Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

15 Destinasi Museum Date di Jakarta, Estetik dan Kekinian!

Bikin aktivitas kencan yang berbeda.

Raizza Monik Setiawanti

Siapa bilang nge-date di Jakarta tempatnya cuma itu-itu aja? Berkisar kafe, tempat makan, atau mall. Nyatanya, tempat-tempat bersejarah dan estetik juga bisa, lho, menjadi referensi mengisi waktu luang di hari libur bersama pasangan, seperti misalnya museum.

Memang, sih, sebagian besar museum pasti menyajikan benda-benda kuno. Namanya juga tempat menyimpan benda bersejarah. Akan tetapi, justru nilai seni dan sejarahnya itulah yang terkadang menambah nilai keestetikannya.  

Di era yang semakin modern ini, museum menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Nilai seni dan keestetikannya bisa menjadi spot foto instagramable yang cocok banget untuk pasangan-pasangan muda, nih!

Nah, kalau kamu lagi merencanakan untuk melakukan museum date dengan pasangan, nggak usah khawatir, Popbela bantu siapkan daftarnya.

Berikut rekomendasi destinasi museum date Jakarta!

1. Museum Macan

instagram.com/museummacan

Di daftar pertama ada museum yang namanya cukup tidak asing di telinga kita, yaitu museum MACAN. Tempat ini merupakan museum pertama di Indonesia yang memamerkan seni kontemporer, modern, dan internasional. Itulah mengapa museum ini disebut dengan sebutan MACAN yang berarti akronim dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. 

Nah, dengan adanya perpaduan berbagai jenis seni inilah yang membuat museum MACAN cocok untuk dikunjungi berbagai kalangan umum apalagi dijadikan tempat nge-date

  • Harga Tiket: Rp56.000 – Rp70.000
  • Alamat: Modern And Contemporary Art in Indonesia AKR Tower Level M, Jln. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

2. Museum Moja

Instagram.com/mojamuseum

Selanjutnya, kalau mau mengunjungi museum yang lebih modern lagi dengan banyak spot foto Instagramable di Jakarta, jawabannya ya ada di Museum Moja!

Museum ini memang tidak seperti kebanyakan museum pada umumnya, karena mengusung konsep yang cukup unik, yaitu Roja (roller skate rink), MoPaint (Painting on canvas or on the wall), Moja 2.0 Feelings (17 room interactive maze). 

Jadi, di sini kamu nggak hanya bisa foto-foto, melainkan juga mengelilingi instalasi seni menggunakan sepatu roda bareng pasangan! Selain itu, kamu juga bisa menambah skill kreativitas bersama pasangan lewat pengalaman melukis di MoPaint.

  • Harga Tiket:
    Roja Rp110.000 – Rp125.000
    Moja 2.0 Rp115.000 – Rp 135.000
    MoPaint Rp110.000 – Rp 125.000
  • Alamat: Roja by Moja Museum Jln. Metro Pondok Indah Blok Tb No.27, Jakarta Selatan.

3. Museum Galeri Shophilia

tripadvisor.com

Lain halnya dengan kedua museum sebelumnya yang cenderung modern dan kekinian, Museum Galeri Shopilia mengusung tema yang lebih klasik. Menyajikan koleksi Eropa, Dinasti Cina, sampai Amerika, museum ini akan membuatmu terasa seperti di film-film!

Meski sebagian besar koleksi lukisan dan patung di Sophilia hanya merupakan replika, kesan eksotis dan antiknya sangat bisa ditemui dari museum ini. Uniknya, di sini kamu akan ditemani oleh guide yang akan menceritakan macam-macam koleksi di museum. Jadi, kamu dan pasangan tinggal masuk dan menikmati tur dari pemandunya saja.

  • Harga Tiket: Rp100.000
  • Alamat: Calvin Tower Lt.6-7, Jl. Industri Raya Blok B14 Kav.1, Kemayoran, RW.10, East Pademangan, Pademangan, Jakarta Utara.

4. Art:1 New Museum

Instagram.com/art1newmuseum

Destinasi museum date di Jakarta selanjutnya yaitu museum yang cukup melegenda sejak berdiri tahun 1983, yaitu Art:1 New Museum. Galeri ini sudah memiliki lebih dari 2.500 karya seni dan mendapatkan penghargaan “The Best Gallery of The Year”. 

Menyajikan koleksi karya dari seniman sesepuh Indonesia yang menakjubkan, serta karya seni kontemporer dari seniman internasional, tempat ini cocok banget dikunjungi bareng pasangan.

  • Harga Tiket: Rp50.000 – Rp75.000
  • Alamat: Art:1 New Museum Jln. Rajawali Selatan Raya No.3, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

5. Museum Nasional

internet.com

Jika kamu dan pasangan memiliki bujet yang tidak terlalu besar, kalian bisa menjadikan Museum Nasional sebagai pilihan destinasi museum date di Jakarta.

Terletak di kawasan Monumen Nasional (Monas) dan di tengah kota Jakarta, museum ini memiliki arsitektur yang sangat indah bahkan ketika baru dilihat dari luar. 

Kemudian, di dalamnya juga terdapat aneka benda peninggalan sejarah Indonesia beserta informasi lengkapnya. Jadi, selain liburan kalian juga bisa menambah wawasan bersama. 

Ditambah lagi, baru-baru ini juga, Museum Nasional menghadirkan Ruang ImersifA untuk memperkaya pengalaman berkunjung ke museum dengan "imajinasi".

  • Harga Tiket: Rp2.000 – Rp10.000
  • Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

6. Galeri Nasional

pegipegi.com

Destinasi museum date di Jakarta selanjutnya yang sangat cocok untuk pasangan artsy adalah Galeri Nasional. Pasalnya, galeri ini terbilang cukup rutin menyajikan beragam pameran seni rupa seperti lukisan, sketsa, patung, keramik, fotografi, seni kriya dan seni instalasi.

Tempatnya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta dan sangat Instagramable, lho. Satu lagi yang terpenting, tiket masuknya: GRATIS!

  • Harga Tiket: Gratis
  • Alamat: Galeri Nasional Indonesia Jln. Medan Merdeka Tim. No.14, Gambir, Jakarta Pusat.

7. Museum Bank Indonesia

internet.com

Museum Bank Indonesia berisikan benda-benda bersejarah menarik yang berkaitan dengan pengetahuan tentang moneter, ekonomi dan perbankan yang dibutuhkan masyarakat. Meski kental dengan sejarah dan pengetahuan, museum ini juga menjadi salah satu museum yang memiliki bentuk bangunan cukup estetik dan menarik untuk dijadikan spot foto bersama pasangan. Bahkan, tidak sedikit juga yang menjadikan museum ini sebagai tempat untuk foto prewedding atau melangsungkan pernikahan.

  • Harga Tiket: Rp5.000
  • Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

8. Dialogue Artspace

instagram.com/dialogua_arts

Rekomendasi museum date di Jakarta selanjutnya yaitu sebuah galeri seni di Jakarta Selatan, Dia Lo Gue Artspace. Tidak hanya namanya yang unik, tempat ini juga menyajikan perpaduan unik antara galeri, studio desain, kafe dan toko pernak pernik. 

Jadi, kalau kamu dan pasangan butuh tempat untuk mengasah imajinasi kalian sambil menikmati sajian dan berbincang santai bisa banget lho mengunjungi tempat ini. 

  • Harga Tiket: Gratis
  • Alamat: Jl. Kemang Selatan. No.99A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

9. Atsiri Sarinah

twitter.com/@liveonhearo

Wajah baru Sarinah Jakarta tidak hanya menghadirkan tenant makanan dan pakaian saja, melainkan juga menyediakan ruang untuk kreativitas tumbuh. Salah satunya dengan kehadiran Atsiri Sarinah.

Rumah Atsiri Indonesia membuka aromatic wellness playground pertama di Indonesia dengan nama Atsiri di Sarinah. Tempat ini menjadi museum mini aromaterapi yang interaktif, yang berisikan informasi-informasi terkait minyak atsiri. 

Kalau kamu dan pasangan berkunjung ke sini, kalian akan mendapatkan banyak sekali pengalaman menarik. Mulai dari informasi tentang beberapa tumbuhan yang sering digunakan dalam minyak atsiri, video mapping bunga dan tanaman, hingga area eksploratif untuk mengetahui aroma persona para pengunjung.

  • Harga Tiket: Rp50.000
  • Alamat: Gedung Sarinah Lantai 5 Jln. M.H. Thamrin No. 11, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

10. Roh Project

dok. ROH

ROH Project adalah sebuah galeri seni rupa kontemporer di Jakarta dengan konsep nomaden karena berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tempat ini bisa menjadi salah satu opsi pilihan museum date bersama pasangan. 

Galeri ini mengusung konsep putih, minimalis, pencahayaan yang baik, serta konsep interior yang menarik, sehingga cocok banget untuk pasangan yang suka tema-tema white clear seperti ini.

  • Harga Tiket: Gratis
  • Alamat: Jln. Surabaya No. 66, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.

11. Isa Art Design

instagram.com/isaart.id

Hampir serupa dengan ROH Project, Isa Art Design adalah pameran seni dengan konsep temporary atau sementara yang memiliki tema berubah-ubah. Biasanya menyesuaikan dengan jadwal kolektor seni. 

  • Harga Tiket: Gratis
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.Kav. 1, RT.10/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

12. Museum Tekstil

Instagram.com/museum_tekstiljkt

Rekomendasi museum date di Jakarta selanjutnya adalah museum tekstil. Tidak hanya bisa melihat sejumlah koleksi kain batik, kain tenun, peralatan tekstil, atau koleksi campuran, tetapi kamu dan pasangan juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, yaitu belajar membatik.

  • Harga Tiket: Rp5.000
  • Alamat: Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan.

13. Museum Layang-layang

Gmap/Annisa N

Kalau dirasa membuat batik terlalu rumit, kamu dan pasangan bisa mencoba alternatif lain dengan berkunjung ke museum layang-layang. Di sini ada banyak jenis layang-layang yang bisa kalian temukan dengan total 600 koleksi. 

  • Harga Tiket: Rp10.000
  • Alamat: Jalan H. Kamang No. 38, Pojalan H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

14. Magic Art 3D Museum Jakarta

instagram.com/magicartjakarta_kotatua

Kalau kamu dan pasangan mencari museum dengan konsep 3D di Jakarta, kalian bisa kunjungi Magic Art 3D Museum Jakarta di wilayah Kota Tua. Museum 3D ini menampilkan berbagai lukisan dan seni tiga dimensi serta pengalaman baru bagi pengunjung. 

Ada tujuh zona yang bisa dijadikan destinasi, yaitu zona lukisan, satwa, lautan, rutinitas, dinosaurus, petualangan, dan horor. Cocok banget, kan, jadi spot foto kamu dan pasangan untuk di-post di Instagram?

  • Harga Tiket: Rp40.000 - Rp80.000
  • Alamat: Gedung Kerta Niaga 1, Kota Tua, Jakarta Barat.

15. Museum Seni Rupa dan Keramik

internet.com

Untuk kalian pasangan pecinta seni, terutama seni lukis, museum Seni Rupa dan Keramik wajib banget, lho, masuk daftar list museum date. Sebab, museum ini menjadi saksi sejarah perkembangan seni di Indonesia.

Jadi, kalian nggak hanya melihat keestetikan sebuah karya seni saja, melainkan juga ilmu bermanfaat dan fakta-fakta menarik seputar seni rupa, lukisan, dan keramik.

  • Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000
  • Alamat: Jalan Pos Kota No.2, RT.9, RW.7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Itulah dia sejumlah destinasi museum date di Jakarta yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan. Semoga enjoy, ya!

IDN Media Channels

Latest from Dating