Di dunia yang serba digital saat ini, banyak orang yang bertemu kenalan baru lewat media sosial atau aplikasi lainnya. Pertemuan secara online ini bukan hal yang baru, tapi kamu tetap harus waspada ketika akhirnya memutuskan untuk bertemu dengan kenalan baru tersebut secara langsung. Berkenalan dengan orang baru di media sosial memiliki berbagai risiko, karena kamu tidak bisa 100 persen yakin dengan informasi yang diberikan orang baru tersebut.

Saat kamu memutuskan untuk bertemu kenalan baru yang kamu kenal dari media sosial, ingatlah untuk melakukan beberapa tips aman berkenalan via sosmed berikut ini.

1. Jangan terburu-buru memberikan data pribadimu

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media SosialPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat berkenalan dengan orang baru, ada baiknya kamu mengambil waktu lebih lama untuk mengenalnya lebih jauh. Jangan terburu-buru memberikan berbagai data pribadimu, seperti nomor telepon dan alamat rumah.

2. Gali informasi tentang dia sebanyak-banyaknya

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media SosialPexels.com/Vlada Karpovich

Apakah dia sudah sesuai memberikan informasi tentang dirinya? Hal ini sebenarnya bisa coba kamu cari lewat Google atau mengintai media sosialnya. Jika dia mengatakan lulusan sebuah perguruan tinggi, misalnya, kamu bisa melihat apakah ada foto-foto dirinya saat diwisuda atau apakah namanya memang terdaftar di perguruan tinggi tersebut.

3. Pilih lokasi umum

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media SosialPexels.com/Katerina Holmes

Saat akhirnya kamu dan memutuskan untuk bertemu, sebaiknya pilih lokasi pertemuan yang cukup umum dan juga familiar untukmu. Hindari memilih tempat yang terpencil atau yang wilayahnya tidak kamu kenal. Hal ini untuk mengantisipasi seandainya kencan kalian berakhir buruk, kamu bisa dengan mudah pulang duluan tanpa harus diantarnya.

4. Gunakan kendaraan sendiri

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media SosialFreepik.com

Apabila kamu bertemu seseorang untuk pertama kalinya, sebaiknya jangan biarkan dia datang menjemputmu di rumah. Kamu bisa menggunakan kendaraan sendiri atau pergi menggunakan taksi online, misalnya. Intinya, hindari ajakan pergi berdua saja dengannya di kendaraannya, karena hal itu berisiko dia bisa saja membawamu ke tempat yang jauh dan terisolasi.

5. Perhatikan makanan dan minumanmu

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media Sosialfreepik.com/ gpointstudio

Saat kamu bertemu di restoran, jangan biarkan makanan atau minuman ditinggalkan tanpa diawasi. Jika kamu ingin ke toilet, sebaiknya lakukan sebelum makanan datang atau setelah kamu selesai makan. Hal ini untuk menghindari orang yang baru kamu kenal itu memasukkan sesuatu ke dalam makanan atau minumanmu. Lebih baik berhati-hati, kan, daripada nanti menyesal.

6. Beritahu teman

6 Tips Aman Saat Bertemu Kenalan Baru dari Media SosialPexels.com/Anete Lusina

Ketika kamu sudah memutuskan untuk bertemu dengan kenalan baru, ada baiknya kamu memberitahukan teman atau keluargamu tentang rencana tersebut. Hal ini agar mereka tahu kamu ada di mana dan jika kamu membutuhkan bantuan, mereka sudah siap untuk memberikannya.

Tak ada salahnya bersikap ekstra hati-hati saat kamu bertemu kenalan baru dari media sosial. Jadi jangan lupakan beberapa langkah di atas, ya, Bela.

Baca Juga: Anti-Mainstream, Coba 6 Kegiatan Ini Saat Kencan Pertama

Baca Juga: Kenali 6 Karakteristik dan Modus Predator Seksual di Aplikasi Kencan

Baca Juga: Bisa Jadi Cinta! Ini 7 Tanda Dia Gugup di Dekatmu Saat Kencan Pertama