Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Mengapa Pasangan yang Kuat Memilih Tidak Merayakan Valentine

Apakah kamu salah satunya?

Puspita Ramadhani

Hari Valentine yang ditepati setiap tanggal 14 Februari ini memiliki kesan spesial tersendiri bagi beberapa orang. Bahkan, sebagian pasangan menjadikan tanggal ini sebagai hari jadi mereka. 

Akan tetapi, adakalanya sebagian orang yang berpasangan tidak terlalu antusias dalam merayakan Hari Kasih Sayang sedunia ini. Terutama, bagi mereka yang sudah memiliki hubungan lama dan kuat. 

Menurut mereka, ada banyak hari spesial lain selain Valentine untuk mengungkapkan betapa mereka mencintai pasangannya. Selain itu, berbagai alasan lain di bawah ini juga membuat pasangan yang sudah solid memilih untuk tidak merayakan Hari Kasih Sayang. Yuk, simak!

1. Tidak perlu pamer hubungan

Pexels.com/Mikhail Nilov

Maraknya media sosial, seperti TikTok dan Instagram, membuat sebagian orang melihat bahwa hari Valentine sebagai ajang untuk memamerkan status hubungan mereka. Maka dari itu, secara tidak langsung tanggal 14 Februari menjadi momen di mana orang membandingkan kebahagiaan mereka dengan orang lain.

Akan tetapi, jika kamu telah memiliki hubungan yang kuat dengan kekasih, kamu tidak akan terpikirkan untuk menunjukkan kisah cintamu di Hari Kasih Sayang ini. Sebaliknya, pasangan yang telah lama bersama juga akan merasa bahwa mereka tidak perlu memamerkan keromantisan itu di media sosial.

2. Ada banyak hari istimewa lain untuk dirayakan

Pexels.com/Pavel Danilyuk

Nggak hanya hari Valentine, ada begitu banyak hari penting yang bisa kamu rayakan bersama pasangan, seperti kapan kalian bertemu, kapan kecupan pertama, atau kapan kalian mengatakan "I love you" satu sama lain. Semuanya adalah hari spesial yang patut pula kamu rayakan. 

Bagi pasangan yang telah lama bersama, mereka telah mengetahui hal ini. Jadi, hari Valentine bisa terasa seperti hari cinta pada umumnya dan bahkan cenderung menganggapnya tak penting. Mereka lebih memilih menggunakan tabungannya untuk perjalanan hari jadi yang menakjubkan.

3. Romantis tidak hanya dengan satu cara

Pexels.com/Leeloo Thefirst

Jika biasanya Hari Kasih Sayang identik dengan memberikan hadiah bunga dan coklat, maka hubungan yang sudah kuat tidak menganggap hadiah itu begitu spesial. Mengapa?

Karena mereka telah mengetahui dan paham seperti apa bahasa cinta satu sama lain. Mungkin memberikan hadiah di tanggal 14 Februari akan berarti banyak bagi seseorang yang mempunyai bahasa cinta menerima atau memberikan hadiah. Akan tetapi, bagi pasangan yang tidak memiliki bahasa cinta tersebut, maka mereka tidak akan menganggap hari Valentine begitu penting.

4. Sama seperti hari lainnya

Pexels.com/Samson Katt

Hubungan yang kuat mungkin tidak akan merasa kecewa jika mereka baru sadar telah melewatkan hari Valentine. Sebab, menurut seorang pakar, melakukan sesuatu untuk pasangan atau merayakan cinta dalam hubungan kalian tidak perlu dilakukan pada satu hari tertentu. 

Justru, pasangan yang kuat akan berkomitmen untuk merayakan cinta mereka dengan cara yang besar maupun kecil di sepanjang tahunnya. Jadi, mereka tidak akan terpaku pada satu hari yang dipilih masyarakat untuk merayakan cinta kasih. 

5. Valentine bukan tujuan

Pexels.com/Denis Gvozdov

Ada begitu banyak hal dalam hidup yang lebih penting daripada berkencan pada hari tertentu setiap tahunnya. Sebab, hubungan yang solid akan mengetahui nilai dari hal-hal yang benar-benar penting. Jika kamu tumbuh dalam hubungan yang sehat, maka menghabiskan waktu berkualitas dan sama-sama lebih memahami satu sama lain setiap hari adalah hal yang sebetulnya kalian butuhkan.

6. Merasa tidak memperkuat hubungan

Pexels.com/Mikhail Nilov

Untuk membuat suatu hubungan berhasil, kamu tidak bisa hanya mengandalkan hari Valentine ini. Sebab, cinta adalah sebuah pekerjaan dan membutuhkan waktu lebih dari sehari dan juga kesabaran untuk dapat membangun komunikasi yang baik di antara kalian. Jadi, cokelat dan bunga tidak akan bisa menjadi jaminan dalam memperkuat hubungan. 

7. Momen spontan lebih menyenangkan

Pexels.com/Ron Lach

Banyak pasangan jangka panjang suka memberikan kejutan pada pasangan mereka dengan hadiah sederhana, kapan pun mereka mau. Bahkan, untuk pasangan yang sudah amat sering mencurahkan kasih sayangnya dengan perlakuan sederhana setiap hari menganggap bahwa Valentine tidak akan jauh berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Itulah mengapa pasangan yang telah kuat dan paham satu sama lain lebih memilih untuk memberikan kejutan spontan karena akan lebih berharga dan mudah untuk dikenang.

Hari Kasih Sayang memang akan membuat hubungan menjadi lebih berwarna. Akan tetapi, kamu tidak bisa hanya mengandalkan perayaan satu tahun sekali ini untuk memberikan dampak besar bagi hubunganmu. Kamu dan pasanganmu perlu bekerja sama sepanjang tahun!

IDN Media Channels

Latest from Dating