Drama Korea selalu membawa warna dan cerita tersendiri, mulai dari bahagia, tangis, tawa, hingga thriller atau bahkan horror. Salah satu genre yang menjadi favorit kaum hawa adalah romantic comedy alias komedi romantis.

Premisnya sebenarnya tak berbeda jauh, selalu bercerita mengenai pertemuan karakter utama perempuan dan laki-laki yang sering kali diawali dengan permusuhan tapi berakhir cinta.

Simpel, tapi sanggup mengoyak-oyak hati penonton. Meski ide pokok yang ditawarkan drama Korea selalu sama, tapi kemasan, karakter, dan alur ceritanya selalu menarik untuk ditonton. Belum lagi penghayatan dari pemainnya, ditambah sinematografi dan pengambilan gambarnya yang artistik.

Nggak heran, kalau KDrama selalu ada di hati penonton Indonesia. Bahkan ada beberapa judul KDrama yang bikin susah move on dan everlasting, karena bisa ditonton berulang-ulang.

Apa saja, ya, judul KDrama romantis yang paling ikonik dan sukses bikin penontonnya baper? Lihat di bawah, ya, ada drama favorit kamu juga nggak?

1. Winter Sonata (2002)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Asianwiki.com

Meski bukan jadi drama yang pertama kali dikenal di Indonesia, Winter Sonata tak boleh dilupakan. Drama ini bercerita tentang cinta pertama Jun Sang (Bae Yong Joon), seorang arsitek, yang hilang ingatan akibat kecelakaan hebat di masa lalu.

Yujin (Choi Ji Woo), berprofesi sebagai desainer, yang menganggap Jun Sang, telah meninggal karena kecelakaan itu, tetap melanjutkan hidupnya. Dia kemudian bertunangan dengan Sang Hyuk (Park Yong Ha).

Singkat cerita, keduanya pun bertemu untuk kemudian jatuh cinta lagi. Sayangnya, Jun Sang harus mengalami kecelakaan lagi dan membuat dirinya menjadi buta. Sedih yang bertubi-tubi ini berakhir bahagia, kok, karena Jun Sang dan Yujin akhirnya bersatu dan saling mencinta.

2. Full House (2004)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! netflix.com

Drama yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo ini pastinya tak luput dari radar pecinta KDrama. Ceritanya mudah ditebak, tapi karena talenta kedua pemainnya membuat drama ini jadi menarik. Berkisah tentang perkawinan kontrak antara Han Ji-Eun (Song Hye Kyo) dengan seorang aktor, Lee Young-Jae (Rain). Mereka tinggal di rumah yang dibuat ayah Ji-Eun, yang diberi nama Full House.

Pertemuan keduanya berawal dari penipuan yang dilakukan teman Ji-Eun akan hadiah tur ke Shanghai yang dimenangkan Ji-Eun. Ji-Eun dan Young Jae duduk dalam satu pesawat yang sama dengan insiden-insiden lucu. Tidak menyangka ditipu, Ji-Eun pun harus meminjam uang Young Jae untuk biaya hidup selama di Shanghai. Pada akhirnya, Full House harus berpindah tangan ke Young Jae.

Nah, untuk mendapatkan rumahnya kembali Ji Eun harus menjalani kawin kontrak untuk mendapatkan Full House kembali. Bukan drama Korea kalau tidak ada second lead yang mempengaruhi hubungan Ji Eun dan Young Jae. Meski begitu, pada akhirnya drama ini happy ending, kok Bela!

3. Coffee Prince (2007)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! sprudge.com

Tahun 2007 diramaikan dengan banyak KDrama. Hanya saja yang muncul dan menjadi fenomenal di tahun itu terbilang sedikit. Salah satunya Coffee Prince yang memasangkan Gong Yo dan Yoon Eun Hye. Berkisah tentang Choi Han Gyul (Gong Yoo), cowok kaya raya yang punya usaha kedai kopi. Di kedai inilah, Han Gyul bertemu dengan Go Eun Chan (Yoon Eun Hye), cewek pekerja keras dan jadi andalan keluarga.

Eun Chan yang digambarkan sebagai perempuan berpenampilan tomboy. Karena terlihat seperti laki-laki, Han Gyul akhirnya mempekerjakan Eun Chan. Alasannya, agar kedai kopi yang dititipi neneknya ini laku, makanya Han Gyul mempekerjakan karyawan laki-laki semua.

Seiring waktu, Han Gyul mulai memendam rasa pada Eun Chan. Mengira dirinya homoseksual, Han Gyul pun sempat berkonsultasi ke psikiater tentang apa yang dirasakannya. Hingga pada akhirnya Han Gyul menyerah dan mulai mengejar Eun Chan. Sudah bisa ditebak dong, akhir dari cerita ini bagaimana? Yup, Han Gyul dan Eun Chan pun menjalin kasih. Saat Eun Chan kemudian belajar ke luar negeri untuk menjadi barista, Han Gyul pun menunggunya dengan setia.

4. Boys Before Flower (2009)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! netflix.com

Diperankan Lee Min Ho, Koo Hye Sun, Kim Hyun Joong, Kim Joon, dan Kim Bum, drama ini berasal dari cerita manga Jepang. Versi ini pun pernah dibuat drama Taiwan dengan judul Meteor Garden. Bercerita tentang Geum Jan Di (Koo Hye Sun) yang bersekolah di tempat yang sama dengan anggota F4, yang terdiri dari anak-anak orang kaya di sekolah Shin Hwa. Anggota F4 adalah Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon).

Kebiasaan anggota F4 ini adalah merundung siswa yang dianggap lemah. Ketidaksukaan Jan Di diperlihatkan dengan membalas setiap perbuatan dari ketua geng F4, Jun Pyo. Cinta ada karena terbiasa pun jadi pepatah yang pas untuk hubungan Jun Pyo dan Jan Di. Terbiasa merundung Jan Di, perlahan Jun Pyo menyukainya.

Demi menarik perhatian Jan Di, Jun Pyo selalu memberikan barang-barang mewah. Tapi sayangnya, hati Jan Di tertambat di salah satu anggota F4 lainnya, Yun Ji Hu (Kim Hyun Joong). Cerita cinta segitiga pun terjadi antara mereka.

4. Secret Garden (2010)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! twitter.com

Lagi-lagi KDrama yang menghadirkan kisah cinta antara laki-laki kaya dan perempuan biasa. Secret Garden bercerita tentang anak chaebol, Kim Joo Won (Hyun Bin) yang menjalankan pusat perbelanjaan milik keluarganya. Secara tak sengaja, Joo Won bertemu dengan Gil Ra Im (Ha Ji Won), seorang stuntwoman di industri film.

Cerita menjadi kompleks saat Joo Woon bertukar tubuh dengan Ra Im. Pertukaran tersebut terjadi di restoran "Secret Garden" yang berada di tengah hutan. Drama ini makin menarik, karena Hyun Bin tampil feminim akibat pertukaran tubuhnya dengan Ra Im.

5. She was Pretty (2015)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Asianwiki.com

Mengangkat cerita cinta pertama sepasang sahabat di masa kecil, Ji Sung Joon (Park Seo Joon), wakil direktur majalah fashion dengan Kim Hye Jin (Hwang Jung Eum). Di masa kecilnya, Sung Joon digambarkan memiliki fisik yang gemuk dan rendah diri. Di sisi lain Hye Jin adalah siswa cantik dan populer di sekolah. Mereka bertemu karena Sung Joon menempati rumah di sebelah rumah Hye Jin. Dari sinilah cerita persahabatan keduanya dimulai.

Berselang 15 tahun kemudian, Sung Joon pulang ke Korea setelah tinggal lama di Amerika Serikat. Kerinduannya pada Hyen Jin membuat Sung Joon ingin bertemu. Tapi, karena kondisi Hye Jin dewasa berbeda, Hye Jin merasa malu dan enggan bertemu Sung Joon.

Hingga akhirnya, nasib mempertemukan mereka sebagai bawahan dan atasan di sebuah majalah fashion. Cerita mereka terus diwarnai dengan sikap Sung Joon yang dingin, karena Hye Jin terlalu polos dan sulit menolak permintaan orang. Sampai akhirnya Sung Joon mengetahui bahwa Hye Jin adalah sahabat kecil sekaligus cinta pertamanya.

6. Descendants of the Sun (2016)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Allkpop.com

Menceritakan kisah cinta Kapten Yoo Si Jin (Song Joong Ki), kapten dari pasukan khusus penjaga perdamaian PBB, dan dokter Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo). Keduanya bertemu pertama kali saat insiden pencurian sepeda motor, dan berakhir di rumah sakit. Si Jin jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Mo Yeon, dan langsung mengajak berkencan. Hanya saja, keduanya terpaksa berpisah karena berbeda pandangan hidup.

Selang beberapa bulan kemudian, keduanya bertemu di daerah konflik, di mana Mo Yeon dikirim sebagai bantuan tenaga medis. Banyak kejadian romantis saat hubungan keduanya mengalami pasang surut, hingga akhirnya, cinta benar-benar mempersatukan mereka berdua.

7. Guardian: The Lonely and Great God (2017)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Facebook.com/tvngoblin

Bergenre fantasy, drama ini memasangkan Gong Yoo sebagai Jenderal Kim Shin dan Kim Goe Eun sebagai Ji Eun Tak. Kim Shin harus menjalani masa kutukan selama 900 tahun, hingga akhirnya bertemu dengan cinta sejati Eun Tak, si pengantin Goblin. Lewat Eun Tak-lah, kutukannya sebagai Goblin akan berakhir.

Kisah cinta yang dijalin Kim Shin dan Eun Tak memang tak biasa. Adanya elemen supranatural menjadi daya tarik KDrama besutan sutradara Lee Eung Bok ini. Chemistry yang terbangun antara Gong Yoo dan Go Eun pun sangat pas. Meski bergenre fantasy, adegan romantis dan kocak a la KDrama tetap ada. Bisa dibilang, KDrama ini adalah salah satu yang paling ikonik dan wajib ditonton oleh para pencinta KDrama.

8. What's Wrong With Secretary Kim (2018)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Prettymuchgeeks.com

Diadaptasi dari cerita webtoon, drama ini menceritakan kehidupan sekretaris wakil presiden sebuah perusahaan. Park Min Young dan Park Seo Joon didapuk menjadi pemeran utama dari drama ini. Lee Young Joon (Park Seo Joon) adalah seorang laki-laki pintar, tampan, kaya, dan menjadi idaman perempuan di sekelilingnya. Hampir sempurna penggambaran dari karakter ini, hanya saja Young Joon ini terkenal narsis.

Di sisi lain, Kim Mi So (Park Min Young) adalah sang sekretaris, yang sudah membantunya bertahun-tahun. Mi So adalah sosok pekerja keras yang mendedikasikan waktunya untuk bekerja. Hingga satu saat, Mi So ingin berhenti bekerja dan mengejar mimpinya. Baru saat itulah, Young Joon menyadari bahwa dia memerlukan Mi So, bukan hanya sekadar sebagai asisten.

Tanpa disangka, ternyata saat masih kecil, keduanya pernah bertemu dan bersama saat sama-sama diculik. Tak ingin kehilangan Mi-So, Young Joon berusaha sekuat tenaga mempertahankannya. Hubungan inilah yang kemudian menjadi rentetan kejadian lucu sekaligus romantis di drama yang berakhir bahagia ini.

9. Crash Landing on You (2020)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Dok. Netflix

Bercerita tentang Yoon Se Ri (Son Ye Jin), seorang pengusaha merek kecantikan ternama di Korea Selatan, yang bertemu dengan perwira Korea Utara Ri Jung Hyuk (Hyun Bin). Keduanya bertemu saat Se Ri tersangkut di sebuah pohon akibat kecelakaan paralayang yang membuat terbang hingga ke Korea Utara. Bermaksud ingin melindungi agar Se Ri bisa kembali ke Korea Selatan, malah menimbulkan sejumlah kejadian yang tak diduga Kapten Ri.

Se Ri yang dikenal sebagai pengusaha muda yang congkak, perlahan mulai membuka diri dengan kehangatan yang dibawa Kapten Ri. Sudah bisa ditebak, keduanya pun jatuh cinta seiring waktu kebersamaan mereka. Sampai akhirnya Se Ri bisa kembali ke Korea Selatan, dan Kapten Ri menyusul melalui jalur ilegal karena mengkhawatirkannya. Chemistry Hyun Bin dan Son Ye Jin pun akhirnya terbawa ke dunia nyata, nih, karena mereka resmi berpacaran usai syuting KDrama ini.

10. My Roommate is Gumiho (2021)

10 KDrama Romantis yang Berhasil Bikin Baper dan Susah Move On! Dok. iQIYI

KDrama yang baru saja selesai tayang ini juga banyak digandrungi pencinta KDrama komedi romantis. Dibintangi Jang Ki Yong dan Hyeri, serial ini diadaptasi dari webcomic  berjudul Gan Ddeoreojineun Donggeo. My Roommate is a Gumiho bercerita tentang Shin Woo Yeo (Jang Ki Yong), sosok Gumiho yang berparas tampan. Gumiho identik dengan cerita rakyat Korea dan Jepang, yang digambarkan sebagai rubah ekor sembilan yang hidup ribuan tahun.

Woo Yeo bertemu dengan Lee Dam (Hyeri), yang tanpa sengaja menelan kelereng gaib milik Woo Yeo. Akhirnya keduanya pun harus tinggal bersama hingga kelereng tersebut keluar dari tubuh Lee Dam. Tanpa disadari, keduanya jatuh cinta dan harus melalui banyak kejadian demi bisa bersatu.

Jadi, Bela, rekomendasi KDrama romantis mana yang bakal masuk list wajib tonton bareng pasangan, nih? Semoga romantis di drama bisa menular ke kamu dan pasangan, ya! 

Baca Juga: 5 Pelajaran yang Bisa Kita Ambil dari KDrama Nevertheless

Baca Juga: Terhalang Genre, 8 Kisah Cinta Pasangan KDrama Buat Penonton Gemas

Baca Juga: Berhati Lembut, 12 Karakter Bad Boys di KDrama Ini Dicintai Fans