehingga ia tidak lupa betapa menakjubkannya dirinya.

Itulah 10 kalimat penyemangat yang bisa kamu sampaikan kepada pasangan saat ia sedang stres. Semoga bisa membantu pasangan kamu merasa lebih baik, ya!

Baca Juga: 5 Sikap Cowok yang Sering Bikin Cewek Stres

Baca Juga: Cinta Tak Kenal Usia, 9 Artis Ini Beda 40 Tahun dengan Pasangannya

Baca Juga: Terhalang Genre, 8 Kisah Cinta Pasangan KDrama Buat Penonton Gemas