Setiap orang pasti memiliki kekurangan, termasuk pasangan kamu. Salah satu kekurangan yang bisa dimiliki oleh seseorang adalah sifat tidak tegas. Perilaku ini biasanya berpengaruh pada banyak hal, mulai dari hal kecil seperti memilih tempat makan, destinasi wisata, hingga masalah yang besar.

Kamu mungkin kesal dengan sifat pasangan yang seperti ini. Tetapi sebaiknya jangan langsung marah kepadanya, ya. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasangan dengan sifat kurang tegas.

1. Cari tahu alasan mengapa dia begitu

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Tegashttps://www.pexels.com/@tim-douglas

Sikap pasangan yang kurang tegas pasti membuat kita merasa terganggu. Terkadang karena sifatnya bisa menghambat rencana yang sudah disiapkan sebelumnya. Namun jangan langsung emosi, coba bicara dengannya dan tanyakan mengapa dia bersikap seperti itu?

Bisa jadi sikapnya itu hadir karena rasa tidak percaya diri akan pilihannya, atau bisa juga dia memiliki pengalaman buruk tentang menentukan pilihan, atau dia memang tak terbiasa saja. Jika ingin memperbaiki sesuatu, mengetahui penyebabnya akan menjadi langkah awal yang baik.

2. Minta bantuan profesional

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Tegasfreepik/prostooleh

Jika sifat kurang tegas pada pasanganmu berasal dari rasa tidak percaya diri atau trauma di masa lalu, kamu bisa mengajaknya untuk mendapatkan bantuan profesional. Dengan menemui psikolog atau konselor mungkin bisa membantu dirinya untuk berdamai dengan masa lalunya sehingga setelahnya Ia akan bisa lebih tegas dan percaya diri dengan keputusan yang diambil.

3. Diskusikan dengan pasangan

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Tegasfreepik.com/prostooleh

Kamu harus membicarakan apa yang kamu rasakan tentang sifatnya ini. Tak perlu emosi apalagi menyerangnya. Kamu bisa menyampaikan rasa tidak nyaman dan akibat dari sifatnya yang kurang tegas. Diskusi ini berguna juga  sebagai pengingat dirinya untuk menjadi lebih baik lagi. Kalian juga bisa bersama-sama 

4. Berikan waktu untuk berpikir namun dengan batasan

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Tegaspexels.com/Katerina Holmes

Kamu bisa membantu pasangan untuk lebih tegas dalam mengambil keputusan dengan memberikan deadline atau tenggat waktu. Mungkin saja Ia tak bisa mengambil keputusan dalam waktu singkat, jadi beri dulu waktu untuk berpikir beserta batas waktu untuk memberikan jawaban. Sebelum itu tentunya kamu bisa memberikan pertimbangan kepadanya. Cara ini akan melatihnya untuk menjadi lebih tegas, dan tentunya dibutuhkan ketegasan kamu juga.

5. Kamu yang harus mengambil keputusan

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Kurang Tegashttps://www.pexels.com/@cottonbro

Apabila pasangan kamu terus-menerus tidak tegas, maka kamu harus menjadi pihak yang mengambil keputusan. Tentunya kamu dan pasangan tetap perlu berdiskusi dan kamu menampung seluruh pendapatnya. Pada akhirnya kamulah yang meyimpulkan hasil diskusi dan mengambil keputusan. Selain membuat urusan lebih cepat, cara ini juga bisa membuat pasangan kamu belajar dengan melihat cara kamu.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang kurang tegas. Dengan mencoba tips di atas semoga pasangan kamu akan menjadi lebih tegas ya!

Baca Juga: Siap-siap Baper, Ini 10 Pasangan KDrama Paruh Kedua 2021 

Baca Juga: 6 Cara Menghadapi Pasangan yang Takut Komitmen

Baca Juga: 5 Fase Hubungan yang Akan Dialami Setiap Pasangan